Tradisi Pernikahan Unik di Berbagai Negara

Posted on
  • Monday, July 1, 2013
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Semua orang mungkin hanya bercita-cita untuk menikah sekali saja dalam hidup. Dan untuk merayakan moment special tersebut biasanya lantas diadakan perayaan yang meriah. Namun di setiap negara di dunia memiliki tradisi unik yang berbeda-beda, bahkan di negara maju sekalipun.

    Bagi wanita Skotlandia, pernikahan harus dijalani dengan melewati tradisi penyiksaan terlebih dahulu. Tidak seperti pengantin di negara lain yang biasanya serba wangi dan cantik, di negara tersebut pengantin wanita akan disirami dengan susu basi, ikan busuk, sisa oli dan macam-macam cairan busuk lainnya. Konon tradisi yang tetap bertahan di jaman modern sekarang tersebut mempunyai satu tujuan, yakni untuk menyiapkan mental sang pengantin agar siap menghadapi hidup setelah perkawinan yang sulit dan penuh dengan cobaan dan ujian. 


    Sementara itu di negara Afrika, Tahiti, tradisi masyarakat di sana berbeda sama sekali. Setelah upacara pernikahan kedua mempelai akan berjalan di atas tubuh para tamu, kerabat dan sanak saudara mereka. Ya, para tamu tersebut akan tidur tengkurap di atas lantai dan membiarkan kedua pengantin menginjak-injak tubuh mereka, menjadikan mereka karpet hidup menuju ke dalam kamar pengantin. 

    Negara Korea Selatan mempunyai tradisi memukuli kaki pengantin pria dengan ikan kakap kuning. Seusai upacara pernikahan, pengantin pria lalu akan membiarkan dirinya diikat kuat-kuat lalu rekan-rekannya akan memukuli kakinya dengan ikan kakap kuning yang telah disiapkan tadi. Rupanya ritual ini bertujuan agar pengantin pria tetap prima dalam menjalankan tugas berat di malam pertama. 

    Pada masyarakat Ukraina ritual perkawinan dilakukan dengan jalan membakar patung mak comblang yang telah menjodohkan kedua pengantin. Menurut tradisi di negara tersebut tujuan pembakaran tersebut adalah jika di kemudian hari ada permasalahan dalam perkawinan yang membuat kedua pengantin tidan akur, dengan membakar patung mak comblang diharapkan agar salah satu pengantin tidak kabur dengan mak comblang tersebut. 

    Di Roma upacara perkawinan yang romantis harus diakhiri dengan sebuah petualangan tak ubahnya film Hollywood. Karena di sana pengantin pria harus bisa menculik pengantin wanita. Konon tradisi tersebut masih berlangsung dalam masyarakat gipsi Romawi. Bila pengantin pria berhasil menculik pengantin wanita dan menyekap pengantin wanita selama dua atau tiga hari, maka pengantin itu baru dinyatakan sah sebagai suami istri. 

    Bila selama ini kita biasanya menganggap wanita langsing lebih cantik daripada yang bertubuh gendut, hal itu tidak berlaku bagi masyarakat Mauritania. Karena di sana akan berlomba-lomba untuk membuat pengantin perempuan bertubuh gemuk dengan cara membuat si wanita makan sebanyak-banyaknya. Wah(reff: Kartini/ill: decorativestickers.co.uk)

    8 comments:

    IrmaSenja said...

    waw,...unik-unik ya kebiasaan pernikahan ini. hemmm...saya tetep pilih tradisi Indonesia saja :D

    BlogS Of Hariyanto said...

    saya juga suka dengan perempuan yang gemuk....salam :-)

    Muhammad A Vip said...

    di indonesia juga tradsi pernikahannya banyak sekali, sayang sekarang kecenderungannya mengikuti gaya eropa. juga kesulitan ekonomi sepertinya jadi sebab tradisi yang rumit2 mulai tak dipakai lagi

    Vania said...

    Informasi yang sangat menakjubkan... Sekali...

    selvi rahmayanti said...

    tradisi atau adat dalam pernikahan di indonesia ini sudah mulai punah karena banyak yang menginginkan ala eropa sana..
    sayang sekali yaa

    Mila Said said...

    aku mau jadi wanita di mauritania ajah

    gugi said...

    ohh menikahlah denganku

    Menjejak Dunia said...

    artikelnya menarik, mungkin akan lebih baik kalo disertai dengan foto-foto yang menggambarkan tradisi tersebut.

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger