Fakta-Fakta Seputar Mie Instan

Posted on
  • Thursday, September 11, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Barangkali tak ada orang yang tidak menyukai mie instan. Dengan segala keunggulannya, harga yang sangat terjangkau, kepraktisan dalam penyajian serta tersedianya berbagai macam pilihan rasa, maka mie instan dapat digunakan sebagai makanan pengganti nasi. Namun demikian tentu saja konsumsi yang berlebihan sangat tidak dianjurkan. Dan berikut adalah fakta-fakta seputar mie instan:

    Berasal dari bahasa China "lo mein." Bila kita menyebutnya sebagai mie, maka orang Jepang menyebut Ramen, yang adalah pengucapan Jepang dari karakter kanji untuk "lo mein" atau "lau mein" dalam bahasa Cina. Tidaklah mengherankan bahwa mie terinspirasi oleh lo-mein, hidangan mie rebus lain ditemukan berabad-abad lalu.

    China adalah konsumen mie instan terbesar. Permintaan global China untuk mie instan adalah yang tertinggi, menurut World Association Mie Instan. Pada 2013, China mengkonsumsi 46,220 juta paket dari mie instan. Tong-Yi Mie Instan, merek Cina yang populer, dijual hampir di mana-mana, dari Walmart hingga warung pinggir jalan.

    Mie instan adalah penemuan terbaik Jepang. Menurut satu survei, Jepang pertimbangkan mie instan sebagai penemuan terbaik mereka. Selain dengan keunggulan teknologinya, pada tahun 2000 Fuji Research Institute menyatakan bahwa orang Jepang paling bangga saat memperkenalkan mie instan kepada dunia. Mereka merasa karena mie instan benar-benar mewakili 'Made in Japan', dengan tidak hanya menjadi makanan nasional tapi juga global.

    Ada museum mie di Osaka. Disebut Museum CupNoodles museum ini dibuat untuk menampilkan sejarah produk dan perjalanan mie instan. Di museum ini pengunjung bisa membuat ramuan mie instan mereka sendiri dan museum menyediakan 5.460 kombinasi rasa.

    Makanan terlaris di penjara. Komisaris di Pulau Rikers di New York selalu menyediakan mie instan di dalam penjara. Mie ini dijual seharga 35 sen dan, menurut New York Post, dan merupakan bahan makanan yang paling populer dijual.

    Dulu dianggap sebagai barang mewah. Momofuku Ando adalah pencipta produk ramen Nissin, yang menciptakan "Chicken Ramen," snack instan yang bisa dimakan dengan mudah dan di mana saja pada tahun 1958, ketika ia melihat makanan yang langka setelah Perang Dunia II. Tapi ketika tiba di rak-rak supermarket Jepang, mie itu dilihat sebagai produk yang sangat mahal sehingga tidak semua orang bias menikmatinya. (ref: Huffington Post/ill: gizmodo)

    16 comments:

    IrmaSenja said...

    Suka mie instan tapi gak pengen sering2 mengkonsumsinya *_*

    Marnes Kliker said...

    wah saya juga paling suka sama mie instan mas, kalo malem suka laper mau keluar cari makanan suka males ya udah akhirnya masak mie instan aja :D

    Beby Rischka said...

    Mie instan itu enak :D

    aira abdullah said...

    mie instant itu enaknya direbus pake cabe rawit ijo,hahhhh... pedes segerrr...:D

    Nunu said...

    Oh ternyata dari jepang ya

    Ione Nasition said...

    ternyata mie dan ramen itu sama ya...baru tahu

    Idah Ceris said...

    Baru tau ada museum mie juga. :D
    Di tempat wisata, mie juga banyak diserbu wisatawan ya.

    Ehwansah Jailani said...

    padahal cuma mie doang, tapi faktanya luar biasa kali....
    tapi sekarang ane sudah kagak suka dengan mie instan....

    fitri anita said...

    sdh mulai ngurangin karena suka sakit ke[ala kalau sering makan mie instan

    Ai Wida said...

    saya suka dan sering bgt lho makan mie instan dan katanya kalo banyak makan mie perut akan kembung

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    kalau saya seneng nya mie instan dimakan buat ganjal saja,soalnya nggak bisa bikin kenyang sih, jadi harus makan nasi kalau mau kenyang :D

    Rianda Prayoga said...

    Mie instan itu enak rasanya, enak juga buatnya.
    Cuman kalau keseringan gak baik lho..

    Surya Adhi Kuncoro said...

    wow...ternyata mie zaman dulu itu barang mewah ya gan, baru tau ane, terima kasih gan buat infonya :)

    pia legong bali said...

    mie instant itu enaknya direbus pake cabe rawit ijo

    bos go blog said...

    gara - gara mie instant ginjal saya ssekarang tidak normal lagi

    Pagar Rumah Minimalis said...

    Jangan terlalu banyak makan mie bro, gak sehat.

    Kami menyediakan beberapa info tentang Pagar Rumah Minimalis || Desain Rumah Sederhana || Modern Interior Design || Rumah Minimalis Sederhana || Model Rumah Sederhana || Teras Rumah Minimalis . Jika anda berminat silahkan kunjungi web tersebut.

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger