Penemuan-Penemuan Besar Bangsa China Kuno

Posted on
  • Wednesday, January 22, 2014
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • penemuan bangsa china kuno
    Selain misterius bangsa China kuno juga dikenal sebagai bangsa yang cerdas. Beberapa penemuan bangsa China kuno bahkan tetap bertahan hingga di abad modern sekarang ini. Berikut adalah penemuan-penemuan bangsa China kuno yang dikenal hingga saat ini:

    Kain Sutera. Metode untuk memanipulasi materi ulat sutera ini telah ada sejak 4.700 tahun yang lalu. Sebuah kitab kuno berisi artikel tentang produksi sutra ditemukan yang diperkirakan bertahun 3330-2200 SM. Orang Cina menjaga ketat cara memproduksi kain sutra ini, tapi mereka kemudian kehilangan kendali atas rahasia mereka ketika biarawan dari Eropa berhasil membongkar rahasia telur ulat sutera dan membawanya ke Barat.

    Layang-layang. Selama abad keempat SM, Gongshu Ban dan Mo Di, seorang pekerja seni dan seorang filsuf membuat layang-layang berbentuk burung yang bisa terbang tertiup angin. Seiring berjalannya waktu orang-orang China kemudian melakukan perubahan bentuk dan fungsi layang-layang kemudian bukan hanya sekedar untuk mainan saja. Layang-layang juga menjadi instrument dalam aplikasi militer, yang berfungsi sebagai pesawat tak berawak untuk mengirim muatan mesiu ke benteng musuh. Pada tahun 1232, China bahkan menggunakan layang-layang untuk menjatuhkan selebaran propaganda kepada tawanan perang Mongol.

    Alkohol. Pada awal abad ketiga SM, orang China telah menemukan cara untuk memperbaiki produk makanan seperti cuka dan kecap dengan menggunakan teknik fermentasi dan distilasi.  Penemuan arkeologi baru-baru ini pada pecahan tembikar Sembilan ribu tahun yang lalu yang ditemukan di provinsi Henan menunjukkan bekas-bekas alkohol. Penemuan ini membuktikan bahwa China adalah yang pertama kali membuat alcohol hingga kemudian orang-orang Arab kuno juga membuat alcohol sampai 1.000 tahun kemudian.

    Mie. Pada tahun 2006, arkeolog menggali peninggalan berusia 4.000 tahun di Lajia di Provinsi Qinghai dekat perbatasan Tibetian dan menemukan sebuah mangkuk terbalik berisi mie yang terkubur sepuluh kaki di bawah permukaan bumi . Mie yang baruditemukan mungkin itu adalah yang tertua di dunia yang terbuat dari dua jenis gandum millet, yang keduanya telah dibudidayakan di Cina selama sekitar 7.000 tahun. Terlebih lagi, orang Cina masih menggunakan biji-bijian tersebut untuk membuat mie sampai hari ini.

    Kertas. Seorang pria China bernama Cai Lun berhasil menemukan prototype untuk kertas modern. Sebelum penemuan tersebut orang China biasa menulis pada lempengan bambu tipis dan kain sutra, tetapi pada tahun 105, Cai Lun menciptakan campuran serat kayu dan air dan menekannya pada kain tenun yang memungkinkan ampasnya merembes keluar, sehingga jadilah kertas kasar.  

    Kompas. Awalnya bangsa China membuat kompas untuk menunjukkan arah utara yang benar. Sebab mereka kebingungan untuk menentukan utara dan selatan. Kompas awalnya dibuat pada abad keempat dan terbuat dari batu magnet. (ref: Howstuffwork/ill: absolutechinatours)

    40 comments:

    MasMaoe said...

    mungkin bangsa cina kuno juga yang pertama didunia yang menggabungkan antara style rambut gundul dan kepang gondrong :D

    Uda Awak said...

    Rupanya layang-layang ditemukan oleh bangsa China Kuno ya mas...? Saya kira orang Indonesia yang pertama kali menemukan mainan layang-layang...

    sarofudin uzumaki said...

    banyak sekali ternyata temuan bangsa cinta. saya kemarin mau jadi penemu juga bang tapi saya batalkan lantaran itu berbentuk uang

    paridah said...

    ketamadunan bangsa cina ini adalah antara yg terawal di dunia...

    Rawins said...

    china memang keren
    bagaimanapun juga china termasuk peradaban tertua wajar kalo banyak penemuannya

    Intan Sudibjo said...

    wah.. dihabisin semuanya ni sama china hehe... warisan dunia :)

    Danang Eternal said...

    wah jadi semakin tau

    Mohammad Isnaeni said...

    Wah ternyata kebudayaan China sudah tua sekali, hebat lagi, bisa nemuin banyak hal. btw kalau awal abad ketiga SM sudah bisa menemukan proses fermentasi dan distilasi, barangkali saat itu sudah bisa bikin cukrik ya mas .. hehehehe

    Game Terbaru 2014 said...

    Wihhh ternyata menyimpan sebuah rahasia ya mas penemuanya

    Ngampus Indo said...

    wah nambah ilmu lagi nih, makasih sob sudah berbagi

    Ainnul Yaqin said...

    Dapet Pengetahuan Baru nih Dari Bloggnya abang Branda kata hehe makasii yah udah berbagi :)

    Zakia said...

    Cina memang bangsa yang hebat, ulet.
    Salut atas pencapaian-pencapaian mereka. Terima kasih sudah share, nambah ilmu :)

    Agung Rangga said...

    wow, banyak juga ya penemuan dari cina~ :D

    noe said...

    Hoo.. baru tauuu aku soal ini :)
    selain banyak penemuan, china jg terkenal sbg bangsa yg senang merantau :D

    Wisata Murah said...

    Jonpas dan Mir ya yang sampai sekarang masih digunakan orang.. kalau latang latang kan hanya pada musin tertentu

    rhey bond said...

    kalau sekarang sepertinya apa sich barang KW yang gak ada di cina.. :D

    Indri Lidiawati said...

    bangsa cina kuno memang memiliki peradaban paling lama setingkt bangsa mesir, aztek dan sebagainya, jadi banyak sekali peninggalan2 bangsa cina kuno :)
    makasih sharingnya ya mas :)

    Purnomo Jr said...

    Yg saya tau cuma mie aja mas
    Ternyata byk juga penemuannya ya

    hendryawan RJ said...

    saya sih tau nya kalo cina itu pinter berbisnis contoh kecil nya seperti hp hp made in cina yang menjamur di indonesia,,
    saya malah tidak tau tentang ini,,ternyata layang layang Made in cina juga ya :D

    Aan Apk said...

    banyak banget penemuan wong cina kuno ya mas

    Blog Orng said...

    Gak nyangka dah baru tau terima kasih sob

    Blog Lanonadio said...

    Kertas dari cinta ternyata gak nyangka

    Nandar said...

    Kalo kembang api sob?..

    Yogi Marsahala said...

    China memang bangsa yang besar. Salut dengan kegigihan mereka.

    Yogi Marsahala said...

    Visit back my blog too
    www.goocap.com
    Thanks before!

    Elfrida Chania said...

    Informasi yang bermanfaat untuk menambah wawasan :)

    Wahyu Eka Prasetiyarini said...

    wah ternyata banyak juga ya mas peninggalan jaman dulu di negara cina. Luar biasa ya bisa ditemukan getu :)

    Artikel Hancur said...

    banyak juga ya pnemuannya gan

    duniaely said...

    keren jg ya yg penemuan mie itu bro :)

    Mizz Aiza (Dunia Kecil) said...

    ternyata banyak penemuan pada zaman itu masih digunakan sehingga kini..

    wawan said...

    menyimak gak....

    Ahmad Kali Akbar said...

    Populasi terbanyak dan cerdas-cerdas....! Salut gan... :-)

    dimyCorner said...

    Ternyata pepatah yang mengatakan, bergurulah ke negeri china, ga salah ya.

    Ysalma said...

    Bangsa yang juga kuat memegang tradisi nenek moyang ya.

    Ahmad Kali Akbar said...

    komen saya belum dijawab, hehee.....masih sibuk mungkin bang Joe nya

    Info Plaz said...

    hebat para penemu dari bangsa china tersebut

    Menulislah.Com said...

    ayoo Indonesia mana nih? penemu biji jagung! :-D

    Berita Unik Seru said...

    tuntutlah ilmu walau ke negeri cina

    RITA WIDIYAWATI said...

    RRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRRR



    farid said...

    baru tau penemu layang-layang dari bangsa cina, kirain cina cuman bisa nemu obat-obatan aja

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger