Mengenal Macam-macam Bentuk Susu

Posted on
  • Monday, October 16, 2017
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Anda suka susu? Maaf, bukan susu yang itu. Tapi susu yang berupa minuman yang mengandung kalsium dan bermanfaat bagi kesehatan tulang kita. Sebelum berupa cairan yang siap diminum, produk susu terdiri dari beberapa macam bentuk atau formula berdasarkan tekstur dan proses pembuatannya. Apa perbedaan dari keempat jenis susu tersebut?

    Susu Kental Manis. Yaitu produk susu yang teksturnya berupa cairan kental. Susu jenis ini mengandung kalori dan gula yang lebih tinggi dibandingkan gizi yang ada di dalamnya. Susu ini lebih cocok dijadikan topping atau pelengkap makanan dari pada untuk dikonsumsi setiap hari.

    Susu Bubuk. Susu jenis ini termasuk susu yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia. Terbuat dari susu segar yang telah diolah dalam proses pengeringan sehingga teksturnya berubah menjadi kering seperti tepung. Susu tersebut diolah menggunakan suhu yang tinggi, yaitu 200 derajat celsius. Dengan suhu setinggi itu, sebagian nutrisi yang terkandung dalam susu segar pun menghilang, untuk menggantikan nutrisi yang hilang itu maka dilakukan fortilisasi kembali. Yaitu penambahan nutrisi ke dalam susu bubuk agar kandungan gizinya tidak berubah.

    Susu UHT. Adalah susu Ultra High Temperature. Susu ini diolah dengan cara dipanaskan pada 135-140 derajat Celsius dalam waktu 2-4 detik sehingg semua bakteri atau mikroorganisme  mati. Susu ini juga disebut dengan susu steril.
    Susu Pasteurisasi. Susu pasteurisasi memiliki tekstur yang sama dengan susu UHT, yaitu berbentuk cair. Namun, susu pasteurisasi dipanaskan dengan suhu yang lebih rendah, 72 derajat Celsius selama 15 detik. Karena suhu pengolahannya tidak terlalu tinggi, maka kandungan bakteri baik dan vitaminnya masih terjaga. Susu pasteurisasi biasanya dikemas dalam kotak karton yang bagian atasnya berbentuk segitiga seperti atap rumah. Susu jenis ini hanya bisa bertahan selama 1-2 minggu saja. Itu juga harus disimpan di lemari es dan begitu dibuka harus segera dihabiskan. 

    1 comments:

    sange said...

    tak kira susu perempuan....

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger