7 Kebiasaan Hidup yang Membuat Umur Panjang

Posted on
  • Wednesday, March 26, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:
  • Saat kita sedang berulang tahun, sebuah ucapan yang sangat khas adalah mendoakan agar panjang umur dan sehat selalu. Memang urusan berapa umur kita dan jatah hidup di dunia adalah hak dari Tuhan tanpa dapat kita bernegoisasi dengan kehendak-Nya, namun demikian pastilah kita semua ingin mempunyai umur yang panjang. Dengan perkembangan kedokteran dan pendidikan yang lebih baik tentang cara merawat diri kita sendiri, kita hidup lebih lama dan lebih sehat saat ini juga. Tapi sebenarnya banyak hal-hal kecil yang dapat Anda lakukan setiap hari untuk memperpanjang umur kita, kebiasaan itu adalah:

    Menjauh dari remote. Kenyataannya adalah semakin banyak waktu yang dihabiskan untuk menikmati sinetron atau YKS maka akan semakin kecil kemungkinan kita untuk bergerak atau berolah raga. Sebuah penelitian di Australia menunjukkan pada 8.800 orang dewasa ternyata terdapat korelasi antara jumlah waktu yang dihabiskan duduk di depan TV dengan risiko kematian prematur dan penyakit jantung. Orang yang menonton TV empat jam atau lebih per hari hampir 50 persen punya resiko meninggal akibat penyebab apa pun dibandingkan mereka yang mengkonsumsi TV kurang dari dua jam. Penjelasannya sudah pasti, orang yang kecanduan tv kurang banyak menghabiskan waktu untuk aktifitas lain.

    Makan kacang setiap hari. Pastilah kita semua sudah mendengar tentang manfaat omega-3 dan bagi kesehatan jantung. Omega 3 ini banyak terdapat pada ikan laut, tapi jika tidak suka dengan bau amis ikan maka cobalah untuk mengkonsumsi kacang untuk diet harian Anda. Dalam sebuah studi yang dilakukan selama 30 tahun, para peneliti Harvard menemukan bahwa orang yang makan kacang-kacangan setiap hari memiliki 20 persen untuk tetap hidup dibandingkan dengan mereka yang tidak. Semakin sering orang makan kacang, semakin rendah risiko kematian itu. Para ahli menjelaskan bahwa kacang memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan kolesterol, yang merupakan salah satu pemicu kematian manusia

    Mengurangi daging berwarna merah. Tidak apa-apa untuk menikmati sate kambing sesekali atau manjakan diri dengan steak asalkan tidak berlebihan. Satu studi menemukan bahwa perempuan dan laki-laki yang awalnya sehat menjadi lebih beresiko penyakit jantung dan kanker jika mereka secara teratur mengkonsumsi daging merah. Satu porsi daging merah setiap hari menaikkan kemungkinan kematian sebesar 13 persen sementara daging olahan menaikkan kemungkinan sebesar 20 persen. Daging olahan, seperti hot dog sering dikaitkan dengan kanker dan penyakit jantung. Tetapi kabar baiknya adalah, mengganti daging merah dengan protein lain seperti ikan, ayam dan produk susu dapat menurunkan risiko kematian Anda.

    Jogging. Banyak manfaat dari olah raga seperti pelepasan hormon endorphin pasca-latihan, membuat pikiran jernih dan menurunkan tekanan darah. Selain itu peneliti dari Denmark menyatakan bahwa berlari pagi adalah kunci untuk memperpanjang hidup Anda. Menurut penelitian itu berlari-lari dapat meningkatkan harapan hidup pada laki-laki dengan lebih dari enam tahun untuk pria dan lebih dari lima tahun untuk wanita. Yaitu ketika mereka berlari satu sampai dua setengah jam total per minggu. Itu saja sudah cukup untuk menmbuat kita bergerak.

    Meditasi. Sebuah studi di University of California-Davis menemukan bukti orang-orang yang berlatih meditasi secara teratur memiliki kadar telomerase yang lebih baik. Yaitu enzim yang bertanggung jawab untuk memperpanjang telomere pada ujung kromosom Anda, yang berpengaruh pada awet muda. Selain itu, meditasi adalah cara terbaik untuk mengelola stres dan tekanan darah Anda, yang pada gilirannya dapat melindungi Anda dari sejumlah penyakit. (Huffington Post)

    46 comments:

    nunu said...

    Menjauh dari remot dan gadget kayaknya mas. Hehehe

    Ahmad Fathoni said...

    tipsnya bagus, tetapi umur kita hanya alloh lah yang tau kita cukup pasrah tetapi kita harus taqwa kepada -Nya

    Nucky P.rayanta Natalius said...

    biasanya kalau hari minggu saya jogging saja mumpung ada waktu dan ini kebiasaan yang saya lakukan ..

    duniaely said...

    aku suka makan kacang nih :)

    Heri Assidiqi said...

    Jogging bisa membuat pola hidup menjadi lebih sehat :)

    Munawir Alfikri said...

    Kalo makan kacang setiap hari.. bisa bikin jerawat . gak gan

    AjaiB said...

    Keren juga nih Tips nya gan

    mkasih ya :)

    Muroi El-Barezy said...

    wah point 1 yang susah saya hilangkan sob hehe....

    Mizz Aiza (Dunia Kecil) said...

    saya suka makan kacang, baru tahu ia boleh memanjangkan umur.. daging bewarna merah memang saya kurang makan..

    iGaligo said...

    mungkin nonton TV hampir sama dengan pekerjaan blogger

    Mas Onqi said...

    hah, makan juga bisa membuat umur panjang

    irvan robiansyah said...

    paling bagus itu jogging gan, sangat menyehatkan tubuh :)

    Muhammad Affip said...

    aku juga suka makan kacang, cuma belakangan jarang sekali bergerak

    Budi Smart said...

    wah ternyata remot bisa memperpendek umur juga ya. terima kasih informasinya..

    Beby Rischka said...

    Hahah.. Spesifik bener nama acaranya, Bang :p

    Mugniar said...

    Nonton tivi (kebanyakan nonton) ternyata banyak mudharatnya ya Mas ...

    Dadan Rusdan said...

    makasih gan sharenya,,, bermanfaat pisan euy...

    Ope said...

    meditasi kyknya perlu

    Pri Enamsatutujuh said...

    joging itu sepertinya gampang tp susah bt saya... :'(

    zachflazz said...

    saya jadi pengin searching soal daging merah, biar memperkaya wacana setelah membaca tulisan keren ini.

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    wah saya jarang banget membiasakan 7 hal diatas. Harus dicoba nih :)

    hendra said...

    nonton tv 4 jam aja udah parah, tapi saya malah di depan kompi lebih dri 10 jam.
    belom bisa nglakuin tips2 di atas.

    ilham efendi said...

    ane paling suka jogging gan pagi2 dingin

    Yahya Doank said...

    Wah lebih suka Makan kacang setiap hari,, hehe

    Fatih Ks said...

    jadi intinya dari ke 7 kebiasaan diatas dapat juga kita simpulkan sebagai pola hidup yg sehat ya sob.
    sudah pasti pola hidup yg sehat akan membuat panjang umur, makanya tdk heran org dulu umurny bisa sampai 90 bahkan 100 thn lbih.
    dibanding org skarang rata-rata umurnya 60-70 thn saja sudah jarang ditemukan!

    Si Ryan said...

    hahaha mantap, tapi kalau Tuhan sudah nentuin ya gak bisa diubah lagi gan :)

    ketty husnia said...

    menjauhi daging merah emang cara yang baik agar panjang umur..dan itu sudah terbukti :)

    Irfan Markus said...

    thx infonya bro, tapi kadang2 suka males nerapinnya padahal untuk hidup sendiri dan ane bakal ngurangin nonton tv ahh, resikonya seremm :D

    Prisma Try Laksana said...

    Mending nonton ILK ;)

    irpan sah said...

    waduuh,,, ketujuh tujuh nya jarang saya lakukan gan.. :D

    Catatan Harian Irfan said...

    Dari kebiasaan kebiasaan diatas ada beberapa yang belum terbiasa dalam kehidupan saya, yakni Joging hehehee,,, entah kenapa suka ada rasa malas padahal itu suatu kegiatan untuk hidup sehat,,, Tapi mulai sekarang akan di usahakan kembali untuk ber fitnes :D

    baho punya said...

    usia memang yang menentukan Tuhan, tetapi tidak ada salahnya kita berusaha untuk tetap sehat dn bugar yaa mas, thanks mas :)

    Aldino Sya said...

    satu point pun gak ada yg pernah ane krja.. apalagi makan kacang..!, lebih2 jogging, pernah kluarnya subuh..eee..baru satu putaran dada..terasa keangkat., mata berkunang2, :)

    Agus kompac said...

    No 5, itu yang paling saya suka mas.trims

    Ibrahim M.Pd.I said...

    Yang sering saya lakukan adalah meditasi mas, alias menyendiri dan menenangkan pikiran, heehee

    Wisata Murah said...

    kalau begitu vegetarian itu rata rata panjang usia ya, karena tidak makan daging

    handri setiawan said...

    sebenarnya umur panjang belum tentu bahagia mas jika kita tidak bisa mengenal arti hidup sesungguh nya.

    Arie Gond3s said...

    menjauh dari remot ini sob, yang sepertinya susah, apalagi kalau pas di rumah hade..............h

    Ade Arif said...

    semua orang pasti ingin mempunyai umur panjang tidak terkecuali saya sendiri.
    Semoga Allah memberi kita umur panjang dan membawa manfaat bagi diri pribadi dan orang lain.
    terima kasih sharenya sangat bermanfaat.. :)

    Ione Nasition said...

    wah, berarti klu duduk berlama 2 untuk ngenet juga punya peluang yang sama dong dengan nonton TV

    Indra Kusuma said...

    Nah loh,,,,,,,, harus di kurangin nih.... :D


    Salam

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    umur panjang atau pendek yang bisa menentukan adalah yang diatas ya mas, kita hanya bisa berusaha dan berdoa saja ;)

    Thanjawa Arif said...

    masuk akal kalau remote mempengaruhi usia, karena dekat dengan remote, waktu regenerasi sel ketika tidur/istirahat jadi tidak optimal

    kania said...

    makan kacang bisa sehat tapi juga bisa jerawatan jg ya mas, hehehe.salam kenal

    Caritahu said...

    wah kalau ada yang seperti ini kita bisa hidup lebih lama lagi

    Selimut said...

    ane sering makan kacang, berarti bakal panjang umur nih..

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger