Manfaat Lain dari Mentimun yang Jarang Diketahui

Posted on
  • Monday, March 24, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Mentimun adalah tanaman yang mudah dan murah kita dapatkan. Apalagi tanaman ini mudah dibudidayakan dan cepat sekali berbuah. Fungsi utama mentimun adalah sebagai campuran bahan makanan atau minuman dan lalapan. Namun demikian ada banyak fungsi lain mentimun yang jarang diketahui:  

    Sebagai penghapus. Bila Anda salah menulis menggunakan pulpen dan bingung cara menghapusnya, Anda tinggal ambil mentimun dan gunakan secara perlahan untuk menghapusnya. Mentimun juga bisa digunakan untuk menghapus coret-coretan krayon atau kapur di tembok jika ada anak-anak anak-anak anda suka menggambar di dinding rumah.  

    Mengurangi stress. Jika anda sedang stress dan tidak punya waktu untuk pijat atau relaksasi di spa, tinggal potong-potong mentimun dan rendam dalam wadah berisi air. Bahan kimia dan nutrisi yang terkandung dalam mentimun akan bereasi dengan air dan melepaskan uap dan aroma relaksasi yang akan berguna untuk mereduksi stress. 

    Menyemir sepatu. Ingin tampil dengan sepatu mengkilat tapi tidak membawa semir, hanya oleskan potongan mentimun pada sepatu,maka secara ajaib sepatu anda akan tampak bersih, mengkilat dan anti air. 

    Menyegarkan nafas. Sehabis makan siang dan menyadari bahwa Anda tidak memiliki permen untuk penyegar nafas? Ambil seiris mentimun dan tekan ke langit-langit mulut Anda dengan lidah Anda selama 30 detik untuk menghilangkan bau mulut. Kandungan fotokimia akan membunuh bakteri di mulut yang menyebabkan bau mulut. 

    Obat mabuk. Ingin menghindari mabuk atau sakit kepala yang mengerikan? Makanlah beberapa iris mentimun sebelum tidur maka ketika bangun anda akan segar dan bebas sakit kepala. Mentimun mengandung cukup gula, vitamin B dan elektrolit untuk menambah nutrisi penting tubuh yang hilang, menghindari mabuk dan sakit kepala! 

    Memulihkan energi. Merasa lelah di sore hari? Singkirkan soda berkafein dan ambillah mentimun. Mentimun merupakan sumber vitamin B dan karbohidrat yang baik yang dapat memulihkan energy dengan cepat dan dapat berlangsung selama berjam-jam. 

    Membersihkan kaca. Tak ingin cermin di kamar mandi anda terlihat berkabut setelah mandi? Cobalah menggosok sepotong mentimun pada cermin, mentimun akan menghilangkan kabut dan memberikan aroma menenangkan layaknya spa. 

    Mengusir hama. Apakah ulat dan siput merusak tanaman yang anda taruh di dalam rumah? Tempatkan beberapa iris mentimun dalam wadah keleng kecil dan tanaman akan bebas dari hama sepanjang musim. Bahan kimia dalam mentimun akan bereaksi dengan aluminium untuk mengeluarkan aroma yang tidak terdeteksi untuk manusia tetapi mengusir hama dan membuat mereka lari dari tempat tersebut. (ref: learni.st/ill: buyfruit)

    50 comments:

    Munawir Alfikri said...

    Wahh ternyata timun juga bisa membersihkan sptu ya mas

    Muroi El-Barezy said...

    wah saya baru tahu mentimun bisa buat semir sepatu yah hehe...makasih infonya

    Info Kesehatan said...

    Wah ternyata timun banyak manfaatnya yah..., saya baru tau. meskipun gitu saya suka banget makan timun. hehehe

    Marnes Kliker said...

    wah ternyata mentimum bisa buat nyemir sepatu juga ya mas, baru tahu saya hehehe...

    Pri Enamsatutujuh said...

    Poin nomer satu wajib dicoba!

    tq.

    Elsawati Dewi said...

    selain itu juga bisa mengatasi mata sembab kalo malemnya habis nangis :D

    Aldi Rahman Untoro said...

    keren infonya, sangat bermanfaat, kalau saya mentimun biasanya buat mata, supaya lebih fresh :)

    fitri anita said...

    wah jadi banyak tahu, selama ini tahunya ketimun cuma buat obat darah tinggi aja, tfs ya

    coating thickness said...

    bagus banget ya manfaat dari mentimun hebattt

    perlengkapan bayi said...

    terima kasih atas info mentimunnya jadi jarang tahu nih hehehehe

    irpan sah said...

    ternyata banyak juga ya gan manfaat dari mentimun.. kirain cuma buat lalapan saja.. hhe

    Budi Smart said...

    wah ternyata mentimun bisa dipakai untuk menghapus tulisan juga ya. baru tau nih.
    terima kasih informasinya..

    Mas Onqi said...

    yang saya tahu mentimun itu bisa menurunkan darah tinggi atau menurunkan gitu
    lupa
    hehehe

    SmuaInfo said...

    buat nyemir sepatu...??? masa ia sih, ntar saya mau coba sob, banyak juga ya dan kebanyakan memang saya baru tau :D

    Indra Kusuma Sejati said...

    Besok di coba ah, buat semir sepatu pakai mentimun..... :D


    Salam

    Saud Karrysta said...

    Ternyata mentimun banyak gunanya yah Mas Joe
    saya gak tau sebelumnya, tapi berkat artikel ini
    jadi paham. terima kasih Mas. salam sukses yah Mas Joe :)

    Fatih Ks said...

    haha
    ternyata bisa buat nyemir sepatu jg sob :D
    -keep sharing-

    alfianCMX said...

    mantap sob ternyata mentimun manfaatnya banyak sekali :)

    Khoirul Khafidin said...

    kirain cuma buat lalapan sama ngilngin jerawat sja, ternyata lebih dari itu..

    Beby Rischka said...

    Banyak banget manfaatnya ya, Bang.. Aku cuma tau buat nurunin tekanan darah tinggi sama ngilangin mata panda aja :D

    Indri Lidiawati said...

    baru tahu saya kalau timun bisa dipakai menyemir sepatu biar mengkilat, hehehe :D

    jenx indah said...

    ternyata banyak khasiat yang saya tidak tau nih mas..hehe makasih ya infonya dicobain yang pereda stress

    Yahya Doank said...

    Wah ternyata banyak juga ya manfaatnya mentimun..

    puteriamirillis said...

    Wah bisa untuk mengobati sakitkepala ? Sayang lg g punya mentimun, lain kali sedia.

    Hafiza AizZawa said...

    banyak khasiat timun yer.. selalu timun diletakkan pada mata untuk hilangkan eye bag..

    iGaligo said...

    Baru tau kalau mentimun bisa dijadikan penghapus :)

    Hendra said...

    baru tau ane kalo khasiatnya banyak, kirain cuma penunda lapar. wkwkwkw..

    Kisah Foto said...

    Wah ternyata banyak juga ya manfaat timun :D

    Wisata Murah said...

    hehe, bisa dipakai penghapus dan semir sepatu ya. coba mau iseng sepatu pakai timun ah

    Cilembu thea said...

    jadi inget jaman muda saat jaman masih gelap gulita...kalau lagi mabuk suka disodorin mentimun....tapi tetep azh mabuk tuh...;o)

    Ahmad Fathoni said...

    banyak juga ya kegunaan dari mentimun

    Mizz Aiza (Dunia Kecil) said...

    banyak sekali manfaat timun.. salah satu manfaatnya yang saya tahu adalah kita bboleh bikin sendiri masker wajah yang daripada mentimun ini..

    binkbenk said...

    saya gak berani makan mentimun berlebihan,, punya darah rendah

    Udhy said...

    ternyata mentimun bisa sebagai penghapus, sungguh luar biasa sekali manfaatnya yang banyak ini

    Ibrahim Lubis said...

    Kabarnya mentimun dapat membuat wajah cerah ya mas, saya juga ada membaca mengenai keterangan itu.

    Devy Indriyani said...

    wah...pantesan aja si kelinci suka dengan mentimun, banyak manfaatnya sich,hehe
    banyak yang bilang buat darah rendah mas, betul gak..?

    ilham efendi said...

    penunda rasa lapar juga nih gan haha

    ysalma.com said...

    Ternyata timun bisa buat penghapus dan pembersih kaca juga, asyik.

    Aldino Sya said...

    jadinya tau nih..keahlian mentimun..biasanya tggl embat aj..:)

    Heri Assidiqi said...

    Wah bisa buat nyemir juga ya... bisa hemat nih kebetulan di tempat saya banyak timun :)

    Anthonie E. Pratama said...

    wah mantap bener nih manfaat dari mentimun, makasih mas lumayan nih menambah wawasan lagi :)

    ferdon naibaho said...

    manfaatnya luar biasa mas, untuk kesehatan sampai untuk tanaman juga bisa
    mantap banget mas, thanks informasinya :)

    Ione Nasition said...

    kandungan airnya yang banyak mungkin ya sampai bisa menyemir sepatu, kaca, dan dijadikan penghapus ^^

    Muhammad Affip said...

    timun bisa untuk obat mabuk? baru tahu

    handri setiawan said...

    saya dulu paling benci mas sama mentimun,tapi sekang paling suka hampit tiap hari makan mentimun

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    mentimun memang bagus banget ya mas untuk kesehatan tubuh kita. jadi cocok untuk dsantap setiap hari :)

    Anthonie E. Pratama said...

    saya biasa makan mentimun tapi nggak tahu khasiatnya, sekarang dengan membaca artikel ini jadi tahu manfaatnya, makasih mas :)

    kaduthokcay said...

    heee baru tahu saya gan ternyata mentimun banyak manfaat nya juga dan saya ga menyadari nya padahal itu makanan sehari2 ,makasih gan atas info nya bermanfaat buat saya,thanks salam kenal,,folback ya gan

    Seputar Bola Terkini said...

    ternyatan mentimun itu banyak manfaaatnya ya juragan
    enggak pernah tahu itu ,soalnya cuma tau makan aja gan

    hehehe

    togelmarket.me said...

    makasih gan infonya dan salam sukses

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger