Mitos dan Fakta Kerokan

Posted on
  • Friday, January 10, 2014
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Kerokan atau kerikan sejak lama sudah dikenal sebagai salah satu cara pengobatan tradisional di Indonesia. Namun ternyata kerokan tidak hanya dikenal di negara kita saja. Metode pengobatan serupa kerokan juga dikenal di beberapa negara Asia Tenggara dan Asia Timur. Di negara Vietnam kerokan dikenal dengan sebutan cao gio, sementara di Kamboja disebut dengan goh kyol. Di China kerokan disebut sebagai guo sha, di sana kerokan tidak menggunakan uang logam tetapi dengan batu jade. Karena itu pengobatan ini dikenal juga dengan terapi batu jade.


    Secara umum kerokan adalah tindakan menekan dan menggeser-geserkan uang logam atau benda tumpul lain pada punggung hingga timbul bilur-bilur merah. Ada yang percaya bahwa bilur merah akibat kerokan tersebut merupakan jalan masuk bagi kuman penyakit ke dalam tubuh. Ada juga yang meyakini bahwa kerokan pada ibu hamil bisa menyebabkan kontraksi dan keguguran janin. Ada mitos lain tentang kerokan yaitu kerokan dengan berbaring dapat mengakibatkan gagal jantung. Sedangkan mitos yang paling umum ialah bahwa kerokan dapat membuat pembuluh darah pecah. 


    Namun faktanya tidak demikian. Kerokan memang dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah, namun tidak sampai menyebabkan pecah. Justru pelebaran pembuluh darah ini membuat aliran darah menjadi lebih lancar.


    Selain itu kerokan menurut penelitian seorang dokter UNS terbukti merangsang sistem syaraf untuk melakukan penyembuhan diri. Kerokan juga dapat menaikkan kadar endorfin, yaitu zat yang bisa membuat orang menjadi nyaman dan bugar. Selain itu kerokan juga menurunkan kadar prostaglandin, zat yang dapat menyebabkan rasa pegal-pegal.


    Kerokan juga bekerja menyembuhkan lewat berbagai mekansme, antara lain lewat sistem kulit, otot, pembuluh darah, saraf, limfa dan sistem imun. Bahkan dalam hal tertentu kerokan dinilai lebih baik daripada metode akupuntur. Kerokan lebih sederhana dari akupuntur, di mana seseorang tidak harus belajar tentang titik syaraf. (ref: Intisari)

    44 comments:

    Friska Lee said...

    ckckck memang dahsyat sekali ya kerokan bisa menyembuhkan syaraf dan tidak ahanya dikenal di indonesia tetapi di negara lain juga ternyata hmm baru tahu saya thank info yang menarik :D nambah lagi deh wawasan saya :D

    MasMaoe said...

    kalo lagi pegel emang paling mantep kerokan dah.. :D

    Mohammad Robih said...

    Masuk angin pas banget kalo di kerokin hehe

    farizalfa said...

    sampai sekarang, aku belum pernah merasakan rasanya kerokan. hahaha

    Seputar Dunia Ponsel dan HP said...

    aku sering dikeroki kalau masuk angin
    kalau hanya diberi obat saja tidak mempan, tidak kunjung sembuh

    nuansa pena said...

    Kerokan, terbukti mengatasi masuk angin dan pegel-pegel ... tapi jangan sampai membiru bekas kerokannya!

    Muya Devoteeshonesty said...

    Apa itu batu jade yaaa..
    Kalsu menurutku merokan ini bisa jadi ke snduan hehee..
    Dulu pernah aku kalau pegel" kerokan..
    Eeehh akhirnyaa sebentar" jadi pegel dan minta dikerok.
    Kalau nggak di kerok nggak sembuh" pegelnya
    Ysaaa sekarang aku hindari kerokan

    sarofudin uzumaki said...

    banyak juga ya fungsinya hehehe. sayang sekarang sudah tidak ada yang melakukan itu pada saya hehehe nunggu istri aja deh nanti buat kerokan

    Santi Dewi said...

    saya kira kerokan cuma ada di negara kita hehehe...
    Brarti kerokan dibolehkan ya...

    Aldino Akmel said...

    saya tau kerokan cuma cuma untuk menghilangkan masuk angin dan pegal''
    saya gak tau menau tentang mitos dan fakta nya haha :D

    Bungas Zahid said...

    wahh . . ternyata kerokan juga terkenal dan begitu bermanfaat . . . untuk kita . . terima kasih sib

    Dwi Alfina said...

    saya kira kerokan hanya di indonesia :D hemmm

    Mohammad Isnaeni said...

    Sampe sekarang masih suka kerokan kalau masuk angin dan pusing2, dulu pertama kali yang melakukan kerokan siapa ya ...?

    Budy Shinichi said...

    jadi intinya kerokan itu secara medis diperbolehkan apa tidak ya? soalnya saya pernah dimarahi dokter gara-gara terlihat bekas kerokan di punggung saya.....

    Intan Sudibjo said...

    sekarang saya yakin bahwa kerokan ini aman hehe.. sebelumnya saya ragu :D

    paridah said...

    kerokan tu istilah untuk mengurut kot kalau di Msia.

    sari widiarti said...

    kerokan itu mantap loh, murah meriah , penyakit lewat :D

    Cilembu thea said...

    kerokan adalah jalan terakhir yang tak lakoni, terutama kalau pas lagi pengen dimanja sama ibue'....

    Syaifurrahman said...

    Ternyata bisa memperlancar peredaran darah ya mas, katanya sih selama ini kalo masuk angin mesti kerokan dulu :)

    Pri Enamsatutujuh said...

    suka banget di kerokin... apalagi sm ibue anak2... :)

    cara menghilangkan perut buncit said...

    setau saya kerokan itu sebenarnya salah kaprah, karena menyebabkan pembuluh darah pecah dan semakin gampang masuk angin..

    Mukhamad Sholikudin said...

    ternyata tak di indonesia saja ya kerokan itu, saya pernah sekali dan sakit banget + geli geli. :-D

    Lupa Nama said...

    nicepost , ,
    saya belu pernah di kerok , , , :D :D

    rhey bond said...

    dulu suka ragu kalau mo kerokan, suami suka ngelarang ktnya g bgus, jd pengen nunjukin kesuami post ini.. rasa habis dikerik itu kan maknyooos hehehehhe

    Valentino Febrian Blogspot.com said...

    Kirain kerokan ada di indonesia saja..ternyata ada dinegara lain juga ya mas

    Marnes Kliker said...

    Dari dulu saya paling anti ama yang namanya kerokan mas cuma pas usia SMA baru saya pernah ngerasain kerokan, itu aja ampe meringis-ringis saya nahan sakitnya....

    Abed Saragih said...

    Kerokan dibadan ternyata ada manfaat juga bagi kesehatan yakni membuka pembuluh darah sehingga aliran darah lancar dan tubuh menjadi sehat dan kuat

    TUTI said...

    kerokan sambil karokean mas :D

    Saud Karrysta said...

    Cara kerokan dari Mas Joe ini saya masih pakai jika saya terkena
    masuk angin, demam dan flu juga filek dan hasilnya jika kita alami
    Terkena sejenis penyakit yang saya tulis diatas alhamdullilah sembuh deh
    Terima kasih Mas Joe atas infonya :)

    horoscope 2014 said...

    nize post gan

    sopyan nurcahyana said...

    alhmd sob saya gag pernah termakan mitos itu :d
    soalnya sih yang nama na di pijit,urut dan kerokan saya gag pernah sekali pun :)

    heriyanto saputra mandala said...
    This comment has been removed by the author.
    heriyanto saputra mandala said...

    ternyata manfaatnya banyak, ini mematahkan pendapat bahwa kerokan itu berbahaya :D

    Purnomo Jr said...

    Kalo belum di keroki..blm bablas angine

    Langit said...

    hmm,.. kerokan, saya jg pernah sih,.. dan emang saya jg bingung kerokan itu memang baik atau tidak untuk metode pengobatan,.. ada yg bilang baik, ada jg tidak. kalo aku sih sekali" aja, ga sering" kerokan, takut lecet. hehe ")

    nice, salam,..

    Tinanic Azrialdi said...

    di Kerok,,,, emang paling pas kalau masuk angin, g perlu minum obat, cuma dikerok aja sudah cukup "Buat saya lho ya" hehehe... dan memang sih bikin ketagihan,

    dedekusn said...

    Banyak yang bilang kerokan bikin ketagihan, makanya saya gak pernah kerokan :)

    Fahrizal Mukhdar said...

    Berarti kan nggak berbahaya. Hehe. Jadi kalo pegal2. kerokan yuk... hehe

    Huda Gamu said...

    masuk angin gak mau dikerokin

    WAWAN RAHMANTO said...

    waduh gabn kalo istriku hampir tiap hari kerok an ada gak cara menghentikan kecanduan kerok an ya !!

    joe said...

    yo diijolne karo rosita wae wan

    Kang Sun said...

    Kalau pas masuk angin, dikerokin pasti lgsg sembuh....kayaknya kerokan ini obat penyembuh alami ya, Sob!

    Berita Unik Seru said...

    yg pinter ngerok hubungi saya ya, saya bayar 10 rebu :-D

    Aisah K said...

    dikerokin emang enak tapi kalo ngerokin orang itu yang ga enak :)

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger