Gadget-Gadget di Film Star Trek yang Menjadi Kenyataan

Posted on
  • Monday, February 3, 2014
  • by
  • Unknown
  • in
  • Labels:

  • Lebih empat puluh lima tahun lalu untuk kali pertama episode perdana Star Trek mengudara di NBC. Waktu itu adalah sekitar lima tahun setelah Uni Soviet  mengirimkan manusia pertama ke luar angkasa. Kemudian setelah melewati 6 seri di tv dan 11 film, beberapa gadget yang dulu nampak begitu futuristik di Star Trek ternyata sekarang menjadi benda sehari-hari. Gadget-gadget itu adalah:

    Flip Phone. Seringkali dalam misinya kru Star Trekberbicara dengan menggunakan alat komunikasi nirkabel dan dapat dilipat, seperti halnya ponsel yang clamshell. Ternyata, kemudian pada tahun 1996, Motorola meluncurkan  “StarTAC” yang merupakan ponsel flip pertama, disusul kemudian beberapa produsen seperti Sony Eriksson, Nokia dan Samsung juga merilis ponsel berdesain serupa.

    Tablet. Dalam Star Trek: The Next Generation, sebuah gadget dengan control panel berlayar sentuh yang disebut PADDs (personal access display devices) seringkali digunakan para kru. Gadget yang di jaman itu begitu futuristic kemudian diwujudkan menjadi computer tablet di jaman sekarang. Tahun 2010 beragam piranti tablet mulai membanjiri pasar. Dimulai dengan Apple mengenalkan iPad, Samsung mengeluarkan Galaxy Tab dengan Android dan bModo meluncurkan bModo 12 dengan Windows 7 OS. Setahun kemudian Dell mengeluarkan Streak dan disusul Blackberry mengeluarkan Playbook

    Bluetooth Headsets. Jaman sekarang Bluetooth headsets baik itu sebagai kelengkapan ponsel ataupun yang dibeli oleh pihak ketiga sudah bukan merupakan benda mewah lagi. Tapi tahukah Anda bahwa dulub gadget itu hanya bias disaksikan di dalam film, digunakan oleh para actor Stra Trek.

    Floppy Disk dan USB Drives. Pada era 80 dan 90an kita menggunakan perangkat bernama ‘3.5-inch floppy disk’ untuk menyimpan dan memindah data, tentu dengan sejumlah kelemahan; disket itu mudah sekali rusak dan kapasitasnya yang sangat kecil.  Lalu dalam Star Trek: The Next Generation, mereka memamerkan suatu chip kecil yang mampu merekam data hingga gigabytes. Saat ini kita menggunakan flash disk yang sangat mirip dengan gadget yang ada di Star Trek TNG.

    GPS. Tahun 1995 menyatakan penggunaan GPS setelah meluncurkan satelit ke 27 yang mengorbit bumi. Namun demikian sesungguhnya peluncuran itu terlambat kira-kira 30 tahun saat konsep GPS muncul pertama kali di Star Trek. (ref: Mashable/ill: fanpop)

    28 comments:

    mbah koeng said...

    ada yang nyepam tuh koment tuh, untuk mendapat backlink

    Unknown said...

    sudah kuhapus :-)

    Unknown said...

    perasaan pernah nonton ini film deh

    sawali tuhusetya said...

    star trek termasuk science fiction yang menangguk sukses luar biasa. Pengarangnya termasuk sosok yang punya kekuatan imajinasi tingkat tinggi,

    duniaely said...

    keren ya :)

    Fitri3boys said...

    hi hi jadi ingat lagi, Star Trek ini Film favorit jaman dulu abege..dulu geli kalau liat yang tampangnya seram ,malahan selanjutnya ketagihan nonton ...

    wongcrewchild said...

    wah sudah menikmati fiturnya ...

    Febri Gamesoft said...

    keren-keren gadgetnya ya

    obat penyakit diabetes melitus said...

    di dunia yang dipenuhi gadget yang semakin canggih ini
    saya merasa jadi orang primitif karena masih pakai bb :(

    baho punya said...

    benar juga yaa mas, dulu film star trek ini banyak orang bilang ga mungkin terjadi sekarang satu persatu peralatannya sudah banyak muncul dan gunakan
    :)

    Mang Lembu said...

    jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan film startrek itu mimpi yang jadi kenyataan ya....sayangnya film ini bukan buatan orang endonesah ya kang.

    Kang Yusup said...

    Hampir semua teknologi2 canggih yang ada di film tersebuat menjadi kenyataan sekarang ini.

    Kang Yusup said...

    Hampir semua teknologi2 canggih yang ada di film tersebuat menjadi kenyataan sekarang ini.

    Kang Yusup said...

    Hampir semua teknologi2 canggih yang ada di film tersebuat menjadi kenyataan sekarang ini.

    Unknown said...

    Keren sekali artikelnya Mas mengingatkan filn star trek
    Betul sekali yah Mas Gadget yang ada di film tersebut
    Saya pun sekarang sudah banyak di pakai orang salam silaturrahmi

    MAS ONQI said...

    wah baru tahu saya gan
    thanks sharingnya

    Claresta said...

    awalnya hanya sebuah film tetapi pada akhirnya jadi kenyataan ya mas :D memang keren tuh filmnya jadi pantas saja kalau direalisasikan ke dunia nyata :)

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    wah hebat banget ya gadget tersebut bisa jadi nyata :)

    Blog Orng said...

    Sangat luar biasanya mas bisa jadi kenyataan

    irpan destarata said...

    Penggambaran masa depan dari sebuah film.. gadget-gadget tersebut kebetulan ada atau sengaja direalisasikan.. kalo sengaja direalisasikan artinya masa depan ada ditangan kita,. mau seperti apa masa depan selanjutnya tinggal mewujudkan.. :)

    Dwi said...

    cool banget bro

    Keke Naima said...

    teknologinya terinspirasi dr star trek :)

    Unknown said...

    ini namanya mimpi yang jadi kenyataan :D

    Gupitan said...

    Hebat juga ya :)
    Izin join blognya sob :)

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    luar biasa ya mas kalau bisa jadi kenyataan getu. hebat baget yang bikin filem nya :)

    ajatshare said...

    Mungkin dimasa mendatang akan ada komputer hologram dan alat transformasi, sepertinya komputer hologram akan segera terwujud soalnya era komputer sudah menjajaki dunia virtuality.

    New new said...

    Keren yang bikin film

    Anonymous said...

    Valuable information. Lucky me I discovered your web site accidentally,
    and I am surprised why this accident didn't came about in advance!
    I bookmarked it.

    Feel free to visit my blog post; histeacher.com ()

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger