Kaktus, Berduri Tapi Cantik

Posted on
  • Monday, September 20, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Meski sekujur tubuhnya dipenuhi dengan duri-duri tajam, namun hal itu tidak menghalangi kaktus untuk dicintai, ditanam di dalam pot-pot hingga yang dijadikan pajangan di meja kerja atau di ruang tamu. Apalagi kaktus juga tidak terlalu rewel, perawatannya sangat mudah dan tidak terlalu merepotkan.

    Nama kaktus berasal dari bahasa Yunani ‘kaktos’ yang berarti tanaman liar berduri. Dan kaktus ternyata sudah dikenal manusia semenjak abad ke-16 oleh bangsa-bangsa Eropa. Tanaman kaktus sendiri aslinya adalah tanaman yang biasa tumbuh di daerah-daerah yang minus air, seperti pada gurun-gurun pasir.

    Oleh karena itulah kaktus sangat toleran terhadap kondisi kekurangan air, bahkan jika ditempatkan di daerah dengan kondisi air melimpah dia malah akan mati. Hal ini karena kaktus memiliki ruang-ruang di dalam batang yang sanggup menyimpan cadangan air untuk waktu yang cukup lama. Struktur perakarannya juga cukup panjang sehingga dia mampu menjangkau sumber-sumber air yang terletak jauh di kedalaman tanah.

    Di Indonesia sendiri tanaman kaktus sudah mulai dikenali sejak tahun 1900-an yang diperkirakan dibawa oleh para botanis Belanda. Dan yang pertama kali diintroduksikan ke Indonesia adalah jenis duri entong dan duri gambas. Umumnya para penggemar tanaman hias banyak yang menyukai kaktus mini, karena bentuknya yang mungil, dan cocok untuk dijadikan hiasan meja. Kaktus-kaktus mungil yang banyak disukai itu misalnya Gasteria baltesiana yang berbentuk seperti ekor nanas, Aloe mitriformis yang berbentuk seperti lidah buaya serta Euphorbia lacteal yang berbentuk seperti karang.

    Kaktus dapat berkembangbiak dengan bermacam cara. Dan meski dapat diperbanyak dengan biji, namun yang paling mudah memperbanyak kaktus dengan stek batang. Dan jika dilakukan dengan cara yang benar, stek paling rendah risiko kegagalannya.

    Mengingat kaktus adalah tanaman yang menyukai iklim yang kering, maka sebaiknya dihindari pemberian air yang berlebihan. Kaktus juga tidak boleh dibiarkan terkena air hujan secara terus menerus, karena hal ini akan membuat tanaman menjadi rentan terkena serangan penyakit, atau bahkan mati.

    Pada tanaman kaktus mini, pemberian air cukup dilakukan dengan satu sendok makan air setiap hari. Sedangkan pada kaktus yang dijadikan pajangan di dalam ruangan, sebaiknya dilakukan penjemuran di luar ruangan setiap hari agar kaktus juga mendapatkan suplay sinar matahari.(gambar: petaniindonesia.com)

    38 comments:

    ajeng said...

    Mas Joe punya banyak kaktus tha? Boleh dibagi dong :)

    Alhamdulillah Kediri baik mas, walo sering hujan

    Muza elbanaf said...

    kaktus emang unik dan menarik sob. Ingat saat kecil aku suka cari kaktus liar di kebun sob tapi cuma 1 warna saja meski bentuknya beda2. Kalo sekarang budidaya kaktus makin banyak dan aneka jenis.

    joe said...

    ajeng:
    punya beberapa, itupun juga yang biasa saja...

    aku paling kangen dengan pecel kediri he he...

    pendarbintang said...

    Kalau kaktus yang seperti di gambar itu mau...kayanya bagus buat di taruh di meja kerja :d

    Saya suka (tp sekedar suka) pada kaktus.....
    jadi gak ada keinginan untuk membeli, tapi kalau di kasih ya mau..hehehe

    joe said...

    kalau yang itu mahal lho...

    Fajar said...

    dirumah juga ada kaktus..namun yang tinggi..kaktus model lama....he.he..

    TuSuda said...

    Sekarang malah banyak sudah dibudidayakan menjadi bermacam model pot bunga.

    Dinohp said...

    Benar mas, kaktus walau berduri tapi tetap cantik untuk di tanami

    Puskel said...

    Dari jenis tanamannya ini, kayaknya sangat mudah sekali perawatan fisiknya ya..dipajang dalam pot tampak cantik sekali..

    Haeruna said...

    kaktus di rumah saia modelnya batang tegak lurus bang, ada cabang 1 atau dua

    rawins said...

    iya bagus. dulu ibuku yang suka ngurus kaktus. sampe macem macem bentuk dan warnanya...

    gusrohman said...

    memang berduri, tapi cantik, dari pada cantik, tapii berdurii idih.,. ogah ah,,

    tomo said...

    Kaktus ini durinya bikin orang menjauhinya saja kawand

    uswah said...

    Pohon kaktus indah untuk dilihat

    hikmah said...

    berkunjung pagi

    joe said...

    terima kasih atas kunjungannya ...

    budiarnaya said...

    Mas saya sempat ngoleksi kaktus tapi yang kecil-kecil..karena kegiatan offline semuanya terabaika dan diambil teman semua

    joe said...

    wah sayang sekali dong, sudah gak ada lagi...

    yuliet said...

    apik tenan yo?

    anna fardiana said...

    memang kaktus adalah tanaman yg butuh panas... air aja cuma sesendok ya
    trus, harus sering2 dijemur untuk yang tnaman hias...

    hm.. susah2 gampang kayaknya kalo miara pohon ini.

    j4j said...

    sebelumnya aku mau bilang, "mohon maaf lahir batin kang..!!!"

    seneng liat tanaman hias, tapi gak seneng klo disuruh merawatnya...!!! hehehe....

    joe said...

    sama-sama, mohon maaf lahir batin juga ...

    catatan kecilku said...

    Aku kurang suka kaktus... karena penampilannya kurang cantik... hehehe

    penghuni60 said...

    wah, aku suka bgt tuh ama smua jenis kaktus, emang bnr2 cantik, meskipun berduri

    pa kbr sob?

    Teras Info said...

    wah ternyata biar pun berduri tetapi ada keindahan tersendiri didalamnya ya....
    Saya juga dulu perhah punya kaktu, tapi ukurannya mini....waktu itu saya gak tau gimana cara merawatnya,,,jadi tiap hari saya siram aja pake air segayung tiap harinya......soalnya biar cepet gede pikir saya.....eh...ternyata malah mati....he..he..he...

    Thanks atas infonya....

    Puspita said...

    Tanaman gurun yang satu ini benar-benar eksotis. Namun saya takut durinya .....

    Salam kenal dari pinggir sungai Brantas.

    alamendah said...

    Beberapa jenis kaktus ada yang masuk dalam daftar Apendiks I dan II Convention on Internasional Trade in Endangered Species (CITES). jadi dilindungi dan dilarang memperjual belikannya secara bebas

    Jane said...

    banyak tananman kaktus dirumah kang?

    TUKANG CoLoNG said...

    kaktus itu eksotik..dan kuat

    Arif Chasan said...

    kaktus......
    lebih memesona dibanding mawar... iya gak ya? hehe...

    Ferdinand said...

    Wah klo tanaman yg satu ini barpun Durinya banyak tetep asik dijadiin pajangan Sob hhe...

    secangkir teh dan sekerat roti said...

    disini ada gak ya..?

    exort said...

    gampang2 susah tuh ngerawat kaktus

    DewiFatma said...

    Setiap yang cantik pasti ada 'duri'nya, Mas. :D

    Kaktus emang cantik. Sayang, saya nggak piawai merawat tanaman.

    joe said...

    Orang yang optimis melihat cantiknya bukan durinya, sedang orang yang pesimis melihat durinya bukan cantiknya he he...

    bliyanbayem said...

    dulu pernah punya yang hasil tempelan. tapi saya tidak tahu jenis apa... eh, mati gara-gara terlalu sering disiram. heheheh...!! ^_^

    gp said...

    subhanallah...bagus banget tuh kaktus yg diphoto...

    basir Annas said...

    kaktus emang tanaman yg keren dan indah gan :D

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger