Fakta-Fakta Seputar Kuku

Posted on
  • Tuesday, August 5, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Kuku adalah bagian tubuh manusia yang terkadang terlupakan begitu saja, padahal sejatinya mempunyai fungsi yang penting. Pada manusia fungsi utama kuku adalah untuk melindungi ujung jari yangmerupakan bagian yang lunak dan penuh urat saraf, sementara pada binatang kuku berfungsi sebagai alat perlindungan diri serta untuk berburu mangsa. Selain itu, pada manusia kuku juga ternyata bisa digunakan untuk mendeteksi berbagai macam penyakit pada tubuh. (Baca: Memprediksi kesehatan melalui kuku). Berikut adalah fakta-faka seputar kuku:

    Pentingnya kutikula. Meskipun banyak manicurists akan menghapus kutikula pada kuku namun ternyata kutikula memainkan peran penting dalam melindungi dari infeksi. Terlalu banyak kutikula yang terbuka akan membuka pelindung dan memungkinkan bakteri masuk ke dalam tubuh yang dapat menyebabkan infeksi, rasa sakit, dan pembengkakan yang akhirnya bahkan merusak bentuk kuku.

    Kuku dan rambut terbuat dari material yang serupa. Kuku terbuat dari berbagai lapisan keratin keras, mirip dengan rambut. Jadi apa perbedaan antara rambut, kuku, dan kulit? Keratin pada kuku dan rambut mengandung lebih banyak sistein (asam amino) dari keratin lembut kulit; yang menyebabkan ikatan kuat antara sel-sel. Kuku juga memiliki kandungan rendah lemak dan air sementara kuku tidak.

    Kuku tumbuh lebih cepat pada tangan yang dominan. Jika anda seorang yang kidal maka kuku sebelah kiri akan lebih cepat tumbuh daripada kuku tangan kanan. Teori di balik ini adalah bahwa kuku yang lebih sering digunakan akan terkena unsur-unsur tumbuh lebih cepat.

    Kuku lebih cepat tumbuh di daerah hangat. Orang-orang yang tinggal di daerah tropis yang hangat seperti Indonesia cenderung memiliki kuku yang tumbuh lebih cepat. Mengapa hal ini terjadi? Rupanya karena matahari membantu tubuh menciptakan vitamin D sehingga kuku Anda bisa tumbuh cepat.

    Makanan mempengaruhi pertumbuhan kuku.  Kuku tumbuh rata-rata 2-3 milimeter per bulan, dan hanya membutuhkan waktu enam bulan untuk perubahan gaya hidup sehat Anda dapat berpengaruh pada kuku Anda. Makanan yang mengandung keratin penting untuk kesehatan kuku-dengan makan protein tanpa lemak, produk susu rendah lemak, dan makanan yang kaya vitamin C. (ref: womenshealthmag.com/ill: nailcocoon.com)

    25 comments:

    Dindin Rosidin said...

    Kenapa yah kuku yang ada dilengan sama yang ada dikaki lebih cepet tumbuh yang ditangan?..

    Hidup sehat said...

    nambah satu fakta lagi bahwa kuku bukanlah protein namun tulang

    Heri Assidiqi said...

    Wah ternyata Kuku dan rambut terbuat dari material yang serupa ya.. :)

    Anggun Nugroho said...

    Nambah ilmu disini, tidak terpikir ya sob, walaupun setiap saat kita melihat kuku kita, namun baru tahu materialnya serupa dengan rambut :-). Salam

    Seputar Dunia Ponsel dan HP said...

    kuku kaki yang biasanya sulit untuk merwatnya
    tidak seperti kuku tangan

    Obat Sakit said...

    apa memang benar ya makanan juga mempengaruhi

    cerita misteri said...

    baru tau ane ternyata Kuku dan rambut terbuat dari material yang sama..nice share gan

    Ione Nasition said...

    Baru tau, kuku tumbuh lebih cepat pada tangan yang dominan

    fitri anita said...

    nice info ....tfs

    Asep Haryono said...

    Konon kata orang mereka yang sudah berpulang atau meninggal itu tetap tumbuh kuku kukunya ya. Apa benar begitu ya. Terus, saya juga pernah liat tayangan di TV ada orang yang memelihara KUKU nya sedemikian panjaaanggg

    webctfatimah said...

    Assalaamu'alaikum wr.wb....

    Kuku jari tangan saya kelihatan tumbuh dengan cepat setelah saya memotongnya. Mungkin ini disebabkan saya suka minum produk susu rendah lemak. Berbeda dengan kuku jari kaki yang ternyata sangat lambat pertumbuhannya.

    Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak.
    SITI FATIMAH AHMAD

    El said...

    Baru tahu jika kuku di daerah tropis cepet tumbuhnya :D

    Maaf lahir batin kak joe

    Noval Bintang said...

    bener terbukti lewat kuku ane, fakta ke3 hehe

    Ainnul Yaqin said...

    wawww ternyata suhu juga mempengaruhi pertumbuhan kuku yah hmmm .. kerenn nihh infonyaaa sangat bermanfaat ^_^

    masroh offcl said...

    infonya menarik mas. aku ga suka gitu ngeliat kuku pada panjang2 kan kurang sehat.

    kiki said...

    baru tau nih faktor berpengaruhnya perpanjangan kuku, mksi sharenya ya mas :D

    Intan Sudibjo said...

    pantesan kalo sering garuk kepala malah cepet panjang kukunya hohooho

    Kisah Foto said...

    Wah jadi kuku dan rambut ini bahan bakunya sama ya gan, baru tahu saya :D

    George Pisan said...

    saya suka gambarnya mas... artikelnya bikin nambah pengetahuan

    Beby Rischka said...

    Iya juga.. Kuku kanan ku lebih cepet tumbuhnya.. :D

    mutia ohorella said...

    padat info ya...thanks banget! Btw saya suka tampilan blog nya. Sederhana tapi manis! :)

    Tips Cinta said...

    kuku harus dirawat dengan baik, kalau bisa dihias juga biar makin cantik ya mas, utamanya untuk cewek cewek ;)

    Yuliono Gundul said...

    jangan lupa merawat kuku ya, baru tahu saya dari artikel ini membahas kuku begitu detil dan baru tahu juga kalau Kuku tumbuh rata-rata 2-3 milimeter per bulan. nice info.gan.

    Rianda Prayoga said...

    Nambah lagi nih ilmunya.. Trnyata banyak ya fakta2 tntang kuku yg jarang diketahui.
    Makasih infonya

    pia legong bali said...

    baru tau nih faktor berpengaruhnya perpanjangan kuku, mksi sharenya ya mas

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger