Dari Mana Datangnya Istilah Lelaki Hidung Belang?

Posted on
  • Monday, October 6, 2014
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Lelaki hidung belang adalah suatu ungkapan dengan konotasi negatif untuk menggambarkan seorang pria yang playboy atau mata keranjang atau kemaruk dengan perempuan. Lalu dari mana datangnya istilah ‘hidung belang’ mengingat hidung adalah organ yang tidak ada hubungannya dengan aktifitas seksual?

    Ternyata istilah lelaki hidung belang sudah muncul sejak jaman Belanda dulu dan ada hubungannya dengan Gubernur Jendral Batavia yaitu Jan Pieterzoon Coen. Pada abad ke 17 saat itu Belanda masih sangat betah menjajah Indonesia. Pemerintah Belanda mendatangkan banyak bule-bule untuk mengisi posisi di pemerintahan dan pegawai VOC.

    Karena tidak semuanya bisa menyertakan istri-istrinya ke tanah Jawa sudah tentu banyak para perwira itu yang merasa kesepian. Salah satu perwira yang jablay itu adalah Pieter Cortenhoeff yang merupakan salah satu pengawal Jan Pieterzoon Coen.

    Setelah lama memendam kesepiannya akhirnya dia menjalin hubungan gelap dengan gadisnya yaitu Saartje Specx yang tak lain adalah anak angkat sang jendral. Tapi rupanya Pieter Cortenhoeff bernasib naas, suatu saat Jan Pieterzoon Coen memergoki mereka sedang indehoy. Alhasil sang jendral murka dan melaporkan kelakuan sang pengawal yang cabul itu ke pihak berwajib.

    Tanpa ampun pasangan ini ditahan dan Pieter Cortenhoeff sendiri dijatuhi hukuman gantung. Dan untuk mempermalukan lelaki pengawal yang meniduri anaknya itu, Coen mencorengi wajah Pieter Cortenhoeff dengan arang sebelum lelaki ini dieksekusi. Karena oret-oret dengan arang itulah sehingga hidung Pieter Cortenhoeff menjadi belang.

    Sejak saat itulah semua pria yang kedapatan meniduri istri orang atau berzina akan ditangkap dan hidungnya dicoret-coret. Dan sejak saat itulah semua lelaki yang mata keranjang dijuluki sebagai lelaki hidung belang!

    73 comments:

    Comtel Cell said...

    wah... ternyata laki-laki hidung belang udah ada sejak jaman belanda, hebat banget yia bisa narsis sampai sekarang, hehehe....

    mandor said...

    Ternyata hidung belang itu memang nyata, hidung yang belang karena arang. Dia adalah Pieter Cortenhoeff

    Yoga Purnama Putra Perdana said...

    menggelikan hhhee

    yanto cungkup said...

    ealah...begitu toh ceritanya
    lalu mas joe ini termasuk pria hidung belang nggak ya?hehehe

    Ehwansah Jailani said...

    hahah sejak jaman belanda sampai sekarang malah lebih eksis di indonesia... hmmmm

    Saud Karrysta said...

    Saya kira tuh yang namanya Lelaki Hidung Belang itu, lelaki
    Yang Hidungnya ada belangnya hhh, baru tau saya cerita asal usul
    Lelaki hidung belang ni Mas makasih :)

    Saud Karrysta said...

    Dari dulu lelaki hidung belang sudah ada, berarti orang sekarang
    Yang hidung belang ngikutin kejelekan orang jaman dulu ya Mas..? hhh :D

    Rianda Prayoga said...

    Ternyata dahulu belanda melarang adanya seks bebas ya, bahkan sampai di hukum mati. Tapi mengapa sekarang seks bebas, bebas terjadi di dunia barat ya..

    Beby Rischka said...

    Bakalan seru ya kalok ketahuan selingkuh trus idungnya dicoret :D

    Saud Karrysta said...

    Kunjungan siang Mas baca kemabli asal usul
    Lelaki hidung belang. semangat terus Mas dan salam sukses :)

    Muhammad Zaairul Haq said...

    ow ternyata begitu to awal mulanya...ngemeng2 fotonya malah nggilani...banyk bekas bibir gitu

    Rawins said...

    kenapa pilih hidungnya yang dicoreng ya..?

    Yuliono Gundul said...

    kalau hidung pesek dan hidung mancung di kenal sejak kapan ya hihi...
    baru tahu saya awal mula adanya istilah lelaki hidung belang...
    sukses selalu min..

    Unsyarifa said...

    rupanya ini akibat kelakuan kang Pieter Cortenhoeff

    Arif Roziqin said...

    mantap gan, ane malah baru tahu gan soal laki laki hidung belang gan, soalnya ane buka lelaki seperti itu gan hahaha

    salam kenal gan

    Saud Karrysta said...

    Kunjungan Rutin dimalam ini Mas. kembali sinak
    Artikel tentang Lelaki hidung belang ini. tetap semangat Mas?

    Ai Wida said...

    Hanya lelaki yang tidak tahu diri dan tidak punya hati saja yg pantas di juluki hidung belang.

    Nunu said...

    Owalaaaah.. Kupikir karena belang lipstiknya kak joe

    Ipah Kholipah said...

    dari dulu sampe sekarang lelaki hidung belang masih banyak ya?

    kabardekat.com said...

    lelaki itu tidak hidung belang bang tetapi lebih ke jentelman hehe, kalau lelaki gidung belang trus kalau buat cewek apa dong... :D

    Em Albar said...

    nah kalau mata kerajang darimana mas, hahahhaha

    Arie Gond3s said...

    ternyata si idung loreng memang sudah ada sejak jaman belanda ya Mas, mantap-mantap sejarah hidung belangnya hehehehehe :)

    Kamil said...

    Namanya sulit banget diingat *pelupa parah* :D

    Raja Online said...

    Oh iya mas..
    itu gambar dicowok itu yang ada bibirnya ituu asli gak ya...
    kalau asli, saya cuman bisa berkata Waaaaahhhhhh....... :D

    Tokopenjual said...

    wohahaha gitu toh asal muasal si hidung belang ..wkwkwks

    Fiu S said...

    hahahahahaha, untuk bukan disebut lelaki kuping gajah ..... :D bisa kacau nanti .... :D

    Budi Jokodi said...

    Untuk setiap teman yang menggunakan Sribu (99designs Versi Indonesia),
    Anda akan mendapatkan sampai dengan Rp. 600.000 CASH
    dan teman Anda akan mendapatkan voucher Sribu sebesar Rp. 250.000
    bagi mahir/hobby desain grafis
    Join dan Pedaftaran
    http://klik.web.id/34e9

    pemilik toko said...

    Izin nyimak artikelnya gan??

    dede andryan said...

    baru tau juga saya mas..
    makasih deh

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    ternyata lelaki hidung belang itu memiliki makna yang unik ya mas, dan saya baru tahu nih asal usul nya, thanks ya mas ;)

    webctfatimah said...

    Kisah tragis yang memalukan sehingga dampaknya terseret hingga ke zaman maju. Baru tahu asal usul lelaki hidung belang, saya fikir itu cuma gelaran buat lelaki kasanova.

    Vpie ◥TwekzLibz◤ MahaDhifa said...

    .. ouwwww,, begitu,, namun kata di iklan,, yang belang itu yang enak. wha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha..ha.. ..

    SSH Gratis 2014 said...

    Ijin berkomentar dan memnbaca

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    Jaman skrg makin gila aja y byk laki2 hidung belang2nhmmmm :)

    Ayu said...

    o gitu.... baru tau, maksh infonya hehehe...salam kenal ya

    Riri said...

    coba bayangkan wajah cowok yg HIDUNGNYA BELANG MATANYA KERANJANG gimana ya jadinya, hehehe

    Putri said...

    baru tau hehehe

    Nur Kusmayadi said...

    kisahnya sedikit unik gan ... hehe

    Blog Rakyat said...

    wah ternyata asal kata lelaki hidung belang itu dari jaman belanda dulu,
    baru tau saya...

    Penelusuran Artikel said...

    lucu juga baca artikelnya pas di akhirnya mas wkkwkwk ,,, coba kalau di coretnya pas keteknya ,,pasti julukannya lelaki ketek belang wakawkkawkwa ,,, jangan lpa mampir ya :)

    Pasar Valuta Asing said...

    berarti budaya hidung belang ini dari Belanda ya hahaha

    dongeng naura said...

    Baru tau asal muasal julukan itu.hehehhe

    Mbah dinan said...

    memang kata ini sering dipakai, tapi gak tau dari mana asalnya ya gan. tapi keterangan di atas bisa memberi pencerahan juga. terima kasih dan salam sahabat blogger.

    cetak dus kue said...

    Waduh coba kalo sekarang diberlakukan pasti banyak yang berkeliaran laki-laki yang belang hidungnya..he he

    Aldi Rahman said...

    sejarah yang menarik, sudah saya follow blognya, ditunggu follbacknya :)

    pemilik toko said...

    Kalo ada lelaki hidung belang, berarti cewe hidung belangnya juga ada dong gan?? :D

    Contoh Surat Lamaran Kerja said...

    Hehehe.. ada-ada aja ya mas..
    banyak banget bahasa-bahasa aneh, lelaki hidung belang, dulu waktu kecil saya kira hidung belang itu, hindung yang berbelang :D ternyata Ehhhh!!

    Ibrahim M.Pd.I said...

    ternyata lelaki hidung belang ada sejarahnya ya mas heehee

    jube said...

    hahahaha....baru tau kalo lelaki hidung nenek moyang para lelaki yg playboy di zaman sekarang.... bagus bgt artikelnya gan :)

    http://ceritacintasedihromantis.blogspot.com/

    Wicky Barcelonista said...

    thanks infonya sob,, sangat bermanfaat sekali bagi saya.. :)

    kunjung balik blog baru saya ya sob >> tutorialblogwiky.blogspot.com (^_^)

    terima kasihh..

    Wicky Barcelonista said...

    bawaan dari lahir mas..wkwkwk

    Wordpress Eb said...

    terima kasih atas infonya gan,
    maaf bikin spam ya gan,ini web buat tugas seo bukan untuk jualan
    http://jualkaosdota2.besaba.com/

    Kutu gunung said...

    walah, ternyata begitu toh sejarahnya si hidung belang.. haha

    Desi Isna said...

    Hhahaha kecupannya banyak

    yathi said...

    bermanfaat skle buat aku

    Valentino Febrian Saputra | Official Website said...

    Wah ternyata sudah ada dijaman belanda,,, kirain baru

    Dian said...

    lucu juga ceritanya ....

    Aditya dian permana said...

    baru tau ternyata ceritanya gitu
    salam kenal
    saemebeljepara.com

    lowongan kerja said...

    Wah wah wah kalo perempuan apa dong namannya :D

    Wahab Saputra said...

    Klo wanita yg gak benar ...apa'y yg belang ya.....

    Manfaat Buah Anggur Untuk Kecantikan said...

    walaaah nice nice post. informasi baru ini, haha

    Sofar Udin said...

    apakah saya termasuk lelaki hidung belang???? visit my blog www.carasofar.blogspot.com

    apan said...

    untung saya bukan lelaki hidung belang
    ;D

    Kandungan Dan Manfaat Jelly Gamat Gold-G said...

    oh ternyata begitu asal-usul kata LELAKI HIDUNG BELANG itu
    keren info nya
    thanks ya

    Koleksi Kaos Disto said...

    hehehehe.... Baru tahu saya ternyata Belangnya dari Belanda.
    Semoga di Indonesia jangan ada yg belang wkwkw....

    Koleksi Kaos Disto said...

    hehehehe.... Baru tahu saya ternyata Belangnya dari Belanda.
    Semoga di Indonesia jangan ada yg belang wkwkw....

    Dina Istiqomah said...

    Lucu juga ya ternyata sejarah terbentuknya istilah hidung belang. Wkwkwk

    Gunung Semeru said...

    baru tau saya klo istilah lelaki dari situ, thanks infonya :)

    Anda suka travelling ? suka mendaki gunung ? Kami ada rekomendasi tempat untuk anda kunjungi. Ini adalah info tentang beberapa gunung yang dapat anda daki dan mempunyai keindahan alam yang sangat fantastis: Gunung Semeru || Gunung Rinjani || Gunung Gede || Gunung Di Jawa Tengah || Gunung Tertinggi Dunia

    sehat belina said...

    Vimax Asli
    vimax izon asli
    PEMBESAR PENIS
    vimax izon asli
    vimax izon asli
    obat perangsang wanita

    Vimax Asli
    vimax asli
    RAHASIA kUAT sEX
    vimax asli
    vimax asli
    proextender asli

    ciri Vimax Asli
    ciri Vimax Asli
    PEMBESAR PENIS
    ciri Vimax Asli
    ciri Vimax Asli
    obat klg

    ciri Vimax Asli
    ciri Vimax Asli
    ciri Vimax Asli
    ciri Vimax Asli
    ciri Vimax Asli
    obat klg

    Ilham Sanusi said...

    baru tahu saya om, saya kira baru2 ini. eh ternyata jaman belanda pun sudah ada. hahaha ada keturunannya...

    Zuniar said...

    haha ternyata seperti itu asal usul istilah ini


    kunjungi juga BLOG GUE

    Wisata Banjarnegara said...

    Kalau sekarang malah nambah banyak istilah lagi selain lelaki hidung belang. Ada buaya, PK, Papa Muda dll :D

    Gopro Sehat said...

    Wkwkwkwkw, mantap gan artikelnya.

    #Blogwalking http://goprosehat.blogspot.co.id/

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger