Siapa yang Menemukan Emoticon?

Posted on
  • Wednesday, September 24, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:

  • Emoticon adalah sebuah simbol dan atau gambungan dari berbagai simbol yang biasanya digunakan untuk menggambarkan ekspresi wajah manusia yang mencerminkan perasaan dalam bentuk pesan atau tulisan. Istilah emoticon merupakan gabungan dua kata yaitu emosi, dan icon, yang berarti simbol. 

    Saat ini penggunaan emoticon sudah sesuatu yang sangat lumrah. Semua orang menggunakannya dalam pesan singkat, e-mail, maupun pada forum-forum internet, seperti chat-rooms. Tapi sebenarnya emoticon itu sudah lama diciptakan. Tapi tak jelas siapa yang pertama kali menciptakan karena banyak sumber berbeda yang mengaku siapa yang pertama kali menggunakan karakter regular di keyboard ini untuk mengekspresikan emosi

    Scott Fahlman E. mengklaim sebagai penemu emoticon smiley. Menurut klaimnya pada awal 1980-an ada masalah untuk mengetahui apakah pesan yang dibuat pada papan buletin online itu berupa pernyataan sarkastis, bernada humor ataukah sebuah pernyataan serius. Untuk melengkapinya kemudian muncullah ide untuk menambahkan emoticon.  

    Namun demikian sebuah catatan lama menunjukkan bahwa Scott Fahlman telah menggunakan emoticon ini pada tanggal 19 September 1982. Dan sebuah klaim lain menyatakan bahwa emoticon pertama mungkin telah muncul pada tahun 1979, pertama kali digunakan oleh seseorang bernama Kevin Mackenzie. Dia diyakini sebagai orang pertama yang menggunakan simbol -)  

    Kalau kita menjelajah di internet untuk menelusuri sejarah penggunaan emoticon mungkin kita akan menemukan bahwa pada tahun 1972 orang sudah mengenal karakter Smiley Face. Namun tidak ada yang benar-benar mengklaim sebagai penemu pada saat itu. Saat ini beberapa ratus atau malah ribuan emoticon telah berkembang untuk menggambarkan berbagai karakter yang bisa digunakan, tapi semua adalah pengembangan dari ikon yang sederhana yaitu smiley face. (ref: muller-godschalk.com).

    36 comments:

    El Fasa said...

    Oh gitu ya, emang kadang persepsi beda2 membaca sebuah tulisan itu

    Ehwansah Jailani said...

    ternyata oh ternyata begini kisah dari emoticon dan penemunya ane ngerti sob, makasih udah nambah wawasan ane lagi sob..

    di tunggu info selanjutnya sob...

    Kang Muroi said...

    wa ternyata masih jadi perdebatan yah siapa sebenrnya penemu emoticon ini..trims infoya

    Marnes Kliker said...

    wah ternyata keberadaan emoticion nie dah lama juga ya, jadi nambah wawasan nie :)

    Comtel Cell said...

    jadi bingung nih sipa penemu yang asli...

    Ainnul Yaqin said...

    penemunyaa masiii berantem nemperebutkan posisi yahh kayaknya :D

    Andriyatna said...

    Sepertinya saya yang menemukannya (ngarep kali ya)
    hehe ^_^

    Muhammad Zaairul Haq said...

    kita klaim saja ya hehehe :D

    ali imron said...

    yang jelas yang menemukan adalah yang membuat dan menggunakan pertama kali

    Klik Soreang said...

    Lengkap Sekali, ane senang dong baca artikel siapa yang menemukan emoticon di atas, trim om :)

    Direktori Wisata said...

    Kalau saya hanya baru tahu dan makainya saja mas, namun setelah membaca artikel mas ini jadi lebih tahu. Terimakasih sharingnya mas.

    Salam

    Cilembu thea said...

    sesungguhnya sayalah pencipta emoticon ini, cuman saya mah orangnya ngga mau ribut-ribut-lah...biarlah hanya Tuhan yang mengetahui kebenarannya yang sejati mah

    Beby Rischka said...

    Sejak ada emoticon, hidup jadi lebih berwarna.. :D

    mandor said...

    emangnya emoticon itu ilang kemana? makanya jangan sembarangan kalau naroh, itu yang nemu siapa, belum juga ada yang ngaku

    Idah Ceris said...

    Pertama yang kayak gini, ya. :)

    Unsyarifa said...

    saya sebagai pengguna saja
    trimakasih kepada penemunya :D

    rianda said...

    hah.. 19 September. pas hari ultahku. hihi

    Arie Gondes said...

    ternyata sampai sekarang masih simpangsiur ya mas tentang siapa sebenarnya penemu emoticon ini

    attayaya said...

    weeew...
    aku sering menggunakan emoticon

    cerita misteri said...

    kalo gitu, saya juga bisa ngaku2 dong sebagai pencipta emoticon..hehehe

    Portal Berita Unik said...

    Wah bukan saya ternyata penemu emoticon :D

    Aldi Rahman said...

    siapa yang menemukan tidak penting, yang penting bermanfaat untuk banyak orang :)

    Anonymous said...

    muhamandrianto.blogspot.com

    Ahmad Kali Akbar said...

    Makassih mas infonya, semoga ilmunya barakah

    Arif Roziqin said...

    Dengan Emoticon dapat membuat tulisan menjadi lebih menarik,terima kasih Mas atas sharenya :)

    obatherbalku24 said...

    jadi ga ada yang ngaku nih penciptanya siapa ..wwkwkwk

    Pasar Valuta Asing said...

    Ternyata emoticon itu udah lama ya kiraen baru-baru ini hehehe :D

    Mbah dinan said...

    kayaknya orang pertama menggunakan emoticon masih samar, karena Kevin Mackenzie sebetulnya peneliti simbol, dan saya yakin dalma beberapa penelitian sudah ada gambar ekspresi pada manusia primitif...namun gambarnya hanya mengekspresikan keagungan. sedang dalam dunia maya, emoticon sendiri sudah digunakan sekitar 3 sampai 4 tahun setelah adanya internet. mungkin beberapa sahabat bisa melengkepinya. terima kasih telah berbagi pencerahan dan salam sahabat blogger.

    Aldi Rahman said...

    emoticon mungkin sudah lama digunakan sebelum scott fahlman

    Wordpress Eb said...

    terima kasih atas infonya gan,
    maaf bikin spam ya gan,ini web buat tugas seo bukan untuk jualan
    http://jualkaosdota2.besaba.com/

    Wicky Barcelonista said...

    selama ini kita hanya bisa menggunakannya..
    dan sekarang kita telah tau siapa pembuatnya...
    bermanfaat sekali sob...hehehe

    HAPPY BLOGGING sob.. (^_^)

    >> tutorialblogwiky.blogspot.com

    Makinudin said...

    thanks youk jalan" ke curup maung iniwisata.blogspot.com/2014/12/curup-maung.html

    Bintang Fisabilly said...

    Iya nih .. bingung juga tentang siapa orang yg menemukan emoticon ini. Nice info gan, kunbal ditunggu : http://laxemanovo.blogspot.com/

    pelangsing wsc biolo asli said...

    memng ide biasa jadi lebih tredy

    obat pelangsing wsc biolo said...

    sekarang di setiap media elektronik sering di gunakan

    Download Film Box Office said...

    siapa pun penemunya terima kasih karna sudah menginspirasi,
    tanpa emoticon sebuat chat akan terasa hampa hahaha :p

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger