Inilah Perasaan-Perasaan yang Dapat Menular Pada Orang Lain

Posted on
  • Sunday, August 17, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Beberapa hal seperti pilek, flu, tertawa dan bahkan menguap dapat dengan mudah menular kepada orang di sekitar kita. Tapi mungkin kita tidak tahu beberapa emosi dan perilaku dapat dengan mudah menyebar kepada orang lain. Berikut adalah beberapa hal mengejutkan yang mungkin tanpa kita sadari tapi dapat menyebar kepada orang di sekitar.


    Stres. Bicara tentang berbagi stress: dari sebuah penelitian dari Maret 2012 yang dirilis Neuroscience Sosial menemukan bahwa hanya melihat orang lain yang sedang cemas ternyata bisa menaikkan kortisol yaitu hormon stres. Hanya dengan mendengarkan seorang teman yang sedang stress memikirkan biaya anaknya yang ingin kuliah di fakultas kedokteran dapat membuat kita ikut kepikiran mengenai biaya sekolah anak kita nantinya.


    Cita-cita. Apakah cita-cita kita di masa dulu. Bisa jadi itu adalah karena terpengaruh dari orang lain. Seseorang yang melihat seorang pilot dengan seragam yang gagah dapat mempengaruhi orang lain untuk bercita-cita menjadi penerbang juga. Demikian juga seseorang yang ingin menjadi seorang pesepak bola hanya karena melihat tayangan bola di tv.


    Kesepian. Sebab kesepian membuat orang lebih negatif, mudah marah dan defensif. Orang yang kesepian lebih mungkin untuk memperlakukan orang lain dengan buruk; orang-orang kemudian melakukan hal yang sama kepada orang lain, dan siklus akan berulang terus


    Takut. Takut dapat menular dengan cepat dengan cara yang sama seperti stress. Ketika seseorang sedang takut terhadap sesuatu maka akan membuat seorang teman memikirkan hal itu dan menimbulkan efek takut juga. 


    Kebahagiaan. Ternyata bahkan tidak perlu memiliki kontak langsung dengan seseorang untuk bisa menularkan perasaan bahagia pada kita. Orang dapat menangkap kebahagiaan orang lain dengan menonton orang lain atau orang yang sedang bahagia. Emosi kita dapat dengan cepat ditularkan kepada orang lain, bahkan jika itu tidak disengaja. Dan mereka dapat membuat dampak besar. Misalnya, sikap ceria hanyadari satu karyawan dapat menyebar dan mengurangi konflik di tempat kerja. (ref: womansday/ill: cloudfront).

    13 comments:

    Marnes Kliker said...

    Ternyata perasaan-persaan yang telah disebutkan diatas bisa juga menular ya mas, kalo ketularan orang sukses saya mau mas, biar saya juga bisa sukses :D

    Cilembu thea said...

    jikaperasaan itu dapat menular dan jadi penyakit kronis tentu akan sangat berbahaya dan kasihan kepada mereka yang telah tak tulari itu.
    maafkan saya yeaa...

    Andriyatna said...

    saya mau kalo tertular kebahagian. ^_^

    Purnomo said...

    harapannya semoga kitasaling ketularan bahagia nya ya mas.... baik di dunia maupun akhirat... :)
    Amin

    Oyo Sukarya said...

    terkadang kita biar bisa ketularan harus dipaksakan jg ya Mas..

    Blogs Of Hariyanto said...

    kalau yang menular kebahagiaan ..saya sich oke oke saja...tapi kalau yang menular itu adalah stress...waduh benar-benar gawat tuch....
    keep happy blogging always...salam dari makassar :-)

    yanto cungkup said...

    banyak juga yah ternyata perasaan yg bisa menular.moga saya ketularan yg baik aja deh

    fitri anita said...

    iya setuju bgt, rasa bahagia dan stress kayaknya yang bs menular dengan cepat ya

    malini said...

    Ternyata perasaan bisa ditularkan. Jadi bagusnya kalau ingin positif dekati juga orang yang positif ya

    dicuekin said...

    kadang saya juga sering ketularan nih kalau temen saya stress, jadi nya saya juga ikutan streesss :D

    Beby Rischka said...

    Iya nih.. Ngga mau tebarin efek negatif lagi ah..

    Rianda Prayoga said...

    Iya, kadang terasa pusing sendiri kalau dengar orang curhat masalah kesusahan. Bahkan cuma baca status "ngeluh" di medsos bisa tertular juga

    Pantai Sawarna said...

    Coba travelling gan, bisa menurunkan tingkat kesetresan anda hehe

    Hai teman-teman pecinta traveling. Kami ada info tentang beberapa pantai bagus loh, silahkan kunjungi ya: Pantai Sawarna || Pantai Indrayanti || Pantai Klayar || Pantai Kuta || Pantai Anyer || Pantai Pangandaran || Pantai Ngobaran . Semoga bermanfaat.

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger