Sepakbola dan Nomor Keramat

Posted on
  • Saturday, September 18, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Apa persamaan di antara Eric Cantona, David Beckham dan Raul Gonzales? Ternyata, di masa jayanya mereka sama-sama mengenakan nomor punggung 7. Dalam sepakbola, nomor punggung 7 selain nomor punggung 10 biasa digunakan oleh pemain-pemain besar. Para pemain besar yang pernah menggunakan nomor 10 adalah di antaranya Diego Maradona, Pele, Michel Platini, Roberto Baggio, Zico dan Zinedine Zidane.

    Namun demikian ada juga pemain-pemain yang dipercaya menggunakan nomor punggung 10 tapi ternyata gagal bersinar di lapangan. Di antaranya adalah striker nasional Belanda Ruud Van Nistelrooy, yang dipercaya memakai nomor tersebut, namun ternyata penampilannya tidak cukup oke, sehingga harus merelakan posisinya lengser. Demikian juga John Carew di Aston Villa, Hugo Viana (Portugal) pada Piala Dunia 2006, Oliver Neuville pada Euro 2008, Jose Antonio Reyes pada Piala Dunia 2006. Sementara pada Piala Dunia 2010 lalu adalah Kaka, Lionel Messi, Wayne Rooney, Sidney Govou dan Antonio Di Natale.

    Selain nomor-nomor keramat tersebut tetapi beberapa pemain ternyata memilih nomor lain untuk kausnya. Ada banyak alasan mereka memilih nomor-nomor tertentu. Mulai dari alasan kesukaan pada nomor tertentu seperti Johan Cruyff yang bersikeras menggunakan nomor 14, hingga kepercayaan diri karena menggunakan nomor warisan para pemain besar. Nomor-nomor tersebut selanjutnya identik dengan diri pemain seperti halnya Cristiano Ronaldo dengan CR7. Bahkan AC Milan hingga saat ini menyimpan nomor 6 untuk selamanya, sebagai penghormatan untuk legendanya Franco Baressi.

    Sebenarnya semula sebelas pemain yang berlaga semua memakai pakaian bernomor punggung urut dari angka 1 hingga 11, dan seorang pemain dapat menggunakan nomor punggung berbeda dalam satu musim. Dengan kipper yang memakai nomor punggung 1, bek biasanya memakai nomor kecil dari 2 hingga 5, gelandang memakai nomor 6 hingga 9 sementara striker biasa menggunakan angka 9 dan 10.

    Dan ketika sistem pergantian pemain diperkenalkan dalam sepakbola pada tahun 1965, pemain cadangan menggunakan nomor mulai 12 dan 14. Nomor 13 adalah perkecualian karena dipercaya sebagai angka sial. Sejak itulah, nomor punggung 12 hingga 22 bisa diberikan pemain lainnya di dalam skuad, tanpa perlu memperhatikan posisi pemain bersangkutan di lapangan. Semula memang pemain hanya diijinkan memakai nomor hingga 22 saja, namun selanjutnya para aktor lapangan hijau tersebut diijinkan menggenakan nomor hingga 99. Semula kiper Gianluigi Buffon berniat mengenakan nomor 99, namun karena di Italia nomor 99 identik dengan huruf 'HH' yang bisa bermakna Hitler maka banyak pihak yang keberatan.

    Kemudian tahun 2003, kiper FC Porto Vitor Baia menjadi pemain pertama yang memakai nomor punggung 99 dalam final Liga Champion UEFA. Tapi pada perkembangan selanjutnya banyak para pemain yang menyalahi pakem, di antaranya Hicham Zerouali yang memakai nomor punggung 0 saat membela klub Aberdeen FC di Liga Premier Skotlandia. Bahkan pada ajang kualifikasi Piala Asia 2011 Dario Vidosic, Thomas Michael Oar dan Matthew Allan Kemp ketiganya dari Australia berturut-turut menggunakan nomor tidak lazim yaitu nomor 101, nomor 121 dan nomor 118. (gambar: totalfootballmadness.com)

    31 comments:

    Muhammad A Vip said...

    saya suka nomor delapan waktu kecil dengan satu alasan, tapi kemudian alasanku bertambah. nomor delapan nomor delapan, kau adalah aku sepertinya hehehe

    joe said...

    kalau saya sih tidak secara khusus suka nomor tertentu, kecuali pada masa kuliah dulu, paling suka angka 4 he he...

    TuSuda said...

    Dalam sepakbola, biasanya pemain dengan nomor 9 dan 10, paling berperan menonjol dalam permainan kolektif.
    Namun sekarang pemakiaan nomor kaos itu sudah mengalami modifikasi, namun nilai sakralnya masih ada.
    Makasi ya Mas infonya..

    joe said...

    barangkali karena banyak pemain yang pingin tampil beda, termasuk di antaranya menggunakan nomor punggung 3 digit...

    dinohp said...

    Benar mas, nomor baju di sepak bola seakan-akan membawa keberuntungan bagi pemakainya, tapi entah kebetulan apa tidak yg pasti bukti nyatanya sudah banyak

    Bunglon Blog Indonesia said...

    hmm bener mas memang terkadang nomor² keramat bisa membuat nuansa tersendiri bagi penggunanya tergantung keyakinannya juga sech hee

    Sukses Slalu!

    tomo said...

    Aku suka yang nonor 10 ketimbang angka 7

    uswah said...

    justru nomor yang turun temurun biasanya populer pemain yang memakainya

    tomo said...

    Kaos pemain dengan angka unik dan keramat harganya mahal jika dijual

    atha andriana said...

    masing masing nomor pasti punya keistimewaan tersendiri , tergantung selera sih . .
    saya sukanya angka 5 mas. .
    hehe

    Gaphe said...

    hemm.. ada-ada ya ternyata kayak gituan. Nggak cuman nomer kadang, Sampe sepatu, kaos kaki, dan celana dalam pun dikeramatkan..
    kalo kesukaan.. saya juga suka nomor 7.

    windflowers said...

    wah...ternyata ada angka keramat di persebakbolaan ya..hihihi...selama ini ga ngeuh hehe..

    Bangauputih said...

    kalo saya dari dulu sukanya ama yang bernomor 10, nggak tahu kenapa :-)

    Rizky2009 said...

    meski saya bukan penikmat sepak bola, no keramat g ada yh, semua terhgantung pemain sendiri, pakai no keramat menurut saya bukannya kebanggan tp justru beban, lihat contoh CR7, ok bolehlah dia sukses di MU, tp saat di madrid, apa yg dia bisa perlihatkan, kecermerlangannya masih belum sebagus kala ia masih berseragam MU

    TUKANG CoLoNG said...

    eee..ada yg nyeleneh juga ya punya nomor punggung? baru tau..

    joe said...

    Rizky =
    setuju sekali, itulah mengapa banyak yang mengatakan bahwa sebenarnya Michael Owen tidak pantas mengenakan nomor 7 di MU, mengingat selama ini nomor 7 selalu dikenakan oleh pemain besar seperti Cantona, Beckham atau Ronaldo

    tomo said...

    Raul pake nomor 7.
    suatu nomor yang terkenal

    harto said...

    mungkin hanya suatu kebetulan aja dan juga kemungkinan banyak yang menggunakan ditambah lagi memang permainannya sangat bagus dan menjadi perhatian para fans n penontonnya.

    orange float said...

    kalo menurut saya ngak ada pengaruh di nomor, itu hanya kebetulan saja yang penting usaha keras

    joe said...

    memang benar kok, buktinya banyak juga pemain yang gagal berprestasi walau menggunakan nomor 'keramat' tersebut

    Kedai Obat said...

    Betul, walau skill dan kemampuan dlm lapangan, bukan tdk ada hubungannya dg Nomer Punggung, tp banyak diantara "maestro" si kulit bundar mempercayai hal itu :)

    Tapi, kalo Valentino Rossi, sering balapan dan juara 1, knp kok nomor motornya 46 ya? ada artikel nya sob? makasih :)

    kibagus said...

    met malam..! salam jumpa..!
    kalau di indonesia yang ada "pohon keramat", kalo nomor yang paling populer ya.. "nomor buntut"..! he he..!

    Ifan Jayadi said...

    Menurut saya, ini cuma sugesti saja. Bagaimanapun, kalau pemain sepakbola tsb tidak memiliki skill yang bagus, ya permainannya bakalan hancur juga meski mendapat nomor yang dikatakan keramat sekalipun. Intinya adalah berusaha + berdoa. Kalau memang Tuhan menghendaki pemain bola tsb menjadi bintang, maka tak ada yang dapat menghalanginya.

    TriZ said...

    Ooo.. begitu yah aku baru tau, kalo nomor2 punggung itu dikeramatkan..

    Anggi Zahriyan said...

    Saya sih nggak ada nomer keramat tapi lebih suka nomer 9.

    Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

    pemain bola idolaku semasa muda del piero no 10 :p

    dulu kalo ga salah ada yg saking ngotot ma nomer punggung ada yg make 10+1 atau 7+1 ya
    udah agak lupa akunya

    catatan yuliet said...

    suka dengan Allesandro del Pierro nomor 10

    hamidzic said...

    kalo saya suka nomer 4.. karena pemaing favirit saya fabregas menggunakan nomer itu..

    Ladyonthemirror said...

    yang nomor 10 biasanya paling gape mainnya dan biasanya jenderal lapangan tengah,pemain bernomor 10 legendaris yang kukagumi Zinedine Zidane.

    riez said...

    klo di team sepak bola amatir saya...saya menggunakan ankga 3 alasanya saya mengidolakan Maldini...dan posisi saya beck...kemudian saya berganti numbr 26 alasannya saya juga mengidolakan jhon terry

    Seo Ninja said...

    Your Article Is This Very Helpful Thanks For Sharing...:)

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger