Triskadekaphobia dan Fobia Angka 13

Posted on
  • Monday, September 13, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Bahkan bangsa barat sekalipun yang terkenal modern dan rasional tidak lepas dari hal-hal yang berbau mitos. Salah satunya adalah kecenderungan untuk paranoid terhadap hal-hal yang berbau angka 13, atau sering disebut triskadekaphobia.

    Saking berpengaruhnya angka 13 tersebut bahkan sudah demikian berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Menurut penelitian dari Dr Donald Dossey, seorang psikoterapi khusus dalam bidang “phobia” di Amerika saja lebih dari 21 juta orang yang mengidap penyakit “paraskevidekatriaphobia” atau rasa takut akan hari Jumat tanggal 13.

    Dan menurut laporan dari “The Stress Management Center and Phobia Institute” di Asheville - AS, tenyata setiap hari Jumat yang bertepatan dengan tanggal 13, ekonomi Amerika mengalami kerugian antara 800 - 900 juta USD, karena banyak orang yang enggan berpergian, bekerja ataupun melakukan kegiatan bisnis apapun juga. Wah!

    Demikian juga banyak hotel-hotel yang tidak menyediakan kamar dengan nomor 13, serta gedung-gedung bertingkat yang tidak menyebutkan lantai ke-13. Bangsa Turki bahkan menghilangkan kata untuk angka 13 ini dari kamus. Bangsa Ibrani Kuno menganggap 13 sebagai angka sial sebab dalam alpabet mereka huruf ke 13 adalah huruf M, yang berarti ‘mavet’ alias kematian. Lotere di Itali, Perancis tidak ada nomer 13 nya. Begitu juga tidak ada nama jalan di Amerika yang menggunakan 13th Street atau 13th Avenue.

    Dan tidak hanya itu saja, ketakutan akan angka 13 agaknya juga berlaku pada perusahaan software terbesar di dunia, Microsoft. Ini dapat terlihat dari edisi produk mereka, setelah Microsoft Office 12 yang berikutnya bukanlah Microsoft Office 13 melainkan Microsoft Office 2007.

    Presiden Franklin D. Rosevelt tidak pernah berpergian pada tanggal 13 dan tidak pernah menerima tamu sejumlah 13 orang. Kemudian Last Supper pun konon dihadiri oleh 13 orang, dengan Judas adalah orang yang pertama berdiri dan yang pertama wafat pula. Ksatria Templar ditangkap dan dieksekusi pada tanggal 13 Oktober 1307. Dan yang paling seram adalah nama-nama penjahat berikut ternyata terdiri dari 13 huruf, mereka adalah: Jack the Ripper, Charles Manson, Jeffrey Dahmer, Theodore Bundy ataupun Albert de Salvo.(sumber: Associated Content, about.com, wikipedia; gambar: indonesiacorner.com).

    33 comments:

    Jane said...

    wew... suatu hal yang kebetulan kah? (pembunuh terkenal itu)

    joe said...

    entahlah, atau mungkin juga orang yang menghubung2kan saja ....

    Coretan Hidupku said...

    Wah, kalau saya tidak terlalu mempercayai hal2 seperti itu. Serahkan saja kepada Yang Maha Kuasa. Kan kasihan angka 13 didiskriminasikan. Hehehe...

    TuSuda said...

    Bila dikaitkan dengan hal yang mistis memang misterius. Tapi itu sangat tergantung dari bagaimana setiap orang yang mengalaminya.

    joe said...

    Kalau di Indonesia, gaji ke 13 malah selalu ditunggu....!

    Puskel said...

    Dalam beberapa keadaan sering juga akrab mendapatkan angka 13, yang katanya bermakna sial, tapi kami enjoy saja menjalaninya.
    Semua tergantung apa yang dipikirkan khan Mas..

    joe said...

    Betul sekali, sebagai orang yang beriman, tentu saja kita lebih percaya kepada Tuhan...

    Sang Cerpenis bercerita said...

    padahal semua hari itu baik lho.

    joe said...

    betul sekali...

    Gaphe said...

    Mungkin kenapa hal-hal terebut jadi phobia karena masalah statistik aja... kenapa angka 13 jadi momok, bisa jadi statistik kejadian buruk berhubungan dengan angka itu lebih menonjol.. padahal kan banyak juga 13 itu membawa keberuntungan

    harto said...

    semua tanggal, hari maupun bulan itu semuanya sama tidak ada istilah tanggal / hari / bulan / tahun keramat, tanggal sial ataupun lainnya. kalo kita benar2 orang yang beriman tidak ada istilah itu semua yang ada hanyalah percaya kepada Allah SWT Sang Maha Pencipta (SMP)

    Hartohadi dot com mengucapkan :
    Selamat Iedul Fitri 1 Syawal 1431H, Taqobalallahu minna wa minkum Shiyamana washiyamakum Taqobalallahu Yaa Kariim, Minal Aidin Wal Faidzin ....Mohon maaf lahir dan batin....

    Sudinotakim said...

    oh.. rupanya orang barat percaya juga dengan mitos angka 13 ini ya mas..

    tomo said...

    Ho oh kawand angka 13 adalah angka yang membawa sial bagi yang mempercayainya.

    Malahan rumah di perumahan saja nmr rmh 13 dihindarkan selalu.
    Dialihkan ke nomor 12A atau 12b dan seterusnya, padahal rumah setelah itu adalah 14 dan sebelumnya 12.

    Percaya atau tidak percaya, keramat atau apapun istilah dan efeknya, selama masih bisa kita hindari ya hindari saja.
    Toh demi kebaikan kita sendiri.

    Dalam arti, jika memang nmr 13 angka sial, ya jangan dipakai.
    Biar aman toh tidak ada ruginya kalo tidak make 13.

    Dalam Islam percaya hal ini memang dilarang keras.
    Tapi dalam Islam juga disebutkan bahwa jika kita mamang atau ragu, ya sebaiknya dihindari atau tidak dilakukan.
    Suwun.

    Uswah said...

    Bila ragu sebaiknya jangan dipakai saja angka 13 yang mitos ini

    tomo said...
    This comment has been removed by the author.
    tomo said...
    This comment has been removed by the author.
    tomo said...

    Kakehan komentarku kang sori.sepurane.
    Tolong dihapus yg 2 itu.
    Yg telah aku hapus.
    Suwun

    orange float said...

    sebenarnya saya masih binggung, apa yang salah dengan angka 13.
    saya rasa jika kita percaya sesuatu maka yang kita yakini itu akan benar-benar terjadi dalam kehidupan kita.

    fajar said...

    yang penting..kita serahkan semuanya kepada Yang Maha Kuasa...om..

    PRofijo said...

    No absenku dulu 13 jue,,....(doh)

    Teras Info said...

    Wah kalau saya mah gak percaya sama hal-hal kaya gituan Mas...semuanya sudah di tentukan oleh yang Maha Kuasa...

    ARUS RASYID said...

    Sy pikir orang barat itu rasional. Tapi ternyata sama aja sama masyarakat kita ya, percaya tahayul alias mistik. Apa mereka juga percaya pada "keistimewaan" Jumat Kliwon ya he he he.
    Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir batin

    attayaya smp sma said...

    memohon maaf lahir dan bathin

    tukangpoto said...

    Percaya tidak percaya angka 13 memang membawa 'kekuatan' tertentu..

    Febriyanto(フェブリヤント) said...

    setiap orang pasti punya pantangan........ :D
    tergantung individunya juga itu, percaya gak percaya... tapi kalo di barat sana emang top banget angka 13 ini sbg angka keramat..... tapi di islam ga ada ya yang nerangin tentang sial2 begini..... soalnya hari sial itu ga ada di islam... kata nabi Muhammad SAW....
    btw mhon maap lahir batin gan,.

    sawali tuhusetya said...

    wah, ternyata yang phobi angka 13 tak melulu di negara berkembang. hmm ... di negara maju pun masih terjangkiti triskadekaphobia ini. selamat idul fitri, mas joe, mohon maaf lahir dan batin.

    TUKANG CoLoNG said...

    aku lebih takut angka 6, katanya sih identik setan

    Tip Trik Blogger said...

    katanya sich angka 13 emang membawa sial...
    Bagii yang mempercayainya.
    itu semua tergantung dari diri sendiri percaya atau tidak.

    Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

    ternyata masih ada ya yg percaya ma angka 13 ^^

    joanna said...

    mungkin itu kebetulan saja atau gimana..yg jelas setiap yang berhubungan dengan angka 13 selalu ada2 saja kejadiannya. Sebenarnya ini sugesti, dimana semakin dipercaya, akan semakin begitulah keadaannya. Sebagai org beriman, kita tidak perlu takut hal2 begitu kan ? bukankah semua yang terjadi itu adalah kehendak Tuhan juga :) So..mau angka 13 kek, mau angka 9 yang katanya baik, siapa takut ?? hehe..nice artikel, mas.

    ndop said...

    wow, jadi ngeri..

    Bangauputih said...

    semua tanggal dan hari itu baik...
    tergantung kita aja gimana menyikapinya :-)

    Herdoni Wahyono said...

    Fakta-fakta yang 'unik' dan 'luar biasa' tentang 13 'angka yang sial'. Banyak sisi kehidupan di dunia ini yang masih diselimuti oleh kabut misteri. Cukup sulit untuk mengurainya. Apa yang terjadi tersebut adalah fakta. Bagaimana kita menyikapinya tentunya tergantung dari masing-masing pribadi. Salam blogger. Sukses selalu Sobat.

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger