Hal-Hal yang Harus Diketahui Seputar Jam Tangan

Posted on
  • Thursday, March 13, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Saat ini, karena perkembangan jaman, fungsi jam tangan sebagai penunjuk waktu mungkin sudah banyak digantikan oleh gadget lain seperti laptop atau ponsel. Tapi fungsi jam tangan sebagai sebuah aksesoris belum tergantikan, tak heran hingga kini penjualan jam tangan tak terpengaruh karena kemunculan ponsel. Jika anda ingin membeli sebuah jam tangan mahal, cobalah perhatikan hal-hal berikut ini:

    Chronometer. Tidak semua jam tangan berhak membubuhkan tulisan chronometer, sebab hanya jam tangan yang telah melewati tes akurasi dan telah diverifikasi oleh sebuah lembaga resmi di Swiss. Jam dites oleh COSC (Controle Officiel Suisse des Chronometeres) melewati ujian selama berhari-hari, dan dengan posisi dan temperatur yang berbeda dan menggunakan kamera serta komputer. Chronometer sangat erat sekali kaitannya dengan tingkat akurasi suatu jam. Ada tiga merk jam tangan ternama yang menempati peringkat utama pemilik label chronometer yaitu Rolex, Tag Heuer, dan Omega.  

    ATM. Jam tangan kedap air (water resistant) memiliki satuan ATM (atmospheres) di mana 1 ATM = 10 meter. Ketahanan yang paling rendah adalah yang bertuliskan 30 meter (3 ATM) berarti jam ini bisa digunakan pada saat hujan tak terlalu deras tapi tidak bisa digunakan saat mandi atau berenang.  Sementara ketahanan terhadap air tertinggi yaitu water resistant 500 meter (50 ATM) di mana jam ini betah diajak berenang sampai kedalaman 500 meter, hingga 2 jam.  

    Scratch Resistant. Agar jam tidak mudah tergores jam tangan akan dilengkapi dengan scratch resistent. Saat ini ada 3 jenis kristal scratch resistent yang biasa ditemukan pada jam tangan yaitu acrylic, mineral, dan sapphire. Acrylic crystal adalah yang paling murah, terbuat dari material plastik sehingga  rawan goresan. Sedang mineral crystal terbuat dari kaca dan lebih keras tujuh kali dari acrylic crystal. Yang paling bagus adalah sapphire crystal dan biasa kita temukan pada jam tangan mewah. 

    Swiss Watch. Negara Swiss adalah produsen jam terbaik dan di sana terdapat beberapa organisasi dan institusi resmi yang diakui sebagai standar jam tangan dunia. Jika Anda menemukan label pada jam yang bertuliskan ‘Swiss Made’, ‘Produit Suisse’ atau ‘Fabrique en Suisse’, maka seluruh jam tersebut memang dibuat di Swiss. Sedangkan ‘Swiss Movement’ hanya mesinnya saja yang dibuat di Swiss. Sementara untuk‘Swiss Case’ artinya hanya kasingnya saja yang buatan Swiss. 

    Tourbillon. Yaitu suatu inovasi dalam dunia horologi, yang bertujuan untuk mempetahankan tingkat akurasi jam dari pengaruh gaya gravitasi bumi. Alasan produsen jam menggunakan Tourbillon selain untuk keakuratan juga keunggulan tehnologi suatu jam tangan, termasuk watchmaker serta mempunyai nilai prestige.  (berbagai sumber/ill: wordpress)

    42 comments:

    Ione Nasition said...

    baru tau ada jam tangan dengan merk Tag Heuer...pantas saja mahal ya, wong fiturnya bagus banget dan ketepatan jamnya terpercaya lagi

    dea aulia said...

    Ngga kuat pakai rolex, mahal gan...,pakai yg biasa aja deh yg penting pas aja waktunya

    Heri Assidiqi said...

    Ternyata banyak sekali ya yang perlu kita ketahui. selama ini saya hanya pakai saja. ternya ta semua ada maksud dan fungsinya. thnx sob infonya :)

    Ahmad Fathoni said...

    makasih infonya, baru tahu ada banyak rahasia di balik jam

    Uda Awak said...

    Tanpa disadari ternyata banyak hal yang perlu kita ketahui tentang sebuah jam tangan ya mas? Terima kasih infonya.

    catatan kecilku said...

    Aku tuh gak pernah pake jam tangan... kulitku alergi soalnya kalo pake jam tangan
    Maaf komennya OOT nih

    Beby Rischka said...

    Kirain ATM itu mesin ATM. Uda ngebayangin jam tangannya bisa ditempelin aja ke sensor mesin ATM trus keluar duit deh. Nyahahah.. :D

    denif said...

    Weeh, sepertinya jam yg mahal ya bang...:)

    bang baho said...

    jam yang paling terkenal sampai sekarang masih swiss tu ya mas :0

    ferdon naibaho said...

    tourbillion itu sangat unuk sekali yaa mas
    :)

    comtel cell said...

    wow... ternyata banyak juga hal yang harus di ketahui dari jam tangan yia bos, hehehe...

    Rawins said...

    barometer ya..?
    kirain jam tangannya bisa keluarin duit :D

    Pri Enamsatutujuh said...

    Kl di sana ada Rolex, di sini adanya Rolak, mas... ^_^

    Saya suka pk jam tangan sebenarnya, cuma krn di kantor dr dulu gak pernah pk jam tangan, jd aneh aja waktu pakainya...

    *mau diganti jam dinding juga lebih aneh lagi... #bletak!

    Dadan Rusdan said...

    nice gan,,, jadi nambah wawasan,,, hehehehe

    Lyliana Thia said...

    waah baru tau saya istilah2 ttg jam tangan...
    rumit juga ya.. hehe...

    kiki said...

    saya kira ATM itu hanya dipake buat istilah kartu kredit loh gan hehe.. ternyata jam tangan ada juga to istilahnya

    rachmat said...

    slama ini ane pake jam tangan cuma sekedar dibuat gaya2n aja.. eh ternyata dibalik itu semua ada istilah yang harus ane tau..:)

    Della said...

    Pantesan suamiku pernah becanda minta dihadiahin hadiah ultah jam Tag Heuer. Pasti dia tau istrinya gk akan sanggup beliin, wkwkwk..
    Satu lagi kenapa kedudukan arloji susah digeser ponsel, orang yang pake jam tangan keren pasti kliatan tambah keren. Coba kalo orangnya pake ponsel di tangan, kan aneh.. (-_-")

    dadang hidayat said...

    Waah jam yang mempunya kualitas bagus pasti harga juga mahal ya mas.. kemudian yg mempunyai label chronometer hanya jam yg bermerk dari luar ya mas..

    Santi Dewi said...

    iya ya, swiss itu terkenal dgn jam tangannya

    Elsawati Dewi said...

    selain berfungsi sebagai aksesoris ternyata jam tangan ini memiliki banyak fakta-fakta menarik. nice share!

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    wah kebetulan banget saya punya jam tangan mas, tapi sekarang sudah mati jam nya. Mau di servise dulu :D

    Norhasniza Khalid said...

    mama mahu follow blog ini, tetapi terdapat masalah sejak semalam.. tak tahu kenapa..

    blogditter.com said...

    Wih... wih... lumayan, pengetahuan saya tentang jam tangan semakin bertambah, hehe...

    Selama in jam tangan lebih saya perlakukan sebagai aksesoris aja, untuk menunjang penampilan supaya semakin terlihat keren :D

    sopyan nurcahyana said...

    saya gag pernah pake aksesoris sob jadi gag tau apa apa tentang jam tangan yang termasuk aksesoris tubuh ini :)
    tapi setelah baca baca aku sedikit tahu nih makasih info nya bahkan ternyata ada merek yang mahal juga yah

    Mas Nazar said...

    Terimakasih sekali mas :D artikel tentang Jam nya bikin tambah wawasan :D

    Boneka Wisuda | DollGradoll Graduation Doll said...

    Jam saya Rollex gan. "L"nya dua :(

    ahmad rizal samsi said...

    mantap nih infonya.. thenks yah..

    Indri Lidiawati said...

    pencerahannya sangat menambah wawasan saya jadi ngerti banyak tentang jam tangan :)
    makasih sharingnya mas :D

    Mas Onqi said...

    info yang menarik mas
    thanks ya

    irpan sah said...

    kalo labelnya swiss army itu maksudnya apa ya gan?

    Muhammad Affip said...

    Saya bukan pemake jam tangan. Pernah beberapa kali punya tapi saat dipake kulit jadi gatel. Dan adanya hape kini bikin saya tak berharap punya jam tangan lagi

    Indra Kusuma said...

    Jadi ingat saya dengan jam tangan yang maih di tempat service belum keambil mas. :D

    Salam

    handri setiawan said...

    saya dari dulu pengemar jam tangan mas tapi jarang beli sendiri, paling di beliin ama adik hehehehe

    Anthonie E. Pratama said...

    wah jadi menambah wawasan saya nih mas mengenai jam tangan, makasih infonya mas :)

    Alul Stemaku said...

    info yang menarik mas. nice post..

    Cilembu thea said...

    kebetulan pake Tag Heuer, cocok kan dengan propesi sebagai anak jalanan...;o)
    ke empat istilah diatas itu ada dalam jam yang tak pake...hadeuh, baru tau artinya dari sini nih....katroktragis kan saya...;o)

    ketty husnia said...

    posting juga ya mas..bagaimana mengatasi alergi jam tangan

    Danar Ramadan said...

    ooh jadi 1 ATM itu 10 meter ya? baru tau ane gan :D ane pikir kalo jam tangan 1 ATM itu 100 meter :D

    Fahmi Ulil said...

    Ternyata begitu ya
    jam tangan langka

    jcm said...

    informasinya bagus sekali,

    download Film HD said...

    mantab informasinya, baru tau soal yang atm pada jam

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger