Mitos-Mitos Seputar Teknologi

Posted on
  • Tuesday, September 16, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Mitos adalah sesuatu yang salah namun diyakini sebagai sebuah kebenaran. Dengan semakin berkembangnya teknologi, tak jarang berkembang pula mitos-mitos di kalangan masyarakat yang diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan tentang teknologi. Berikut adalah mitos-mitos seputar teknologi itu:


    Menggunakan ponsel di SPBU dapat mengakibatkan kebakaran. Hanya  ada satu SPBU yang telah dilaporkan terbakar saat ponsel dinyalakan namun setelah diselidiki tidak disebabkan oleh telepon genggam. Sebelumnya memang diyakini bahwa ponsel mungkin menghasilkan percikan listrik yang jika bertemu dengan uap bensin dapat menghasilkan api. Itu secara teoritis mungkinnamun sangat mustahil dalam keadaan normal. Namun demi keamanan National Fire Protection Association menyarankan agar kita mengikuti instruksi yaitu tidak menggunakan ponsel di area SPBU.


    Semakin besar resolusi kamera maka semakin bagus foto yang dihasilkan. Kenyataannya, tidak hanya resolusi yang berperan dalam menghasilkan foto yang bagus. Lebih dari itu, faktor-faktor penentu seperti komposisi, angle, tata cahaya dan selera kameramen lebih banyak berperan penting.


    World wide web dan internet adalah hal yang sama. Internet adalah infrastruktur yang memungkinkan informasi yang akan dibagi antara jaringan di seluruh dunia, termasuk yang diakses melalui komputer pribadi, smartphone, berbagai jenis perangkat lain. Web ini hanya salah satu dari jaringan tersebut, yaitu satu dengan situs dan halaman yang dimulai dengan www.


    Mengecas baterai tidak sampai penuh akan memperpendek umur baterai. Sekarang sebagian besar baterai  menggunakan lithium-ion atau lithium-ion sel polimer, yang, seperti catatan Apple, kita dapat mengisinya tanpa harus menunggu penuh. 


    Ponsel mengakibatkan kanker otak. Selama ini diyakini adanya hubungan sebab akibat antara menggunakan ponsel dan kanker. Akan tetapi sebuah studi panjang selama 11 tahun di Inggris menyimpulkan bahwa tidak ditemukan bukti risiko terhadap kesehatan dari gelombang radio yang dihasilkan oleh ponsel atau BTS. 

    Video game berdampak buruk bagi anak. Sebuah studi pada tahun 2013 dari University of Glasgow menyimpulkan bahwa bermain video game tidak berpengaruh terhadap perilaku anak secara signifikan. Bahkan, sebuah studi terpisah menemukan bahwa anak-anak yang bermain video game selama kurang dari satu jam sehari ternyata merasa lebih bahagia daripada anak-anak yang tidak bermain sama sekali. Namun, tentu saja bermain video game berlebihan dapat memiliki hasil negatif. (ref: Huffington Post/ill: smallbiztechnology).

    16 comments:

    Beby Rischka said...

    Tapi sampek sekarang selalu dilarang pakek hp kan kalok lagi ngisi bensin, Bang..

    Marnes Kliker said...

    wah ternyata ada juga ya mas mitos-mitos di seputar teknologi. Kalo yang terakhir tergantung dari si gamersnya sendiri kali ya mas, kalo maen gamenya ampe lupa waktu sehingga mengakibatkan lupa akan segalanya sudah barang pasti berdampak buruk bagi si anak tersebut :)

    Mang Lembu said...

    judulnya unik banget kang...teknologi ko'ada mitos-mitosnya...aneh kan? :D

    Dede Thea said...

    kalau soal mitosmah tergantung orangnya saja kali yah kang hehe

    Arie Gond3s said...

    kalau untuk poin yang terakhir Saya kurang setuju Mas, masalahnya bermain Games justru malah dapat meningkatkan kecerdasan dan melatih pola pikir anak

    Mbak Susi said...

    Ternyata gak ada sangkut pautnya ya mas, kalo pas di pam bensin memainkan hp :)

    siti aminah said...

    "Mengecas baterai tidak sampai penuh akan memperpendek umur baterai" kalau tentang yang ini baru dengar ni

    budi purnomo said...

    Lebih logis yang point no dua menurut saya.. hehe

    paridah said...

    teknologi pun ada mitosnya ya bersandarkan info logik ya...

    JamiatAbdillah.Net said...

    Bener Juga gan ....hehe

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    kalau dipikir-pikir tidak masuk akal juga yah main hape di pom bensin ibisa bikin kebakaran, tapi nggak tahu juga sih, kita sebagai masyarakat hanya bisa taat aturan disana ;)

    Rianda Prayoga said...

    Cari aman ajalah kalau di SPBU gk usah main hape. Taat aturan aja..

    Ehwansah Jailani said...

    ini yang selalu ane ingat sob... "Menggunakan ponsel di SPBU dapat mengakibatkan kebakaran" dari mana pulak itu faktanya...??? agak dikit heran aja sih...

    Wordpress Eb said...

    terima kasih atas infonya gan,
    maaf bikin spam ya gan,ini web buat tugas seo bukan untuk jualan
    http://jualkaosdota2.besaba.com/

    moch fadhil said...

    saya juga setuju mengenai menggunakan ponsel di SPBU, tapi karena itu aturan ya harus ditaati demi keamanan dan keselamatan

    Asuransi Prudential said...

    Tehnologi sangat banyak ragamnya, jaman sekarang sudah beda. Serba otomatis dan serba online.

    Hey guys, kamu punya mobil, motor, rumah, anak, istri ? daripada kamu takut mereka kenapa - kenapa, mendingan kamu daftarin deh di asuransi biar sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, pihak asuransi yang akan menanggungnya. Inilah beberapa informasi asuransi: Asuransi Prudential || Asuransi Kesehatan || Asuransi Pendidikan || Asuransi Mobil || Asuransi Sinar Mas || Asuransi Jiwa

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger