Prediksi di Masa Lalu yang Tak Terbukti

Posted on
  • Thursday, March 20, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:

  • Prediksi mengenai masa depan kadang sering kali dalam bentuk yang tidak masuk akal daripada yang kita pikirkan. Barangkali kita pernah melihat di dalam adegan film futuristic, di mana pada suatu masa di masa depan adnya makanan dalam bentuk pil, mobil terbang, jet pribadi dan kepala pelayan robot. Kemudian para pemikir juga meramalkan akan seperti apa kehidupan manusia di masa depan itu, ternyata semua prediksi itu sepenuhnya salah. Ini adalah prediksi-prediksi tentang masa depan, yang berasal dari masa lalu yang terbukti gagal:

    1.       Hilangnya huruf C, X dan Q (1900). Dalam sebuah artikel yang dimuat di Ladies 'Home Journal pada tahun 1900 diramalkan bahwa pada tahun 2000 huruf-huruf tertentu dalam jajaran alphabetikakan hilang. Dan aksara tak beruntung yang diramalkan bakal punah itu adalah C, X dan Q. Alasannya adalah karena aksara itu tidak memiliki ejaan. Terbukti ramalan itu salah karena 3 huruf itu hingga kini masih bertengger di keyboard kita.

    2.       Sepeda terbang (1909). Pada tahun 1909 Jules Bois meramalkan bahwa di masa depan aka nada semacam sepeda terbang yang akan memungkinkan semua orang untuk melintasi udara dan akan jauh di atas bumi. Dengan adanya sepeda terbang hampir tidak ada orang yang akan menetap di kota-kota di malam hari. Orang-orang dari berbagai lapisan ekonomi akan berada di negara-negara lain atau di taman-taman kota-kota pada jarak yang cukup jauh dari tempat tinggalnya.

    3.       Semua barang dilapisi plastik dan makanan berbentuk beku (1950). Waldemar Kaempffert seorang  editor dari The New York Times menggambarkan sebuah masa depan di mana semua barang terbuat dari material sekali pakai atau didaur ulang. Menurutnya di masa depan semua furniture, karpet , gorden, lantai terbuat dari kain sintetis atau plastik tahan air.  Dia juga meramalkan bahwa semua makanan akan muncul dalam bentuk beku dan siap saji. Memang masih ada sate ayam atau panggang kaki dari domba, tetapi para ahli telah mengembangkan cara untuk membekukan sebagian potongan daging panggang. Bahkan sup dan susu juga akan hadir dalam bentuk beku.

    4.       Televisi 3D yang memancarkan aroma (1950). Pada tahun 2000 diramalkan bahwa televisi akan hadir dalam bentuk tiga dimensi, di mana perangkat tv akan memproyeksikan gambar pada dinding ruang tamu yang begitu realistis mereka akan tampak hidup, seolah kita berada di dalamnya. Selain itu tv akan memancarkan aroma sesuai dengan gambar yang ditayangkan. Sehingga ruangan akan otomatis terisi dengan aroma taman bunga yang ditampilkan pada layar.

    5.       Perjalanan ruang angkasa untuk semua (1952). Dalam sebuah artikel tahun 1952 dari Kentucky New Era, para ilmuwan mempredeksi bahwa pada tahun 2000 adalah era berakhirnya sebagian besar penyakit sehingga bumi akan kelebihan penduduk , pada tahun 2000. Karena itulah kemudian manusia mulai melakukan perjalanan ke luar angkasa untuk mencari planet yang bisa ditinggali. Perpindahan penduduk akan terjadi dalam jumlah besar, dari planet bumi ke planet lain yang masih belum padat penduduknya, sekaligus mencari sumber daya alam baru.

    6.       Membangun koloni di bulan (1982). Pada tahun 1982, The New York Times membuat survey yang futuristic untuk mencari tahu apa yang akan terjadi dalam 20 tahun ke depan. Prediksi yang konservatif adalah adanya mobil listrik dan keluarga yang lebih kecil yaitu: satu anak atau tidak sama sekali. Futurist dari Independen, Barbara Hubbard memiliki pandangan yang lebih radikal untuk tahun 2002: dalam 20 tahun, ada kemungkinan sebuah peradaban di bulan.  (ref: Mashable)

    48 comments:

    Anthonie E. Pratama said...

    kalau ramalan saya sih nggak pernah percaya mas tapi menarik juga sih banyak hal yang memang tak pernah terbukti hehe...

    Mohammad Robih said...

    Ramalan buat hiburan aja. Jangan dibikin serius

    Nucky P.rayanta Natalius said...

    saya sih ramalan buat dijadikan pegangan saja kalau percaya sih enggak :D betul apa yang dikatakan mas anthonie :D

    Bang Dayat said...

    Ramalan kiamat ngak ada yang terbukti dan sebagai muslim wajib tidak mempercayainya. Namun kalau urusan teknologi bisa jadi gan, itu sebagai prediksi perkembangan teknologi. Heee makasih nih artikelnya.

    Beranda Kata said...

    sebenarnya artikel ini lebih ke prediksi teknologi dan bukannya ramalan

    Ione Nasition said...

    nomor 4 masih bisa terbukti untuk tahun2 akan datang soalnya TV udah ada 3D cuma belum memancarkan aroma sesuai dengan gambar yang ditayangkan

    Mawan Cradlez said...

    saya sendiri tidak tahu apa ramalah ini sebelumnya, nyimaka aja deh mas :D

    den said...

    Idem juga, nyimak mas beranda..:)

    Febri Gamesoft - www.mas-feb.com said...

    Kurang begitu tahu malah saya...izin nyimak juga

    Haris Luqman Hakim said...

    salah sendiri pada percaya dengan ramalan. kalau saya dari dulu gak percaya yang kek gituan.
    masa depan kan jadi misteri, masa mau mendahului takdir.

    Elfrida Chania said...

    Namanya juga ramalan, ya belum tentu benar :)

    fitri anita said...

    wah wah wah, sup sama susu dibekuin..ribet dunk mencairkannya ya

    Elsawati Dewi said...

    sepeda terbang? kesannya terlalu muluk-muluk apalagi membangun koloni di bulan.

    Mas Onqi said...

    Ya namanya saja ramalan, kadang terbukti kadang tidak
    tapi kalau kita diramal pasti kepikiran...apalagi yang jelek2
    hehehe

    Richoku said...

    Ekspektasinya terlalu tinggi, mungkin karena berupa ramalan yah. kalau saja terbukti, wih sangar :D

    Pri Enamsatutujuh said...

    bukan tdk mungkin sih itu semua terjadi... kl memprediksi kan sdh ada "itung-itungannya"

    jenx indah said...

    Untuk membuktikan ramalan yang seperti ini perlu orng yang canggih ya sob mungkin orangnya belum dilahirkan

    PRofijo said...

    Namanya juga ramalan manusia. Segala yang terjadi di luar kuasa mereka.

    Bayu Tirta said...

    saya gk pernah percaya ramalan mas, tapi kalo orang lagi ngeramal saya dengerin mas :D, tapi saya lebih suka ngelamar cewe mas :D

    Muya Devoteeshonesty said...

    Banyak juga ya ramalan-ramaln masa lampau yang ternyata salah/gagal...
    Hmmm jadi lebih baik nggak pakai ramal"n dech..
    Jalani ada hidup seperti apa adanya..
    Yang tau segalanya hanya allah yang esa

    Indra Kusuma Sejati said...

    Kalau di runut jadi sebuah prediksi yang mudah di analisa ya Sob, sebab ini dari pengembangan teknologi. Tapi kalau saya sih demennya nyimak orang-orang yang canggih gini. :D

    Salam

    Sains Box said...

    Namanya juga ramalan, soal terbukti atau tidaknya itu hanya kehendak-Nya.

    Penghuni 60 said...

    Kalo ramalan yg gagal itu sih gak terlalu menarik sob dan sudah wajarlah, justru kalo ada ramalan masa lalu yg terbukti kebenarannya nah itu baru sangat amazing utk peramalnya.

    Em Albar said...

    wah aneh aneh aja ya, mana mungkin, tapi bisa saja. hahhaa

    SmuaInfo said...

    ramalan hanya tinggal ramaln saja hehehe

    Yoni Risqilana said...

    hihihi .. nanti kl huruf c sama x nya hilang jadi ribet ya mas..
    untung cuma ramalan :D

    Prisma Try Laksana said...

    Menarik sekali ramalannya :D

    irpan sah said...

    ramalan kan cuma sekedar prediksi.. kalau meleset ya ga masalah.. kalau bener ya cuma kebetulan saja.. ;)

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    nama nya juga prediksi ya mas. kadang ada yang terbukti, dan ada juga yang tidak terbukti

    Khai♥Rin : anies said...

    ramalan manusia adalah terhad tetapi ramalan Allah tiada siapa yang tahu

    mahfud ti-c said...

    haha,,,
    semua ramalan itu tidak terlepas dari rekayasa imajinatif manusia mas,,,,,

    Purnomo Jr said...

    Kalo kebukti biasanya hanya kebeneranan :)

    Beby Rischka said...

    Kayaknya menarik juga kalo nyari planet lain buat ditinggalin selain Bumi.. Asal gitu uda dapet ngga dirusak juga. Hahah..

    Yahya Doank said...

    Aku jarang percaya sama ramalan ramalan sob.. hehe

    Kirana Wulandari said...

    Mungkin tidak semua Ramalan benar2 terjadi tapi banyak juga yang terbukti seperti ramalan jayabaya misalnya.. :)

    ferdon naibaho said...

    berarti semuanya hanya mitos iya mas :)

    Index Apk said...

    ane nyimak saja mas, sambil blogwalking malem sebelum tidur

    Muhammad Affip said...

    orang yang merasa diri pinter memang suka sotoy, tapi begitulah...

    Toko Enggal Santoso said...

    ramalan hanya prediksi, belum tentu ramalan itu benar...

    anazkia said...

    Jadi inget isu kiamat, ada beberapa orang yang mempercayainya, terus pada menimbun makanan, hidupnya mengisolasi diri trus siapin air juga bergalon2. Wuihhhhh

    Mila Said said...

    no 3 & 4 udah nyaris bener, cuman kecepetan aja waktu nya diramalan :D

    Herdoni Wahyono said...

    Walau belum terbukti atau tidak terbukti ramalan itu namun ide, gagasan, prediksi ataupun angan-angan mereka patut dihargai dan acungi jempol. Ide atau gagasan atau prediksi yang tidak masuk akal ataupun dikatakan 'gila' bisa jadi dalam beberapa ratus tahun kemudian menjadi terbukti. Ilmu pengetahuan terus berkembang dinamis semakin maju dan 'sempurna'. Salam cemerlang!

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    sebuah prediksi, bisa benar,bisa juga salah ya mas. yang bisa menentukan hanya yang diatas ;)

    irvan robiansyah said...

    allhualam gan, mungkin emang udah diniatkan dari sebelumnya buat menciptakan sesuatu dimasa depan :)

    Cara Mengobati Kanker Otak said...

    Wuaaa begitu yah gan ??? Thanks ya udah mau berbagi info menariknya :D

    Kisah Foto said...

    Ramalan memang tak selalu benar :)

    oyo sukarya said...

    betul sob, ramalan kadang bisa terbukti dan kadang tdk, kalau sy jg waktu kecil dengar ada ramalan bensin berbentuk kristal sekarang belum terbukti, bahkan nanti katanya ada ramalan bahwa kencing justru di bayar, karena air kencing bisa dijadikan alternatif bahan bakar

    paket internet telkomsel said...

    Ramalan kiamat 2012 juga telah meleset..

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger