Fakta-Fakta Seputar Ponsel

Posted on
  • Wednesday, August 3, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Rasanya sudah begitu tergantungnya manusia dengan ponsel, sehingga seakan benda kecil ajaib itu telah dengan sukses menjajah manusia. Sebab mulai dari kita bangun tidur hingga menjelang tidur lagi, tak lepas dari ponsel. Berikut adalah fakta-fakta seputar ponsel

    Ponsel pertama. Panggilan telepon melalui ponsel pertama kali dilakukan pada tahun 1973 oleh seorang karyawan Motorola Martin Cooper, dan panggilan itu dilakukan pertama kali kepada Joe Engel yang merupakan karyawan dari perusahaan rival yaitu AT&T. Dan prototype ponsel portable pertama itu adalah Motorola DynaTAC yang kemudian juga menjadi ponsel pertama yang tersedia secara komersial pada 1984. Pada waktu itu ponsel tersebut dihargai dengan US $ 3,995 atau kalau senilai dengan US $9,000 saat ini.

    SMS 160 karakter. Ada beberapa teori tentang siapa yang menemukan teknologi SMS. Pesan pendek pada ponsel tersebut dikembangkan pada berbagai system komunikasi menjelang akhir abad ke 20 dan seseorang yang disebut-sebut menciptakan SMS adalah Hillebrand Friedhelm dari Jerman. Hillebrand menemukan konsep pesan 128 byte yang akan dikirim melalui jaringan ponsel. Bahwa pesan pendek itu mempunyai keterbatasan karakter semua orang sudah maklum, namun mengapa dengan batasan 160 karakter, tidak banyak yang tahu alasannya.

    Cerita berlanjut bahwa pada tahun 1985 Hillebrand bereksperimen dengan membuat sebuah catatan pada mesin tik untuk menentukan panjang pesan SMS yang ideal. Hillebrand menghitung jumlah huruf, angka, tanda baca dan spasi pada halaman dan setiap kali tulisan tersebut berlanjut pada satu atau dua baris dan hampir selalu terhenti di bawah 160 karakter. Mungkin itulah alasan mengapa kemudian SMS hanya dibatasi dengan 160 karakter.

    Ponsel termahal di dunia. iPhone 4 "Diamond Rose" disebut-sebut sebagai ponsel termahal di dunia dengan harga harga sebesar £ 5 juta atau US$ 8,184,968.42. Stuart Hughes yang merancangnya menambahkan 500 berlian 100 karat, sebuah mawar emas pada logo Apple dengan 53 berlian, serta berlian pink 7.4 karat pada tombol home.

    Telephonophobia, Nomophobia, Frigensophobia dan Ringxiety. Dalam hubungan antara manusia dengan ponsel ternyata juga menimbulkan sejumlah kelainan mental yang berkaitan dengan ponsel. Dan kelainan-kelainan jiwa yang berhubungan dengan ponsel tersebut adalah telephonophobia, yaitu ketakutan untuk melakukan panggilan ataupun menjawab panggilan via ponsel. Nomophobia, perasaan takut akan kehilangan ponsel atau bahkan berada di suatu wilayah yang tidak terjangkau sinyal ponsel. Ringxiety digambarkan sebagai "fenomena psiko-akustik" yaitu saat kita seolah-olah mendengar (atau merasa) bahwa ponsel kita bordering padahal tidak. Frigensophobia adalah ketakutan bahwa ponsel dapat menyebabkan kerusakan pada kotak.

    Ponsel terlaris. Mungkin kita mengira bahwa Apple iPhone adalah ponsel terlaris di dunia saat ini. Kenyataannya ponsel tersebut hanya menduduki peringkat lima besar sebagai ponsel terlaris. Karena ponsel paling laris di kolong jagat adalah Nokia 1100. Ponsel sederhana yang dirilis tahun 2003 tersebut telah terjual lebih dari 250 juta di seluruh dunia dan disusul ponsel Nokia seri 3210 dan 3310. (reff: mashable.com/ill: ehow.com)

    35 comments:

    Gaphe said...

    hebat yah, masih inget panggilan pertama melalui ponsel tahun berapanya.. hahaha..

    emang nokia 1100 tuh hape berjuta umaat

    ketty husnia said...

    iya ya,..kenapa smsnya cuma 160 karakter?? koq ga digenapkan jd 200 heheehhe..kalo dipikir2 sms itu spt pesan telegram tempo dulu..:)

    Claude C Kenni said...

    Gua ga pernah bisa inget merk handphone gua, hahaha...yg gua inget, HP pertama gua tuh panasonic slim buatan Cina, hehehe

    bopfive5 said...

    ogt ya knp hnya 160 krkter,nokia dlunya hbat sekrang sdh mw jatuh

    Rawins said...

    pertama pake hape taun 97an
    masih pake amps
    boro-boro sms
    keluar kota dikit aja dah ilang sinyal

    kang nur said...

    Semuanya tercatat rupanya...

    pendarbintang said...

    Ah......iPhone lagi...lama-lama saya jadi beli nie...hehehehe

    Tapi saya sedang ingin beli Nokia dengan fitur-fitur sederhananya karena dengan banyak fitur juga mengakibatkan pemborosan juga ternyata :D

    joe said...

    fiturnya sama seperti iPhone biasa, yang membuat mahal adalah karena ada berliannya itu

    Adryan Nurdien said...

    hape sekarang memang udah multifungsi..
    tapi yang aku tahu, kebanyakan orang2 cuman pake hape sekedar untuk telpon dan sms..

    catatan kecilku said...

    Jadi Nokia tetap primadona ya? Dulu aku Siemens minded tapi sekarang sih udah berkali-kali ganti merk HP. :)

    Popi said...

    kalo saya sih jujur lebih senang Hp Nokia jaman jadul yg mirip wireless. Terlalu canggih bikin pusing..sayang banyak fitur yg ga kepake. Norak ya? :D

    Sang Cerpenis bercerita said...

    oh ada juga ya phobia terhadap ponsel...

    proyo said...

    mantaf infonya bang...

    Elsa said...

    kayak apa ya
    ponsel yang bergelimang berlian itu...
    pasti bling bling cantik

    Baby Dija said...

    Dija minta Tante Elsa aaahh
    minta beliin iPhone 4 yang ada berliannya itu

    omiyan said...

    Hp ga musti mahal toh ujung-ujungnya juga baut sms ma nelpon .... sing penting isi pulsanya gan heheheheheh

    Ami said...

    Fotonya Nokia 1100 ada gak?

    uci cigrey said...

    1100 yah, berjuta2 umat euy itu.
    ngga kebayang kedepannya hp jadi kaya apa canggihnya..

    Fiction's World said...

    waw :O hape terlaris ternyata hape jadul ya :D

    saryadinilan said...

    satu lagi nich ilmu bertambah,nice artikel,love,peace and gaul.

    pakde sulas said...

    mungkin angka 160 itu sangat istimewa, sms hanya dibatasi sampai 160 bukan sampai 200 sekalian

    [L]ain said...

    waktu hape pertama ada bisa buat lempat anjing tetangga tuh. Berat banget. Harganya juga buseeet seharga laptop Apple.

    al kahfi said...

    hehe gak nyangka hp yg pertama dulu kupake Nokia 1100.merupakan hp terlaris sejagat,,nice info bro,,:)

    fitrimelinda said...

    wahh..ternyata nokia 110 yg paling laris ya???

    Muhammad A Vip said...

    nokia lambat tapi pasti mulai kehilangan konsumen, rasnya tak lama lagi akan merosot dari satu ke sembilan. haha

    Dhana/戴安娜 said...

    salam sahabat
    jadi kalau begitu keberadaan ponsel memang sangat dibutuhkan lhoh mas hehehe jadi oot nich gak papa yach
    maaf telat

    kira said...

    wow, info yg menarik...
    hp ku jadoel jg nih, lebh jadoel dari yg di foto. hohoho

    r10 said...

    sekarang sms 160 karakter diganti twitter 140 karakter :p

    TUKANG CoLoNG said...

    pantes nokia 1100 dipake gambarnya, karena dia terlaris ya :D

    Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

    ternyata nokia terlaris ya dulu, jd inget waktu smu hampir semua temenku make HP 3310 :D

    Suratman Adi said...

    Tulisan ini mengingat kan aq beberapa tahun yg lalu ketika pertama kali aq pny hp nokia 3310,pada sa'at itu udah termasuk hp keren bgt.Kadang senyum2 sndri kalo ingat hp tersebutTulisan ini mengingat kan aq beberapa tahun yg lalu ketika pertama kali aq pny hp nokia 3310,pada sa'at itu udah termasuk hp keren bgt.Kadang senyum2 sndri kalo ingat hp tersebut

    7 taman langit said...

    salam sejahtera. Maaf baru muncul lagi. Baru tahu fakta tentang ponsel nih. Terima kasihsalam sejahtera. Maaf baru muncul lagi. Baru tahu fakta tentang ponsel nih. Terima kasih

    DewiFatma said...

    Hahaha... apa masih ada yang pake Nokia 1100 itu? :D

    Candra said...

    haha seperti HP saya jadul saya...

    sentimeters said...

    ikut nyimak gan :D

    pertamax

    jangan lupa mampir :d

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger