Tips Meningkatkan Kecerdasan Otak

Posted on
  • Tuesday, January 21, 2014
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Apakah pintar itu? Beberapa orang menilai kecerdasan dengan tolok ukur standar seperti nilai ujian dan indeks prestasi di atas rata-rata. Orang lain berpikir bahwa pintar itu berhubungan dengan akal sehat, seperti kemampuan memecahkan masalah sehari-hari. Tidak semua orang terlahir pintar, tapi ternyata kecerdasan manusia dapat ditingkatkan. Berikut adalah tips untuk meningkatkan kecerdasan:

    Meditasi. Selama ribuan tahun, kita sudah tahu manfaat meditasi. Praktek meditasi dapat berbeda untuk setiap orang, tetapi umumnya melibatkan ketenangan dan latihan pernapasan yang terfokus pada kondisi ketenangan mental. FMRI scan juga mengungkapkan bahwa meditasi teratur akan mempengaruhi struktur otak. Satu studi menunjukkan bahwa meditasi setiap hari secara teratur dapat meningkatkan ukuran bagian-bagian dari korteks serebral. Tak heran, beberapa perusahaan terkemuka dunia berpikiran maju dengan menawarkan kelas meditasi bagi karyawan mereka.

    Melatih otak. Otak, seperti banyak bagian tubuh manusia, perlu olah raga teratur untuk menjaga kekuatan dan vitalitas. Beberapa latihan penguatan otak umumnya meliputi kegiatan yang menyenangkan seperti mengisi teka-teki silang, sudoku,dan permainan asah otak lainnya. Ada cara yang lebih akademis lain juga, seperti menyelesaikan masalah matematika dan latihan yang berkaitan dengan hubungan spasial dan geometri. Bahkan hanya membaca dengan membaca postingan ini juga memberikan otak Anda sedikit latihan.

    Tidur yang cukup. Masalah gangguan tidur telah sering diketahui bisa memperburuk masalah otak, sehingga masuk akal bahwa tidur malam yang baik dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kemampuan untuk fokus. Ini bervariasi dari orang ke orang, tetapi antara enam dan delapan jam tidur untuk orang dewas aumumnya direkomendasikan.

    Menjaga badan. Tubuh manusia semua terhubung satu sama lain, sehingga kita tidak bisa menjaga salah satu bagian dari itu tanpa manfaat beberapa bagian lain. Latihan fisik adalah penting bagi kesehatan baik untuk tubuh dan otak. Cukup hanya dengan meningkatkan aliran darah kita dapat meningkatkan oksigen dan kadar glukosa di otak. Makanan juga penting dan ada banyak makanan yang telah dikaitkan dengan kesehatan otak, termasuk minyak ikan, telur, protein dan sayuran hijau. The hijau, teh herbal dan kacang-kacangan juga baik untuk "makanan otak."(ref: Howstuffwork/ill: extremetech)

    61 comments:

    Indra Kusuma Sejati said...

    Ternyata meditasi juga bisa meningkatkan kecerdasan ya Sob, wah.... baru tahu saya melaui artikel ini. Trims sharingnya.

    Salam

    sarofudin uzumaki said...

    benar semua mas yang saya suka adalah tidur yang cukup berarti jika sering begadang bisa mengurangi kecerdasan otak dong

    wongcrewchild said...

    bisa juga ya otak diupgrade :)
    keempat cara diatas mesti diterapkan, biar nggak lemot

    MasMaoe said...

    wah saya sering banget bermeditasi tuh pas matkul filsafat. tapi maksud hati bermeditasi, yang ada malah terbuai ke alam mimpi :D

    Fahrizal Mukhdar said...

    Benar-benar ... meditasi juga membuat kita bisa berfikir jernih dan sabar. Meditasi yang paling fokus dan tenang adalah sholat ...

    Herdoni Wahyono said...

    Bahagia bisa memiliki kelebihan dalam hidup ini. Hati yang jernih, badan yang bugar dan sehat, serta otak yang cerdas. Tips yang amat bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas kita dalam menghadapi tugas dan pekerjaan sehari-hari. Terima kasih sharing dan motivasinya.

    Salam cemerlang!

    Friska Lee said...

    tenyata tidur yang kurang bisa memperngaruhi kecerdasan otak ya wah berati saya harus berhenti bergadang nih :D makasih tips nya

    Rawins said...

    nah lho...
    semua yang tercantum di atas ga ada satupun yang aku lakuin
    gimana coba..?

    Pudan Lubis said...

    ya aku juga suka meditasi, jiwa kita tenang dan merasa damai. .:)

    Munawir Alfikri said...

    Kalo tidur yang cukup insyaallah saya bisa ngelakuin nya ,,
    terima kasih udah share gan

    Intan Sudibjo said...

    meditasi selama ribuan taun? umur manusia sekarang susah nyampe 60 juga hehe

    Mohammad Isnaeni said...

    Mantap mas, cara meningkatkan kecerdasan otak. Barangkali pengetahuan2 manusia tentang cara meningkatkan kecerdasan otak menjadi salah satu faktor yang menyebabkan rata-rata skor IQ meningkat 20 poin dalam satu abad terakhir (hasil penelitian) ..

    Bung Fachri said...

    nice post gan biar gak stress

    riefand riefund said...

    mungkin hal ini sering tidak diketahui banyak orang, bahwa kecerdasan sebenarnya dapat ditingkatkan melalui metode - metode seperti itu
    nice artikel sahabat :)

    rhey bond said...

    tfs bang Joe, saya memang pernah dengar kalau kurang tidur berpengaruh pada daya kerja otak.... tapi kalau dipikir2 emang benar juga ya kalau tidur cukup badan jan jadi fresh jadi seger dan lebih mudah berfikir dibanding yang kurang tidur..:D

    Arif Rahman said...

    Sangat bermanfaat mas artikelnya..
    Tp mungkin bisa sedikit di perbaiki pd poin meditasi, kalimatnya aneh ms..

    pakies said...

    Mungkin kalo orang islam, dengan shalat yang khusyu' apalagi disepertiga malam dengan dilakukan secara istiqomah akan mendatangkan manfaat yang luar biasa untuk otak kita

    de eka Sas said...

    meditasi saya suka gan..
    membuat pikiran menjadi lebih tenang..

    paridah said...

    jikalau badan sihat otak pasti cergas...

    MitraBibit said...

    nutrisi yang cukup juga bisa meningkatkan kecerdasan nggak tuh?
    follower 222 sukses, follow back jng lp

    Brebes VS Lamongan said...

    met siang sobat. postingan yang sangat bermanfaat sekali sobat. trmksih dah berbagi kawan

    Agus Setya said...

    itu juga bagus mas beranda..tapi yang bener-bener nyata dan berkhasiat bagi saya itu rajin membaca dan menghafal nama jalan..itu saja mas. hehehe

    Seputar Kereta Api said...

    ini info yang bermanfaat bagi kami yang kadang tidak cerdas dalam menanggapi sesuatu

    Mukhamad Sholikudin said...

    meditasi paling gampang buat di coba saat ini. :-D

    Khai♥Rin : anies said...

    setuju dgn entry ni.
    bak kata pepaah arab, akal yg sihat berpunca drpd badan yang sihat

    diansunday said...

    tips nya ane terima gan! ane coba dulu biar pinter :D

    jampang said...

    plus membaca juga kali yah :D

    Fajri Andaviar said...

    Tips yang bermanfaat :)

    cara menghilangkan strecth mark said...

    melatih otak itu penting karena apabila otak kita terus distimulasi maka sedikit demi sedikit cara berpikir kita juga akan berkembang.. main game online juga termasuk latihan otak yang bagus ^^

    Agus kompac said...

    mantap bgt nh tips nya,makasih sob

    Mohammad Robih said...

    otak pusat organ manusia.. harus di tingkatkan

    Ranii Saputra said...

    kayanya saya perlu banget nih melakukan hal2 diatas :D

    Tutorial Blogging said...

    gan saya pesan artikel buat meningkatkan daya ingat dan mencegah kelupaan??
    maaf ya minta banyak soalnya masalah saya ada di situ :v

    Android id - Blogger Informasi said...

    boleh juga ne tips... makasi mas... :)

    Rama Banten RB said...

    mksh infonya.... sangat bermanfa'at

    Hari FDay said...

    Ini yang susah bagi saya :
    "Tidur yang cukup. Masalah gangguan tidur telah sering diketahui bisa memperburuk masalah otak, sehingga masuk akal bahwa tidur malam yang baik dapat membantu meningkatkan fungsi otak dan kemampuan untuk fokus"

    Blog Orng said...

    Klo masalah tidur yg cukup saya sangat susah buat itu sob

    Wisata Murah said...

    posting edukasi yang sangat bermanfaat untuk kehidupan

    saya baru tahu kalau minyak ikan ternyata bisa meningkatkan kecredasan otak ya

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    kecerdasan otak memang sangat perlu untuk ditngkatkan ya mas, apalagi kalau otak nya pas-pasan kayak saya hehehe :D
    thanks mas atas tips nya. Sangat bermanfaat :)

    sigit prihatin said...

    ternyata tidur juga mempengaruhi kecerdasan ya gan... bru tau nh
    mau ntar mlm,, ak ga bnyak begadang dh,, hehehe

    aldino.sya said...

    sepertinya pada point kurang tidur..memang ana akuinya..Sob..! karena masalah tidur ini bawaannya lupa melulu..otak jg pada pikun...sedikit2 lupa..heheheh..

    Boku no Blog said...

    Terima kasih share artikelnya sobat..

    Muya Devoteeshonesty said...

    trims tipsnya tentang cara meningkatkan kecerdasan otak..
    meditasi juga termasuk.. mau meditasi ahhh

    Sabda Awal said...

    kalau saya diajarkan untuk baca quran setiap subuh :D

    oyo sukarya said...

    Terima kasih tipsnya, jadi baiknya juga sering-sering main games, sebagai asah otak cerdas, katanya sih baik jug main games untuk manula

    mas-onqi said...

    ini nich tips yang bermanfaat
    thanks atas sharenya mas

    Uda Awak said...

    Kecerdasan itu rupanya perlu dilatih ya mas. Terima kasih sharenya mas.

    Amin said...

    Disamping diasah juga perlu diistirahatkan. Kalau diasah terus tanpa ada istirahat malah jadi tumpul.

    Blog Lanonadio said...

    Boleh juga nih tipsnya thanks yah

    Wahyu Alfiansyah said...

    Tidur yang cukup menjadi masalah utama buatku :(

    Kisah Foto said...

    Tidur yang cukup, nah ini yang susah buat saya, karena sering lembur :(

    Aldino Akmel said...

    wah berarti tidur yang cukup itu berpengaruh terhadap kecerdasan otak yah.. tapi sayang nya saya suka gak bisa tidur :(

    JIM said...

    tips bermanfaat...
    setuju...

    Mang Yono said...

    kalau jiwa sehat otak pun akan cerdas

    aenur rofiq said...

    wahh,,,tips yang sangat bermanfaat sob :D

    salam sukses sob ^_^

    fiu choppie said...

    owlah .... tidur jg bsa buat melath otak toh ... hehe

    Abdurahman Baharudin Wahid said...

    tips tips ini semoga bisa saya terapkan sehingga bisa meningkatkan kemampuan otak saya. salam blogger mas..

    Beranda Kata said...

    silahkan diterapkan mas, semoga sukses

    Menulislah.Com said...

    kayaknya saya kurang tidur, seharian depan laptop teruuusss :-D

    Berita Unik Seru said...

    seperti halnya tubuh yg lain, otak juga harus dilatih

    Ziant Shady said...

    Haduh, saya kurang tidur :(

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger