Fakta-Fakta Seputar Bumi dan Geografi

Posted on
  • Thursday, November 17, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Bumi dengan wilayah yang mencapai luas permukaan 510 juta kilometer persegi, massa seberat 59.760 miliar ton dan diperkirakan telah berumur 4,9 milyar tahun menyimpan banyak anomali geografis dan geologi serta misteri. Berikut adalah beberapa fakta aneh yang berkaitan dengan geografi, geologi serta bumi:

    Suatu wilayah yang mempunyai nama terpanjang terdapat di Thailand, yaitu terdiri dari 163 huruf. Dan nama tersebut adalah: “Krung thep maha nakorn amorn ratana kosin¬mahintar ayutthay amaha dilok phop noppa ratrajathani burirom udom rajaniwes¬mahasat harn amorn phimarn avatarn sathit sakkattiya visanukamprasit”. Dan nama itu tak lain adalah ibukota negara Thailand alias Bangkok. Nama terpanjang ke dua adalah milik sebuah bukit di New Zaeland yaitu “Taumatawhakatangihangak oauauotamateaturipukaka pikimaungahoronukupokaiwhe nua kitanatahu”. Dan yang ketiga adalah sebuah desa di Wales yang punya nama aneh: “Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwyll llantysiliogogogoch’.

    Sebaliknya tempat dengan nama terpendek di dunia adalah ‘Å’ yang berlokasi di Swedia dan Norwegia, A sendiri berarti ‘sungai’. Dan Gunung Circeo yang terletak di pantai barat Italia memiliki nama yang aneh karena terdiri dari 5 huruf vocal yaitu ‘Aeaea

    Berdasarkan luasan permukaannya, maka kota terbesar di dunia adalah Hulunbuir, yang termasuk ke dalam wilayah Mongolia dengan luas 263,953 km persegi. Untuk kategori wilayah Negara, nama negara dengan wilayah terluas adalah Rusia dengan wilayah seluas 17.075.400 km². Dengan wilayah yang terbentang dari Eropa sampai Asia maka tak heran kalau negara ini luasnya kurang lebih dua kali wilayah Republik Rakyat Cina, Kanada atau Amerika Serikat. Sebaliknya Vatikan adalah negara terkecil di dunia dengan luas wilayah hanya 0,44 km².

    Tempat-tempat dengan suhu terpanas di bumi yang pernah tercatat adalah di El Azizia, Libya dengan suhu mencapai 136 F atau sekitar 58 C. untuk suhu terendah adalah sebesar -134 F atau sekitar -92 Celcius yaitu di wilayah Vostok Antartika. Sedangkan untuk suhu rata-rata terpanas berada di wilayah Australia barat dengan temperature rerata yaitu 96 F atau sekitar 36 C.

    Lesotho, Vatican City, dan San Marino adalah Negara-negara yang wilayahnya dikelilingi oleh wilayah Negara lain. Lesotho dikepung oleh wilayah Afrika Utara sementara Vatikan dan San Marino dikelilingi oleh Negara Italia. Alaska adalah wilayah Negara Amerika yang berada paling utara, timur dan barat.

    Walaupun Gunung Everest dikenal sebagai gunung yang tertinggi di dunia bila diukur dari atas permukaan laut, namun wilayah di bumi yang paling dekat dengan bulan adalah Gunung Chimborazo. Gunung Chimborazo yang terletak di Ekuador memiliki ketinggian 6.310 meter dan hanya selisih sedikit dari Gunung Everest.

    Namun Gunung Chimborazo menjadi gunung tertinggi di atas pusat bumi, hal ini karena bumi memiliki poros yang bulat. Dan tempat terendah di bumi berada di Palung Mariana yang memiliki kedalaman 10.911 meter. Untuk danau paling dalam adalah Danau Baikal sedalam 1.637 m, sedangkan danau terluas adalah Laut Kaspia yaitu 394.299 km2.

    Gletser menyediakan antara 70 hingga 80% dari semua air tawar di bumi dengan 99% dari gletser itu terdapat di Kutub Utara dan Antartika. Pada 1811 dan 1812, gempa bumi berkekuatan sekitar 8 skala Richter, menyebabkan Sungai Mississippi mengalir mundur. Gempa bumi ini juga menciptakan Danau Reelfoot di Tennessee. (reff: listverse.com/ill: flickr)

    33 comments:

    Fiction's World said...

    wow :O itu yang namanya terpanjang gimana ngapalinnya ya :O
    danau terbesar adalah laut kaspia hhihhi galau tuh danau tapi namanya laut ya

    TUKANG CoLoNG said...

    berasa kembali ke pelajaran geografi ya mas :)

    nita said...

    gambar illustrasinya bagus banget...

    ria haya said...

    kasihan banget tuch yg mo ngeposin sesuatu ke alamat yg begitu panjang

    catatan kecilku said...

    Yang menarik tuh tentang nama yg paling panjang... Kok bisa ya nama tempat sepanjang itu? Gimana ngapalinnya? hehehe

    the others.... said...

    Pengan tahu spt apa lokasi yg diberi nama "A" itu... :p

    Bayu Hidayat said...

    Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwyll llantysiliogogogoch berarti apa tuh panggilannya. hmm bingung

    joe said...

    Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwyll llantysiliogogogoch itu mempunyai arti "The church of St. Mary in the hollow of white hazel trees near the rapid whirlpool by St. Tysilio's of the red cave"

    ysalma said...

    Kalau geografis Indonesia: Negara dengan kepulauan terbanyak ya :D

    kakaakin said...

    Wah... membacanya aja beribet banget tuh, yang memiliki nama terpanjang. Bakalan sulit ngapalinnya :D

    Rawins said...

    kalo nama orang terpanjang milik orang indonesia
    cari aja di pesbuknya 4l4y
    heheh

    Popi said...

    Taumatawhakatangihangak oauauotamateaturipukaka pikimaungahoronukupokaiwhe nua kitanatahu...

    Aku tau pendeknya: AUO... atau KITA NDAK TAHU... :D

    Ejawantah's Blog said...

    Foto ilustrasinya menandakan isi perut bumi ya Mas. Mungkin bila bumi ini pecah isinya akan keluar seperti itu.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah's Blog

    Stupid monkey said...

    wah ... berarti kl mo terbang kebulan bisa langsung dari Gunung Chimborazo aja, kan deket ...

    Nia said...

    Desa di wales yg namanya aneh kira2 suka salah tulis ngga yach? secara benar2 ngga bisa kebaca hehehe....

    DewiFatma said...

    'Llanfairpwllgwyngyllgogerychwyrndrobwyll llantysiliogogogoch’

    Gimana mbacanya nih..?? :D

    Terima kasih ilmunya Mas Joe..

    Disabilitas dan Pandangan Masyarakat said...

    lho, gunung tertinggi di dunia itu bukannya mount everest ya?

    r10 said...

    libya memang panas, kalau tak salah tentara Nazi/italia dulu pernah memamerkan menggoreng telur di tank (tanpa minyak goreng)

    jadi bisa dibayangkan betapa panasnya libya

    The Loe said...

    hanya kira-kira saja

    Muhammad A Vip said...

    kalo Rusia sedemikian luasnya, bagaimana dulu saat masih bernama uni soviet ya? kalo lihat di peta kayaknya tak begitu luas.

    Desy Noer said...

    ngapalinnya gimana yaa.. gambarnya oke banget..

    anime lover said...

    Kunjungan balik y gan ^^
    Thx infonya

    http://4share-information.blogspot.com

    Salam blogger Indonesia
    Jangan lupa komentarnya ^^
    Lebih baik saling menyapa sesama blogger Indonesia

    jangan lupa follow jga ^^
    ( bila berkenan )
    Atau subscribe
    Pastinya akan saya foll back / subscribe back
    Happy blogging and selalu berkunjung

    Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

    hehehe ada ya nama tempat cuma A doank irit hurup :D

    Workshop Bisnis Online said...

    berkunjung sob..salam blogger
    sukses selalu yah..:)

    gede satu said...

    testing satu dua tiga, dicoba

    training outbound di malang said...

    kunjungan ..
    salam sukses selalu ..:)

    xamthone plus said...

    duh jadi inget guru geografi ane waktu smp nihh ..kocak cara membahasnya ..:D

    obat stroke herbal said...

    salam kenal ..

    cara menjadi agen xamthone plus said...

    salam kenal..

    agen xamthone plus bandung said...

    salam kenal..

    pulsa said...

    pengen ke rusia, ngliat budaya dan alamnya, keren sptnya..

    parfum said...

    imlu geologi memang ga ada batasnya :D

    outsourcing service indonesia said...

    ilmu geografi jaman aku smp doang aku dapet ilmu ini. hehee

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger