Rahasia Kekuatan Popeye

Posted on
  • Wednesday, February 2, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Masih ingat dengan Popeye? Si tokoh kartun pelaut yang gemar makan bayam untuk memulihkan kekuatannya. Rupanya rahasia Popeye tentang kekuatannya dari bayam tersebut bukan isapan jempol belaka. Setidaknya hal itu yang terungkap dari penelitian para ahli.

    Menurut tim peneliti dari Swedia yang dipimpin oleh Professor Eddie Weitzberg, dari Karolinska Institute di Stockholm terungkaplah rahasia dari sayur bayam tersebut. Penelitian memang telah menemukan fakta ilmiah bahwa sayur bayam mengandung senyawa tertentu yang memang bermanfaat bisa menguatkan otot. Hanya saja, senyawa itu bukanlah zat besi seperti yang diduga selama ini, namun tak lain adalah nitrat.

    Nitrat inilah yang berfungsi untuk merangsang mitokrondria untuk dapat bekerja secara lebih efisien. Akibatnya ialah sel-sel tersebut mampu menghasilkan energy dalam jumlah yang lebih besar, walaupun dengan jumlah oksigen yang relative lebih sedikit.

    Namun demikian peningkatan kemampuan mitokondria dalam menghasilkan energi secara efisien tersebut dirasakan hanya dalam 3 hari. Dan dengan konsumsi nitrat secara teratur dari sayur bayam sebanyak 300 gram/hari, kebutuhan otot akan oksigen menurun cukup signifikan pada kisaran antara 3-5 persen.

    Sebelumnya, Prof Weitzberg dan koleganya Profesor Jon Lundberg juga menunjukkan bahwa dengan bantuan bakteri nitrat dapat meningkatkan kadar oksida nitrat dalam tubuh . Nitrit oksida adalah molekul yang dapat membuka pembuluh darah, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi. Penelitian baru yang dipublikasikan kemarin dalam jurnal Cell Metabolism, menunjukkan bahwa nitrat juga berguna untuk mengurangi 'kebocoran' pada mitokondria serta meningkatkan efisiensi mereka.

    Penelitian juga menunjukkan bahwa mouthwash atau obat kumur juga dapat mengurangi keunggulan nitrat dengan cara membunuh semua bakteri di dalam mulut yang dibutuhkan dalam menghasilkan oksida nitrat. (ref: dailymail.co.uk/ill: threegreenleaves.wordpress.com )

    18 comments:

    BlogDangkal said...

    sampai malam ini saya masih menganggap bayam mengandung zat besi....Ternyatah...Nitrat.
    Hebat ya mereka (popeye) membuat cerita dengan jalan cerita mendasar,ilmiah.

    Teras Info said...

    WAh...sewaktu kecil dulu, saya suka sekali makan sayur bayam, rasanya ngga mau makan kalau ngga ada sayur,..
    tapi sekarang, malah males makan sayur...
    kenapa ya? bosa kali ya..he..he..

    terimakasih banyak atas infonya, Mas..

    Mood said...

    Wew, salah presepsi. Kirain zat besi yang ada dibayam, gag taunya nitrat ya.
    Eh. . Sayapun suka bayam, tapi setelahn memakannya kok gag berasa kaya Popeye yak :P

    joe said...

    pasti karena gak ada olive-nya gan...

    TuSuda said...

    Secara tidak langsung sebenarnya film animasi ini mempromosikan agar rajin makan sayur biar kuat.

    TUKANG CoLoNG said...

    ga ada yg masakin bayem....:(

    muhamaze said...

    wehehe
    saya suka bayam, apalagi kalo dibikin bakwan bayem :D

    Lily Kasim Personal Blog said...

    wahhh...bayam boleh makan niy menu besok...

    Masbro said...

    Ah ntar cari sayur bayam ah, biar kuat kayak popeye, hehe..
    Ohya mas, ada award buat sampean. Silahkan diambil di acacicu. Tengkyu Mas Joe;

    joe said...

    oke gan langsung ke TKP...

    Dhana/戴安娜 said...

    Salam sahabat maaf telat rahasia kekuatan popeye sangat signifikan dengan sayuran yach terima kasih

    Daris Firzan said...

    oo, gitu ya, thanks atas infonya , oya follow back blog saya ya :)

    salam

    joe said...

    nggak apa-apa kok mbak, thanks telah berkunjung

    primeedges said...

    Saya suka banget sayuran, apa saja sih, gak cuma bayam, hahahaha... Salam kenal mas...

    sedjatee said...

    bukannya gak suka bayam
    tapi dijakarta sayuran juga susah n mahal
    makan gado-gado juga sehat kan?
    hehehe.. salam sukses..

    sedj

    Noor's blog (inside of me ) said...

    Wah...baru tahu juga kalo bayam itu mengandung Nitrat, makasih infonya....

    Blog Santai said...

    wah, keren.. Saya suka makan bayam.
    Tapi kok gak sekuat Popeye yak?
    Bisa ngangkat beban2 berat gitu, hehehe.....

    niQue said...

    Ngerti khasiat bayam, tapi nda terlalu suka,
    sesekali bolehlah, tapi blom tentu seminggu sekali, bahkan kadang2 baru ketemu lagi bulan berikutnya. :((

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger