Syarat dan Ketentuan Berlaku!

Posted on
  • Monday, May 17, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Pernahkah Anda tertipu dengan iming-iming operator telekomunikasi yang menawarkan tarif super-irit, namun pada akhirnya janji itu tidak terbukti? Kalau iya, Anda bukanlah satu-satunya.

    Operator selalu mengklaim bahwa tarifnya adalah yang paling murah dibanding operator lain. Ada yang menjanjikan gratis menelpon sekian menit setelah penggunaan sekian ribu, masih ditambah dengan gratis sms hingga ribuan dan akses intenet sekian Mb. Namun ternyata, syarat dan ketentuan berlaku di sini. Artinya, tidak semurah seperti yang ditawarkan pada iklan.

    Di sinilah kejelian konsumen diperlukan agar tidak terperangkap dalam jebakan gimmick-gimnick operator. Saat ini dengan banyaknya operator yang beroperasi di Indonesia, mereka bertarung memperebutkan konsumen. Situasi persaingan ini yang mendorong operator untuk saling merebut perhatian (calon) pelanggan dengan menawarkan tarif yang (katanya) paling ekonomis.

    Dengan promosi yang terkesan mengelabuhi masyarakat, dan persyaratan yang berbelit seputar tarif seringkali menimbulkan kesalahan persepsi pada masyarakat. Ujung-ujungnya pelanggan pada akhirnya yang kecele mendapati tarif yang dikenakan sesungguhnya tidak sesuai dengan gembar-gembor promosi.

    Padahal sesuai dengan Undang-Undang no 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen, disebutkan bahwa konsumen mempunyai hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur tentang kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa. Dengan demikian, seharusnya pelanggan berhak menuntut operator karena janji-janji tarif murah yang ditawarkan tidak terbukti.

    Demikian juga Depkominfo sebagai regulator sudah seharusnya menertibkan iklan-iklan operator yang menawarkan tarif super murah, namun dengan syarat dan ketentuan berlaku, yang berpotensi memiliki unsur kebohongan publik.

    Sebab, sayang sekali, regulator terkesan membiarkan saja kebohongan publik tersebut berlangsung dan berlarut-larut. Sehingga pada akhirnya, kembali pada kita sebagai konsumen untuk berhati-hati dengan pesan: syarat dan ketentuan berlaku.

    20 comments:

    nietha said...

    udah lama pengen nulis tentang hal ini, tapi nggak kesampaian. pengen komplain juga soal operator yang asal ngiklan

    tomo said...

    Menurutku kok sama aja bohong kawan.la wong ada syaratnya.iklannya saja katanya gratis, tp kok bersyarat ya

    Uswah said...

    Kesannya kok memang berbohong sob ya.krn ada syaratnya

    joe said...

    barangkali solusinya adalah para pelanggan yang dirugikan melakukan gugatan bersama alias class action ...

    darahbiroe said...

    hikz
    emang kok
    operator tuch iklanya serba menjebakk
    aku rasa si kuning itu paling jujur dr iklanya, kalau yang lain ga tau juga
    :D

    antokcupu said...

    heheh
    bener banget
    iklanya smua menipuuuuuuuuuuuuuuu
    payah

    joe said...

    wah, iklan nih ceritanya ...

    Sang Cerpenis bercerita said...

    bukan pernah lagi, tapi sering tuh.

    alice in wonderland said...

    aku juga pusing ngeliat promo iklan dengan banyak "tapi" alias banyak syarat makanya aku setia ama yang lama aja lah ... lagian gak mungkin kan mereka jualan tapi gak mau untung...

    ariefborneo said...

    Ya tinggal pintar2 na kita z yg memilih operator...

    lyna riyanto said...

    sebenarnya sejak pemerintah telah menetapkan affordability (keterjangkauan) tarif telepon seluler sejak beberapa tahun yg lalu
    tapi sepertinya regulasinya mandul

    nice post..memang perlu class action kayaknya

    richoyul said...

    bahasa iklan memang semua rata2 menipu, harus jeli menangkap bahasa iklan..... aku juga beberapa kali bahkan sering ketipu

    Fauzan said...

    Sebenarnya mereka ga menipu konsumen, hanya... tulisannya terlalu kecil. hahahaha

    im3 aja deh... :p

    Gudang Ilmu said...

    wah emang bener tuh
    contoh saya
    klo bli belum tau klo ada salah satu operator ...... menaikan sedikit lagi tarifnyaa

    Blogger Terpanas said...

    apa karena berbohong itu tidak membayar jadinya orang berbohong seenaknya ya?

    TUKANG COLONG said...

    bener banget tu, gag ada yang bener2 jujur ngasi promo

    Mamah Aline said...

    seringkali terkecoh waktu beli kok gak sebombastis di iklannya, pantesan deh...

    Fajar said...

    yach...itu...lah...tapi ya kenapa kita beli juga ya.....

    Danil Edan said...

    daniledan like this (pake jempol)

    devie said...

    kalau aku ya tetap pilih Telkomsel...

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger