Penemuan-Penemuan Terbesar Sepanjang Masa

Posted on
  • Tuesday, November 22, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Beberapa inovasi dan penemuan yang telah dilakukan oleh para ilmuwan di masa lampau sangat berpengaruh terhadap kehidupan dunia di masa kini. Meski beberapa penemuan itu masih harus jauh disempurnakan namun setidaknya telah meletakkan dasar bagi penemuan lebih lanjut. Berikut adalah beberapapenemuan-penemuan terbesar sepanjang masa itu:

    Imunisasi/antibiotik. Lebih dari tiga abad yang lalu, hampir semua orang meninggal karena penyakit-penyakit menular. Ketika pecah wabah penyakit pada tahun 1347, ia membunuh hampir setengah dari Eropa dalam waktu sekitar dua tahun. Ketika penyakit cacar mewabah Amerika Utara, penyakit ini mampu mematikan penduduk pribumi sekitar 90 persen dalam waktu satu abad. Sampai akhir tahun 1800, penyebab utama yang menyebabkan kematian di Barat adalah tuberkulosis. Hampir tidak ada orang meninggal di usia tua saat itu, itulah sebabnya kehadiran antibiotik adalah bagaikan dewa penyelamat.

    Plastik. Plastik terdiri dari kondensasi organik atau penambahan polimer dan mungkin mengandung zat-zat lain untuk meningkatkan performa atau ekonomi. Ada beberapa polimer alami yang umumnya dianggap "plastik". Plastik pertama berbasis pada polimer sintetik dibuat dari fenol dan formaldehida, dengan metode sintesis yang layak dan murah diciptakan oleh Leo Hendrik Baekeland pada tahun 1909, produk yang dikenal sebagai Bakelite. Selanjutnya poliamida poli (vinil klorida), polistirena, polietilena (polyethene), polypropylene (polypropene), (nilon), poliester, akrilik, silikon, poliuretan berada di antara banyak jenis plastik yang dikembangkan dan telah sukses komersial yang besar.

    Komputer. Tahun 1837, Charles Babbage adalah orang pertama yang menciptakan konsep dan desain komputer mekanik yang disebut "The Analytical Engine". Namun karena keterbatasan biaya, dan ketidakmampuan menghasilkan desain yang menarik, Babbage tidak pernah benar-benar berhasil mengembangkan Analytical Engine. Dalam skala besar kemudian baru dikembangkan oleh Herman Hollerith dan diproduksi oleh Computing Corporation Tabulating Recording, yang kemudian menjadi IBM.

    Pestisida. Sejak sebelum 2500 SM, manusia telah menggunakan pestisida untuk mencegah kerusakan pada tanaman budidaya. Pestisida yang dikenal pertama adalah elemen sulfur debu yang digunakan di Sumeria sekitar 4.500 tahun yang lalu. Pada abad ke-15, bahan kimia beracun seperti arsenik, merkuri dan timah telah diterapkan untuk tanaman guna membunuh hama. Pada tahun 1939, Paulus Muller menemukan bahwa DDT adalah insektisida yang sangat efektif dan segera menjadi pestisida yang paling banyak digunakan di dunia. Namun, pada 1960-an, ditemukan adanya indikasi bahwa DDT merupakan ancaman besar bagi keanekaragaman hayati. Penggunaan pestisida telah meningkat 50 kali lipat sejak 1950 dan 2,5 juta ton pestisida industri sekarang digunakan setiap tahun.

    Mobil. Pada tahun 1769, kendaraan bermotor pertama diciptakan oleh montir asal Perancis, Nicolas Joseph Cugnot. Kemudian pada tahun 1885, Karl Benz merancang dan membangun mobil pertama praktis di dunia yang didukung oleh mesin pembakaran internal. Pada tahun 1885, Gottlieb Daimler melangkah lebih lanjut dan mematenkan apa yang umumnya diakui sebagai prototipe dari mesin bensin modern dan kemudian menjadi kendaraan bermotor pertama yang berjalan pada roda empat. (reff: listverse.com/ill: trade.indiamart.com)

    50 comments:

    satu gede said...

    mungkin satu lagi ada mie instan

    kettyhusnia said...

    wah mengerikan..sejak tahun 1939 dunia sudah menggunakan DDT sebagai insekt?? jadi wajar jika bumi kita sekarang kepayahan ..hiks hikss
    apa kabar bang Joe..lama saya tak menyambangimu..semoga selalu sehat.

    Fiction's World said...

    antibiotik itu kayaknya penemuan mujarab banget gitu :P plastik juga sih tapi sekarang penggunaannya udah terlalu berlebihan ya

    Gaphe said...

    koq listrik nggak masuk ya?. padahal kan listrik juga penemuan paling besar sepanjang masa.

    wah, lama nggak mampir sini joe.. maaf yah :)

    Bayu Hidayat said...

    penemu ini luar biasa ya. tapi ngak terlalu di kenang

    rezkaocta said...

    antibiotik!
    big thanks buat yg udah nemuinnya. Gak kebayang gimana cepet punahny umat manusia tanpa penemuan yg satu ini
    ("_ _)

    DeWay said...

    Itu penemuan yang merubah peradaban manusia. Thanks infonya

    Rawins said...

    yang terbesar roda om...
    tanpa roda ga akan ada mesin

    jimmy63 said...

    antibiotik emang penemuan yang hebat banget gan dan sangat berguna bagi manusia tapi sekarang antibiotik belum ampuh untuk menyembuhkan segala macem penyakit

    kunjungan siang dasi saya

    Miss 'U said...

    imunisasi?? hmm....

    Tomo said...

    komputer sekarang banyak digunakan

    Obat Sakit 2011 said...

    yang menemukan orang yang hebat

    Uswah Islam said...

    benar-benar inovasi yang hebat sepanjang masa

    Hikmah Teladan said...

    dengan penemuan baru kehidupan makin berkembang dan tentu makin memudahkan manusia dalam menjalankan segala aktifitas sehari-hari

    Elsa said...

    penemuan penemuannya itu.... benar benar mengubah cara hidup manusia yaaa

    kita sekarang gak bisa hidup tanpa barang barang tersebut

    Meutia Halida Khairani said...

    kalo menurut saya, satu lg itu adalah obat bius. kebayang deh kalo dulu orang mau di bedah dikasi sendok buat digigit

    Workshop Bisnis Online said...

    berkunjung sob..salam blogger
    sukses selalu yah..:)

    Muhammad A Vip said...

    penemuan besar iya, tapi saya tidak setuju kalau disebut terbesar.

    r10 said...

    daftar diatas penemuan mendasar terpenting menurutku :)

    NuellubiS said...

    nice share... :)

    John Terro said...

    setahuku sih, akhirnya komputer dibuat lagi tahun 1960

    mandor said...

    sesuatu yang dianggap wabah hukuman dari Tuhan ternyata ada penjelasannya secara medis. Penemuan antibiotik sangat mengembangkan dunia medis secara keseluruhan

    Sang Cerpenis bercerita said...

    yg menemukan itu sungguh hebat.

    Sukadi said...

    Betapa berjasanya para penemu itu, manfaatnya dinikmati sampai sekarang dan mungkin nanti, dari masa kemasa tidak lekang ditelan jaman..

    Digital SLR Camera said...

    Nice articles...
    thanks for sharing

    Lidya - Mama Pascal said...

    share yang berguna. masalahimunisasi masih banyak pro kontra ya saat ini

    attayaya-bono said...

    dunia terus berkembang
    makin banyak penemuan, makin memudahkan manusia (seharusnya)

    ceritabudi said...

    Terima kasih banyak infonya kang...terkadang penemuan besar bisa terabaikan yach...

    Nyach said...

    kita wajib berterimakasih kepada sang penemu itu, betapa mahalnya jasa mereka.
    tentang foto makhluk metafisik, itu lo mas yg di atas kepala anak wanita berwujut apa gitu hiiii ngeri

    rezKY p-RA-tama said...

    gak kurang banyak itu
    nampaknya banyak dah
    hehehh
    makanan itu termasuk g ya?

    uci cigrey said...

    gunting kuku :)),
    komputer tuh yaahhh, juara. Gaphe bener juga, listrik penemuan terbesar sepanjangggg

    TUKANG CoLoNG said...

    komputer itu kayaknya paling yang keren bagi saya.. :)

    Obat Sakit 2011 said...

    selamat tahun baru

    kang nur said...

    Yang pertama kali membuat itulah yang hebat, selanjutnya kan hanya mengembangkan

    DenBaGas said...

    Salam

    Buat daftar penemuan lagi mas Joe.. Masih ada loh yang belum tertulis di postingan biar tambah lagi pengetahuan dan infonya mas joe. :)

    Popi said...

    tapi jangan sembarangan makan antibiotik! kalo anak2 biasanya giginya jadi keropos coklat gitu...

    soewoeng said...

    yang nemu uangku siapa ya?

    Imtikhan said...

    Selamat Natal & Tahun Baru

    Qorish said...

    so lets say thanks to the inventors!

    muarra said...

    wa benar2 penemuan yg besar bgt bro,, ane stju bgt,,,
    great info gan,, ane suka bgt blog ne,,,

    outbound malang said...

    kunjungan gan .,.
    Belajarlah untuk bisa menerima sesuatu yang baru.,.
    di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

    Informasi Dunia Samaran said...

    wah infonya bagus sob..
    sangat bermanfaat & lengkap lagi..
    makasih ya :)
    salam kenal :)




    #Happy BLogging :D

    obat herbal darah tinggi said...

    penemuan baru tergantung pada mereka yg menggunakannya...

    Obat Herbal Diabetes Melitus said...

    penemuan akan disebut besar apabila apa yg ditemukannya itu bermanfaat selamanya....

    CARA PENGOBATAN said...

    informasi yang sangat bagus sekali gan,.,.

    JANTUNG BOCOR said...

    nice infonya gan,.,.

    REFI ALIYEFI said...

    info yang sangat membantu sekali gan,.,.

    Chika said...

    Makasih buanget inpo-nya.

    fadila a said...

    sepertinya ada yang kurang sob.. listrik patut dibuat menjadi salah satu penemuan terbesar dan pling bermanfaat

    nasphie said...

    sepanjang masa?
    kalau internet terbesar ga? kyaknya termasuk juga yah

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger