Fakta-Fakta Seputar Kumis

Posted on
  • Wednesday, May 14, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:

  • Kumis bagi sebagian pria adalah suatu anugerah yang merepotkan, karena setiap hari membuat repot karena harus bercukur. Namun bagi sebagian pria yang lain, kumis adalah suatu kebanggaan yang tidak dipunyai oleh orang lain. Beberapa orang seperti Opie Kumis, Pak Raden, adalah orang yang jika disebutkan namanya maka akan mengingatkan kita pada kumisnya. Berikut adalah fakta-fakta seputar kumis:

    Rambut dengan pertumbuhan paling cepat. Apakah Anda tahu bahwa rambut tumbuh lebih cepat selama musim semi dan musim panas daripada pada musim gugur dan musim dingin? Memang benar, dan hal yang sama berlaku untuk rambut yang tumbuh di atas bibir seorang pria! Kumis sebenarnya tumbuh lebih cepat daripada rambut lainnya pada tubuh manusia. Tidak perduli dari suku bangsa manapun juga, kumis akan membuat seorang pria repot, apabila dia rajin mencukurnya.

    Kumis terpanjang. Seorang pria India berumur 58 tahun bernama Ram Singh Chauhan memecahkan rekor dunia untuk kumis terpanjang dalam sejarah pada tahun 2013. Kumis kebanggaannya berukuran 14 meter panjangnya. Bagaimana dia bisa melakukannya? Menurut Chauhan dia telah merawat kumisnya seperti bayi. Selain itu menurutnya,  kumis adalah simbol kebanggaan dan penghormatan. Di India kuno, kumis berarti segalanya.

    Wanita berkumis. Meskipun kumis umumnya selalu terdapat pada pria, namun ada sebagian kecil wanita yang karena pengaruh hormon memiliki kumis. Pelukis terkenal dan seniman Meksiko Frida Kahlo, yang meninggal pada tahun 1954, juga dikenal sebagai wanita berkumis. Sementara di Indonesia ada penyanyi dangdut Iis Dahlia yang juga berkumis, sedangkan baru-baru ini Conchita Wurst , wanita berkumis dari Austria yang memengi konter menyanyi di Denmark. 

    Tahapan pertumbuhan kumis. Umumnya kumis mulai tumbuh ketika anak lelaki memasuki usia pubertas. Penampilan pertama dari rambut di wajah. Proses ini umumnya berjalan sebagai berikut, pada umur 11-15 tahun rambut-rambut halus mula-mula tumbuh di sudut bibir atas. Pada usia 16-17 tahun mulai menyebar ke atas bibir. Umur 16-18 tahun rambut terlihat tumbuh di pipi bagian atas dan bawah bibir. Dan pada imur 17-21 tahun diikuti dengan pertumbuhan jenggot.

    Kontes kumis. Setiap tahun selalu diadakan kejuaran bagi pria-pria yang berkumis. Dalam kejuaraan adu kumis itu dibedakan menjadi enam kategori yaitu: natural yakni untuk kumis yang tumbuh tanpa alat bantu. Gaya Hungaria yaitu untuk kumis besar dan lebat. Gaya imperial untuk kumis yang tumbuh dan dari bibir atas dan pipi dan melengkung ke atas. Gaya Dali yang dinamakan karena artis Salvador Dalim yaitu kumis ditata menjadi panjang lalu meruncing. Gaya English yaitu sempit dan ditarik ke samping. Dan gaya Freestyle yaitu yang tidak sesuai dengan kategori lain.

    Transplantasi kumis. Beberapa orang di Timur Tengah dengan sengaja menjalani transplantasi kumis, atau prosedur yang disebut ekstraksi follicular, dalam rangka untuk memiliki kumis yang lebih lebat dan penuh.

    Kumis sikat gigi. Adolf Hitler selalu diidentikkan dengan gaya kumis yang disebut sebagai gaya sikat gigi. Meski identik dengan hal-hal buruk karena keterlibatannya dengan Nazi namun gaya kumis sikat gigi juga dianut oleh beberapa orang, di antaranya Charlie Chaplin, Michael Jordan, Oliver Hardy dan George Orwell. (ref: gizmopod/ill: csmonitor).

    26 comments:

    kampungjasa Incku said...

    ternyata ada juga ya kumis terpanjang kirain tidak ada hehe makasih mas sharing nya ya :D

    IQROZEN said...

    Saya berkumis awalnya, tapi terkadang istri risih dengan kumis yang lebat... So kudu gundul terus neh bulu kumisnya... Terima kasih infonya... Salam dari pulau Dollar

    Ahmad Fathoni said...

    bisa bayangin kumis 14 m, apa tidak susah ngurusnya

    Beby Rischka said...

    Hihihi... Geli lia kumis :p

    Elsawati Dewi said...

    wanita yang berkumis tipis juga sedikit manis keliatannya, misalnya iis dahlia hehehe

    yanto cungkup said...

    kalau ada wanita berkumis bisa jadi gimana..... gitu yamas.hehehe

    HAM DAN said...

    mas yanto wanita berkumis ada koq hehehe :D juri academy tu ada heheheh

    Nandar said...

    Kalau aku lebih suka tidak berkumis..

    Ray Suja said...

    aku masih unyu jadi belum bisa kumisan

    El said...

    Dengan kumis sepanjang itu gimana jalannya yaa

    HBR-Online.Com said...

    baru tau yang kumis sikat gigi.

    Mers-CoV said...

    Kalo wanita yang berkumis biasanya tipis-tipis bang, udah gitu cantik kan kaya Iis Dahlia... Kaya saya juga mungkin...

    duniaely said...

    Geli :)

    Kang Jum said...

    Baru tahu Kang tentang Kumis

    Munawir Alfikri said...

    saya gak pengen punya kumis mas..
    gimana cara nya agar pertumbuhan kumis biar gak cepet panjang mas..??

    Yono Karyono said...

    waw saya suka kumisnya Iis Dahlia, bikin terbayang bayang

    Djangkaru Bumi said...

    tapi aku malu dengan kumis, karena tampak lebih tua dari umur sebenarnya :)

    doli nafati tela said...

    mas saya udah punya kumis gimana dong:(

    Achmed Islamic Hernawan said...

    huuaaa, berasa tua nih punya kumis...
    :D

    Dihas Enrico said...

    memelihara kumis panjang adalah trik untuk menyembunyikan bulu hidung yang offside...
    wakakaaa.....

    Anggi Herman said...

    wah luar biasa kumis terpanjang nya .

    maryam ishmatullah said...

    waw.. kumisnya 14 meter..
    keren, nice article, sob

    BTW, salam kenal dan followed :)

    Arman Zegaisme said...

    wah baru tau nih ada fakta kayak gini. kumis gua juga cepet bgt tumbuhnya. selalu gua cukur. hehe.

    belajar bahasa inggris tanpa grammar said...

    Wahaha, baru tahu nie Mas saya kalau kumisnya cari caplin ternyata model kumis sikat gigi. Kumis ternyata memang jenis rambut yang pertumbuhannya paling cepat, makanya saya sendiri sampai bingung, belum ada 3 hari sudah harus cukur kumis :)

    resep kuliner said...

    kalo saya suka dengan peria yang berkumis tipis :)

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    wah saya malah kurang begitu suka sama orang berkumis dan berjenggot hehehee :D

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger