Benarkah Mona Lisa Adalah Seorang Pria?

Posted on
  • Thursday, February 3, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Meski lukisan Mona Lisa telah berusia berabad lamanya namun tafsir tentang siapa di balik pemilik senyum misterius tersebut tak berhenti sampai sekarang. Beberapa ahli telah menghabiskan banyak waktu untuk menyelidiki keberadaan mahakarya Leonardo da Vinci tersebut dan mengungkapkan fakta baru yang mengejutkan: bahwa Mona Lisa ternyata adalah seorang pria!

    Adalah seorang peneliti Italia, Silvano Vinceti yang mengungkapkan bahwa seseorang yang menjadi model bagi lukisan Mona Lisa yang sekarang tersimpan di Louvre, Paris, adalah pria muda bernama Gian Giacomo Caprotti, yang telah lama bekerja dan menjadi kepercayaan Leonardo da Vinci.

    Meski masih menjadi perdebatan, hasil penelitian ini sekaligus membantah anggapan yang ada selama ini yang berkembang bahwa Mona Lisa adalah Lisa Gherardini, istri seorang saudagar sutra dari Florentine. Sebelumnya para sejarawan juga berasumsi bahwa lukisan Mona Lisa adalah berdasarkan pada lukisan potret diri sang maestro tersebut.

    Menurut Vicenti yang juga Presiden National Committee for Cultural Heritage Italia semua tampilan pada lukisan Mona Lisa menggambarkan ciri seorang pemuda. Dengan badan ramping, namun bukan banci dan rambut keriting dengan raut wajah hampir identik dengan Mona Lisa.

    Silvano Vinceti juga telah menganalisis lukisan menggunakan teknik pembesaran tingkat tinggi, dan mengklaim telah menemukan huruf 'S' di mata model, yang mungkin berarti Salai, yang tak lain adalah nama lain dari Caprotti. Selain itu beberapa karya Leonardo, termasuk St John the Baptis dan gambar yang berjudul Angel Incarnate, juga menggunakan model Salai.

    Masih menurut Vicenti, Salai adalah model favorit bagi Leonardo. Leonardo juga memasukkan karakteristik Salai dalam versi terakhir dari Mona Lisa. Caprotti alias Salai bekerja sebagai asisten Leonardo selama sekitar 20 tahun. Dia mendapat julukan Salai atau 'Setan Kecil'.

    Caprotti juga disinyalir menjadi model beberapa subyek lukisan erotis yang dihasilkan sang jenius. Bahkan disebut-sebut Caprotti yang tampan tersebut telah menjadi kekasih Leonardo da Vinci. Jadi apakah sang maestro adalah seorang gay?. (ref/ill: dailymail.co.uk)

    24 comments:

    aryadevi sudut kelas said...

    wah ini info baru bagi sy....hehehe Leonardo seorang Gay....^_^

    fitr4y said...

    wew ... berita yg cukup mengejutkan ...

    Lily Kasim Personal Blog said...

    ohhh sang maestro selalu begitu..meninggalkan jejak bahkan puluhan ratusan tahun berikutnya...membuat orang2 menerbitkan publikasi bahkan menghasil banyak sarjana,.....heheheh....

    wits said...

    sepertinya patung manalisa itu cewek kok, mslhnya ada lagu dari All-4-one yang berjudul smile like monalisa. Nah, setidaknya ini mengindikasikan bahwa monalisa itu cewek.

    ini menurutku ya, tiap orang punya pandangan yg berbeda:)

    Junaedi said...

    oh aq baru tau kalau Lukisan Monalisa modelnya adalah seorang pria mungkin bisa saja ia operasi ganti kelamin. benar gak Joe

    hudaesce said...

    emang agak mirip2 dengan pria juga sih jika diliat2 lebih dalam lagi wajah monalisa ni.

    Goyang Karawang said...

    atau jangan2 itu pacarnya da vinci? atau jangan2 da vinci pacaran sama laki2 :D hehe.. menarik untuk disimak penelitian2 selanjutnya tentang misteri lukisan ini

    Noor's blog (inside of me ) said...

    Membicarakan rahasia di balik lukisa Mona Lisa memang selalu menarik, dan apa yang saya baca diatas agak mengejutkan. Leonardo da vinci gay ? wah...wah..makin bikin penasaran !

    Herdoni Wahyono said...

    Daya tarik lukisan Monalisa karya Leonardo da Vinci amat luar biasa. Karya seni yang bernilai sangat tinggi. Hasil penelitian terakhir ini tentunya amat mengejutkan, tapi kami belum yakin sepenuhnya terhadap pendapat tersebut. Tentunya lukisan Monalisa tersebut berjenis kelamin perempuan, coba perhatikan ada belahan buah dadanya (maaf). Bila dia betul berjenis kelamin laki-laki apakah dia itu 'bencong/waria/banci' (maaf) ? Trims sharingnya sobat. Salam kenal. Sukses selalu.

    joe said...

    memang hasil penelitian tersebut masih belum seratus persen benar dan masih menimbulkan kontroversi...

    Sugeng said...

    Pria atau wanita (katanya pemerintah orde baru) sama saja. Dua anak cukup !!
    :D
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    catatan kecilku said...

    Wah, ini sangat mengejutkan mas.

    the others.... said...

    Aku dari dulu bertanya-tanya lho..., mengapa ya lukisan Monalisa begitu menarik perhatian? Padahal menurutku biasa2 saja tuh... Maklum, soalnya aku gak ngerti seni sih... *tersipu*

    jejak langkahku said...

    Jadi... siapa sebenarnya Monalisa itu Om..?

    place to study said...

    Bingung ah... laki apa perempuan sih yang benar?

    John Terro said...

    woy ... kesimpulannya kug kacau? hahah
    maestro nya gay :D

    joe said...

    belum kesimpulan, kan masih tanda tanya...

    Rizky2009 said...

    kalau dilihat sepintas mirip perempuan tp kalau bener2 di perhatikan mirip cow, jd kesimpulannya, masih belum jelas, tunggu aja penelitian para ilmuan, sekalian setoran sob kasih uborampe

    Popi said...

    malah katanya Monalisa itu potret diri Leonardo sendiri!! kalo iya, narsis banget ya?

    Antonini Ramon said...

    katanya mona lisa itu seorang istri bangsawan yg sedang hamil tua ketika diminta suamix untuk dilukis...tp memang, mona lisa mirip leonardo...
    kan leonardo suka sesuatu yg berupa simbol atau misteri untuk dipecahkan orang...

    Eks said...

    walah, da vinci gay???

    Lyliana Setianingsih said...

    Kalo lukisan Mona Lisa itu sebenernya adalah laki2, aku udah pernah denger. Tapi kalo Lenardo da Vinci itu seorang gay? Wah ini baru infotainment.. hehe.. Sumber dari mana mas? Boleh dong link nya.. Btw, makasih ya udah berkunjung ke blog ku.. :-)

    joe said...

    wah itupun baru asumsi kok, tapi sumbernya terpercaya kok, laman dailymail.co.uk

    Seni Kulit Telur said...

    Aku juga punya lukisan monalisa loh.......
    http://www.monalisa-art.blogspot.com/

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger