Fakta-Fakta Kependudukan Indonesia

Posted on
  • Sunday, July 10, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah penduduk Indonesia pada tahun 2011 ini adalah 237.641.326 jiwa. Dengan populasi sebesar itu Indonesia menduduki peringkat ke empat negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia di bawah RRC, India dan Amerika Serikat.

    Dari 230 juta penduduk Indonesia berdasarkan komposisi gender, terdiri dari 119,5 juta berjenis kelamin lelaki dan 118 juta adalah wanita. Dari tahun ke tahun rasio perbandingan antara pria dan wanita terus meningkat. Propinsi Nusa Tenggara Barat adalah propinsi dengan jumlah wanita terbanyak dengan rasio 94 : 100, sedangkan Kabupaten Lombok Timur menduduki peringkat terendah dengan rasio 87 : 100.

    Dari jumlah penduduk sebanyak itu, 58 % di antaranya menempati Pulau Jawa yang mempunyai luas wilayah hanya 7 % dari keseluruhan luas wilayah Indonesia. Tiga propinsi dengan jumlah penduduk terbanyak adalah Jawa Barat 43 juta, Jawa Timur 37,4 juta dan Jawa Tengan dengan 32,3 juta.

    Meski menjadi pulau terpadat di Indonesia, menariknya laju pertumbuhan di Jawa adalah yang terendah, dengan dua propinsi mempunyai laju pertumbuhan terendah yaitu Jawa Tengah (0,37 %) dan Jawa Timur (0,76 %). Sebaliknya jumlah penduduk di Nusa Tenggara, Maluku dan Papua bila digabungkan hanyalah sebesar 7 % dari keseluruhan luas penduduk Indonesia.

    Laju pertumbuhan penduduk tertinggi terdapat di Propinsi Kepulauan Riau dengan (4,99 %), Riau (3,59 %) dan Papua (5,46 %). Khusu untuk Papua, jika dibandingkan dengan data pada tahun 1970, propinsi ini mencatat kenaikan laju pertambahan penduduk yang cukup fantastis, yaitu dari 2,6 % menjadi 5,46 %. Sedangkan Lampung turun dari 5,77 % menjadi 1,23 %.

    Rata-rata tingkat kepadatan penduduk Indonesia adalah 124 orang per km2, naik sebanyak dua kali lipat dibandingkan dengan 1971 yaitu 62 orang per km2. Tentu saja Pulau Jawa adalah yang terpadat, dengan pusatnya di DKI Jakarta yaitu 14.440 orang/km2, disusul di tempat kedua adalah Bali dengan kepadatan 673 orang/km2.

    Pertambahan penduduk Indonesia setiap 10 tahun adalah rata-rata 30 juta jiwa atau 3 juta per tahun. Dengan demikian pada setiap tahunnya pertambahan penduduk negara kita adalah sebesar negara Singapura. (ref: intisari/ill: m.andriewongso.com)

    48 comments:

    CORETAN HIDUP said...

    Wah, siapa sangka ya Indonesia sekarang menduduki peringkat 4 dunia untuk populasi terbanyak. Tentu akan makin banyak tantangan terutama usaha pemerintah yang harus membuka lapangan pekerjaan yg lebih banyak

    Arief Bayoe Sapoetra said...

    Wah ternyata Indonesia peringkat 5 besar dalam jumlah penduduk, kalau korupsi perngkat berapa ya sob,,,,hihihihihi aku ganti link url sob http://batakata.blogspot.com/

    Sugito Kronjot said...

    coba klo mningkatnya ekonomi spesat ini...

    beuuuh...

    Sang Cerpenis bercerita said...

    wah, gak sangka di Indonesia banyak cowok daripada cewek kya.mestinya gak ada poligami dong kalo gitu. hehee

    Dhana/戴安娜 said...

    salam sahabat
    wah rupanya penduduk Indonesia bener bener membludak ya mas,terima kasih infonya

    ria haya said...

    coba semua penduduk ini SDMnya OK, hmmm

    John Terro said...

    wah gila yah
    semakin sempit aja nih negara :)

    Sofyan said...

    haduhhh cepet banget pertumbuhan penduduk Indonesia sekarang nih,,,

    Terima kasih infonya

    Evet Hestara said...

    tiap tahun ada 3juta anak lahir? 1singapura? hwew! dewa!
    Negara yang aneh..

    Fiction's World said...

    soal jumlah penduduk bisa dibilang bersanding dengan negara-negara maju ya, sayangnya ekonominya belum bisa bersanding :(

    pendarbintang said...

    Angkah pertumbuhan yang fantastis, ck ck ck ck...yang paling terasa di bali nie...pertama aku datang enak dan legang sekarang mau kemana-mana harus macet.....wew!

    Batu said...

    kebanyakan penduduk ngumpul di pulau jawa...
    jakarta betul2 padat...
    kalo kalimantan bagaimana? gak padat kan?

    Qori Reader said...

    @Batu:
    Alhamdulillah Kalimantan masih sepi dan gak sesempit Jakarta atau kota besar lainnya.

    Menurut saya, untuk pertumbuhan penduduk semestinya di tahan dulu. Ditumbuhin dulu bidang ekonomi, gak usah impor tki/tkw, pindahin aja ke pulau yang masih sepi.

    iyud said...

    Persebaran penduduk tidak merata, akibatnya pembangunan juga kurang merata..

    Baha Andes said...

    Diperkirakan tahun 2015 Indonesia akan bersaing melawan perkembangan ekonomi China, India dan Brazil.

    Masbro said...

    Penduduknya segitu, apa cukup energi kita untuk seratus tahun kedepan ya?

    Popi said...

    banyak penduduk banyak rezeki...yakinlah itu! hehe..

    ujang said...

    penduduknya banyak tapi kualitas sdm nya rendah malah akan menjadi masalah...

    Tri Setyo Wijanarko said...

    nggak nyangka kalo penduduk pulau jawa itu padeett bangettt... mungkin nanti saya pindah ke sulawesi atau maluku saja buat ngurangin penduduk pulau jawa.. *emang ngefek gitu* hehe

    Fajar said...

    wah..sekarang..lebih banyak cowoknya..tho..

    Merliza said...

    negara yang luas.. tapi ternyata sempit banget :(

    uci cigrey said...

    banyak anak banyak rezeki, kalo banyak penduduk harusnya banyak rezeki juga ngga :D
    udah sebanyak itu yah penduduknya ternyata di Indonesia

    Cerita dewasa said...

    thanks info kependudukannya Bang, moga laju pertumbuhan penduduknya ideal ya...

    M A VIp said...

    konon hasil sensus terbaru penduduk wanita lebih banyak dari pria

    Uchan said...

    Dengan populasi sebesar itu, boro2 diadu sama cina. Orang2 India aja dah ga nganggep kita lagi. Selama orang atas masih gitu2 aja

    Obat Sakit 2011 said...

    banyak penduduk banyak rejeki gan

    Obat Sakit 2011 said...

    done today once

    TUKANG CoLoNG said...

    tetep bangga jadi penduduk Indonesia :D

    [L]ain said...

    pada males padang KB sih

    technual said...

    jumlah lelaki lebih banyak, berarti kiamat masih jauh

    Anonymous said...

    kemarin baru tak tambahin satu penduduknya..:P

    hp android said...

    kalo saja di imbangi dengan SDM yang baik pasti bisa menjadi negara maju

    Anonymous said...

    Emang sih dari sensus penduduk 2000 sampek 2010 laki2 indonesia ternyata lebih banyak dari wanitanya.......tapi kok yang ngebet poligami kayaknya mati-matian "mempertanyakan" kevalidan hasil sensus penduduk n tetep ngotot kalo wanita lebih banyak...aneh....

    Alhmdllh...untuung ane bukan pendukung poligami, udah punya bini n anak yang cakep2...hehehe

    tricajus said...

    kerennn

    hipnoterapi surabaya said...

    orang indonesia emang pada senengnya pd produksi anak banyak2 :D

    CARA PENGOBATAN said...

    infomrasi yang sangat bagus sekali gan,.,.

    JANTUNG BOCOR said...

    nice infonya gan,.,

    REFI ALIYEFI said...

    keren gan infonya sangat membantu sekali

    KISTA said...

    info yang sangat bagus sekali gan,.,.

    CARA DAFTAR said...

    makasih atas infonya...

    REFAND said...

    nice infonya gan, ane sangat suka..

    Ahmad Kali Akbar said...

    kalo yg ane baca sekarang, jumlahnya sekitar 250 jutaan...ckckckckck

    Sewa mobil jakarta said...

    begitu sudah banyaknya penduduk di indonesia

    CaraMembuatBlog4 said...

    banyak yang menurut sy ilmu baru

    tentang 'aku' said...

    SDM & SDA yg tidak seimbang....

    Anonymous said...

    bukannya jmlh penduduk 237.641.326 tahun 2010, bkn 2011 :/

    Seo Ninja said...

    your article is this very helpful thanks for sharing..............:)

    Leo Herbalis said...

    Thank you for sharing in this article
    I can learn a lot and could also be a reference
    I hope to read the next your article updates
    Vimax Asli
    Ciri-ciri Vimax Asli Canada
    Vimax Original
    Obat Pembesar Penis Herbal
    Agen Vimax Original
    Vimax
    Vimax Asli Canada
    Vimax Asli Canada Di Medan
    Vimax Original
    Vimax Asli Canada Izon
    Vimax Obat Pembesar Penis
    Vimax Asli
    Agen Vimax Original
    Obat Pembesar Penis Herbal
    Ciri Vimax Asli Canada
    Ciri Vimax Asli Canada
    Vagina Getar Goyang Alat Bantu Sex Pria
    Vimax
    Obat Pembesar Penis NeoSize
    Alat Pembesar Penis Terbaru Pro Extender
    Celana Pembesar Penis Celana Dalam Vakoou
    Vakum Pembesar Penis
    Vigrx Plus Obat Pembesar Penis
    KLG Pill Pembesar Penis Terbaik
    Obat Perangsang Wanita Terbaik Blue Wizard Cair
    Obat Perangsang Permen Cinta sex Love
    Potenzol Obat Perangsang Wanita Terbaik
    Obat Kuat Levitra
    Viagra USA Asli Obat Sex
    Cialis Obat Sex Pria Dewasa
    Vakum Pembesar Payudara Permanen
    Selaput Dara Buatan
    Penis Getar Goyang Mutiara Alat Bantu Sex

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger