Kisah Pertarungan Panjang Apple vs Samsung

Posted on
  • Thursday, May 8, 2014
  • by
  • Unknown
  • in
  • Labels:
  • Selama tiga tahun terakhir, Apple dan Samsung telah terlibat dalam pertarungan pada skala belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah bisnis, sebuah persaingan yang telah menelan lebih dari satu miliar dolar dan mencakup empat benua. Dimulai dengan proyek super-rahasia yang menciptakan iPhone dan kemarahan mendiang Steve Jobs ketika Samsung kemudian merilis perangkat mengejutkan serupa yaitu Samsung Galay S. Kemudian kedua produk itu saling bersaing untuk menjadi yang terbaik, sekaligus saling menuduh tentang pelanggaran hak paten. 

    Pada tanggal 4 Agustus 2010, genderang perang telah dicanangkan saat Samsung meluncurkan Galaxy S ke pasar smartphone. Apple yang baru saja meluncurkan iPhone serta merta menuduh itu adalah sebuah adalah pembajakan murni . Tampilan keseluruhan dari telepon, layar, ikon, bahkan kotak tampak sama seperti iPhone . Fitur seperti rubber-banding di mana gambar layar memantul sedikit ketika pengguna mencoba untuk menggulir melewati bagian bawah juga identik . Demikian juga fitur pinch to zoom yang memungkinkan pengguna untuk memanipulasi ukuran gambar dengan mencubit jempol dan telunjuk di layar. 

    Persaingan Apple vs Samsung semakin meruncing danberlanjut dengan keduanya terlibat saling serang melalui iklan komersil. Tidak hanya itu Apple dan Samsung juga terlibat di ranah hukum yaitu terkait masalah hak paten. Pertarungan saling tuduk tentang siapa yang menjiplak ini meluas secara global di lintas benua di Eropa, Asia, Amerika Utara, juga Australia. Di berbagai pengadilan kedua belah pihak silih berganti saling mengalahkan, sehingga keduanya juga bergantian harus membayar tuntutan ganti rugi. 

    Pada bulan Agustus 2011, Apple dan Samsung berselisih 19 kasus yang sedang berlangsung di sembilan negara dan pada bulan Oktober, sengketa hukum diperluas untuk sepuluh negara . Bulan Juli 2012, kedua perusahaan masih terlibat dalam lebih dari 50 tuntutan hukum di seluruh dunia yang melibatkan tuntutan miliaran dolar. Apple menang di Amerika Serikat, Samsung memenangkan putusan di Korea Selatan, Jepang dan Inggris. 

    Pada tanggal 4 Juni 2013, Samsung memenangkan larangan terbatas dari Komisi Perdagangan Internasional AS pada penjualan produk Apple tertentu setelah komisi menemukan Apple telah melanggar paten Samsung tapi keputusan ini diveto oleh Perwakilan Dagang AS. 

    Secara umum Apple menuduh Samsung telah dengan sengaja menjiplak desain iPhone dan iPad, melalui produk Galaxy dan Galaxy Tab dengan menunjukan perubahan desain produk Samsung sebelum dan sesudah kehadiran iPhone. Tak tinggal diam juga menyerang Apple dengan mengklaim Apple telah melanggar sejumlah paten miliknya terkait penggunaan teknologi di smartphone. 

    Namun sesungguhnya hubungan Apple vs Samsung adalah hubungan benci tapi rindu. Sebab di balik pertarungan berdarah-darah itu keduanya saling membutuhkan, Apple merupakan pelanggan terbesar Samsung, sebab beberapa hardware iPad dan iPhone, diproduksi oleh Samsung. Apple memesan panel LCD, flash memory, dan prosesor dari Samsung.(berbagai sumber)

    32 comments:

    IQROZEN said...

    Saya tetep hati di Samsung Gan....

    Unknown said...

    ada-ada pertarungan yang terjadi apple dan samsung, tapi saya lebih memilih samsung sob... :) lebih mudah aja samsung saya rasakan...

    #Blogwalking_Setia

    Gupitan said...

    Dua pabrikan ini memang tak henti hentinya berseteru :)

    Bimbel Anak said...

    kalau dari kuwalitas kamera saya lebih suka apple...karena lebih tajam

    Deanara16 said...

    sekarang yang bertarung bukan cuma orang ajha gan, smartphone juga bertarung yea

    Fitri3boys said...

    kalu disini kayaknya menang samsung deh

    Mohammad said...

    Saya lebih suka Samsung.. karena Apple kurang familiar bagu saya

    Beby said...

    Kalo aja Apple mau bikin smarphone yang terjangkau, pasti banyak yang beli.. Harganya selangit sih.

    Dwi Puspita said...

    saya mau dua2 nya kalo dikasih,,nggak bisa milih deh :(

    Ahmad Fathoni said...

    kalau saya sih dukung samsung karena kebetulan saya pake android, tapi semua emang rajanya smartphone di dunia.

    wi3nd said...

    nah samsung kreatif dong ya,daripd apple beli prangkat ama dia ya mending samsung desain sendiri toh dan terbukti laris manis di pasaran tuh..

    dimana mana samsung bredar..

    bahkan samsung sudah mrebut bbm juga dengan androidnya,pangsa pasar bb jatuh seketika *jleb..

    Mas Marnes said...

    saya mah pilih samsung aja mas, soalnya harganya cukup variatif dari yang harga terjangkau ampe yang mahal tersedia sementara untuk apple sepertinya masih mahal-mahal semua produknya hehehe....

    Ceritaeka said...

    Hmmm, menarik. Anyway aku pake 2-2nya :D Baik apple maupun samsung. hehehe

    Unknown said...

    Trus yang menang siapa nih Mas Joe :D

    Unknown said...

    setau saya sih apple produk smartphone nya mahal-mahal wkwkwk, gak kaya samsung, yang under 1 juta aja banyak :D

    Unknown said...

    hehe. posting keren pakai banget, yang mencermati pertarungan kedua gadget kondang... dan sampai sekarang pertarungan itu juga belum juga selesai ya..... karena menurutku keduanya mempertaruhkan sisa laba untuk membianyayai pertarungan ini sekalian promosi. hehe

    Unknown said...

    wah ada yang tempur nih..haha

    fr said...

    Tks artikelnya mas,.
    memang seru untuk menyaksikan antara apple Vs Samsung..
    2 pabrikan gadget terkenal dunia

    Anggieshermant said...

    Mereka memang sama sama bagus produk nya dan lebih baik nya jangan saling menduduh karena kita semua selalu akan membutuhkan satu sama lain.

    Unknown said...

    Ternyata mereka bertarung juga.... Samsung lebih murah. Hehe

    Ən Yeni Mahnı Sözləri 2 said...

    saya ngga milih keduanya, soalnya saya punya gadget dambaan hati...

    Dicuekin said...

    luar biasa ya sama-sama perusahaan raksasa ingin menguasai pasar ya mas ;)

    Juragan Cipir said...

    persaingan bisnis ya mas :) saya suka samsung krn soundnya stereo :D tapi saya juga suka apple krn harganya murah, hehehe :D

    Anonymous said...

    woh...
    ternyata walo saling membenci tapi juga saling membutuhkan satu sama lain toh :D

    good share gan :D

    duniaely said...

    Nggak ada yg mau ngalah ya?

    Nunu said...

    Kalau urusan dengan duit enggak ada matinya. Eh hak cipta apa hub dengan duit yak.. Wkwkkw... Bagaimanapun mereka saling klaim agar dianggap satu2nha. Padahal tak ada satu2nya kecuali Tuhan

    Unknown said...

    tapi keduanya mang bener-bener hebat apple dan samsung..

    dear anies said...

    dua2 hebat dua2 terulung...tp kalau berpanjangan perkelahiannya, tiada siapa yang untung sebenarnya

    Indra Kusuma Sejati said...

    Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan ya Sob, tapi sampai hari ini saya belum pernah nyoba produk samsung , jadi tidak tahu kulitasnya.

    Salam

    Rizka said...

    eh tapi samsung dan apple sudah mulai berkurang loh saingannya (N*kia maksudnya)
    Jadilah sekarang ini gadget sejuta umat apple dan samsung
    Aku sih senang saja dg persaingan Apple dan Samsung karena persaingannya membuat mereka makin kreatif berinovasi sehingga produknya makin keren

    mutia ohorella said...

    Wahhh!! baru ngerti tuh ! Tapi keduanya jadi pilihan keluarga kami :)

    Ririn said...

    perusahaan teknologi besar, memang selalu bersaing ya mas untuk produknya agar laku dipasaran ;)

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger