Penemuan-Penemuan Kecil yang Tidak Disengaja

Posted on
  • Wednesday, February 23, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Beberapa penemuan besar kadang memerlukan penelitian dan research selama bertahun-tahun sebelum menjadi sesuatu yang besar. Terkadang memang hasil dari penemuan itu berhasil menjadi sesuatu yang merubah dunia, walaupun terkadang penemuan itu menjadi sesuatu yang gagal. Namun tidak jarang beberapa penemuan diawali oleh suatu ketidaksengajaan.

    Seperti yang terjadi pada oven microwave sekarang menjadi alat standar dalam rumah tangga di Amerika. Pada tahun 1945, Percy Spencer sedang bereksperimen dengan tabung vakum baru yang disebut magnetron saat melakukan riset untuk Raytheon Corporation. Ia lalu terkejut saat menyadari bahwa permen di sakunya mulai mencair, sehingga dia mencoba dengan benda lain yaitu popcorn. Dan dari ketidaksengajaan itulah kemudian Spencer menciptakan microwave yang segera menjadi demikian populer.

    Dan jika Anda menjadi sangat suka pada keripik kentang, salahkan pada koki George Crum. Dia semula menciptakan snack asin pada tahun 1853 New York. Bosan dengan keluhan pelanggan yang terus-menerus mengirimkan kentang gorengnya kembali, yang memprotes karena kentangnya menjadi lembek dan tidak renyah, Crum mencoba mengiris kentang setipis mungkin, yang digoreng dalam minyak panas, kemudian disiram dengan garam. Pelanggan tiba-tiba sangat meyukainya dan "Saratoga Chips" dengan cepat menjadi sebuah snack yang populer di seluruh New England.

    Akhirnya keripik kentang diproduksi secara massal untuk konsumsi rumah, tapi karena makanan itu disimpan dalam kaleng, keripik segera menjadi basi. Kemudian, pada tahun 1920, Laura Scudder menemukan tas kedap udara dengan cara menyetrika bersama dua lembar kertas lilin, sehingga menjaga keripik segar lebih lama. Saat ini keripik dikemas dalam kantong plastik atau foil atau wadah karton dan tersedia dalam berbagai rasa, termasuk krim asam dan bawang, barbekyu, dan garam serta cuka.

    Sakarin adalah pemanis buatan tertua yang ditemukan secara tak sengaja pada tahun 1879 oleh peneliti Konstantin Fahlberg, yang bekerja di Johns Hopkins University. Penemuan Fahlberg itu muncul setelah ia lupa untuk mencuci tangan sebelum makan siang. Dia rupanya telah menumpahkan bahan kimia di tangannya sehingga menyebabkan saat makan roti rasanya menjadi luar biasa manis. Pada tahun 1880, dua ilmuwan bersama-sama mempublikasikan penemuannya, tetapi pada tahun 1884, Fahlberg memperoleh hak paten dan mulai memproduksi massal.

    Kembang api berasal dari negeri China sekitar 2,000 tahun yang lalu. Konon kembang api tercipta secara tidak sengaja oleh seorang juru masak yang mencampurkan arang, sulfur, dan berbagai bahan lain yang biasa ditemukan di dapur. Campuran itu terbakar dan ketika dikompresi dalam tabung bambu lalu meledak. Tidak ada catatan apakah sang juru masak tersebut ikut menjadi korban dalam ledakan tersebut.

    Sebuah kertas memo adalah sepotong kertas kecil bergaris dengan perekat di bagian belakang yang memungkinkan untuk ditempelkan pada dinding, monitor komputer, pintu dan sebagainya, yang biasanya berisi catatan atau pesan pada seseorang. Ide untuk kertas memo itu datang di tahun 1974 oleh Arthur Fry sebagai cara untuk merekatkan catatan notasi lagu saat bernyanyi dalam paduan suara gereja. Ide untuk membuat kertas memo berperekat itulah yang kemudian dikembangkan oleh perusahaan 3M Spencer Silver. Perusahaan 3M sendiri pada awalnya skeptis tentang produk tersebut, tetapi pada tahun 1980, produk diperkenalkan di seluruh dunia dan saat ini telah dijual di lebih dari 100 negara. (ref: howstuffworks/ill: ottophoto.com)

    51 comments:

    TUKANG CoLoNG said...

    meski kecil, tapi poll

    btw, foto barunya ganteng pak. :))
    ceritain dong.. :D

    joe said...

    wah, jangan pak dong, saya masih muda lho..

    Sang Cerpenis bercerita said...

    o jadi itu toh latar belakang ditemukannya sakarin...

    kombor said...

    Penemuan pinisilin disengaja atau tidak, Mas?

    joe said...

    Pinisilin ditemukan secara tidak sengaja oleh Alexander Fleming pada tahun 1928 di laboratorium di ruang bawah tanah Rumah Sakit St Mary di London. Fleming menemukan cawan petri yang terbuka itu ditumbuhi jamur yang kemudian diberi nama Penicillium notatum.

    Tip Trik Facebook said...

    salam persahabatan
    informasi yang bermanfaat mas
    bisa nambah pengetahuan
    terima kasih ya

    Gaphe said...

    nggak disangka nggak dinyana yah, ternyata banyak penemuan dari hal-hal sepele..

    kalo orangnya nggak kreatif kayaknya juga nggak bakal jadi penemuan deh..

    david said...

    kalo yg nemukan ini siapa ya?
    kuaci, tempe kripik, tempe gembus, sego jagung, thiwul... kayaknya indonesia ya... :D

    7 taman langit said...

    ternyata banyak penemuan yang ditemukan secara tidak sengaja
    terima kasih infonya

    wits said...

    iya memang banyak penemuan yg dimulai dari ketidaksengajaan.
    eh, aku jadi agak shock jg baca cerita penemuan kembang api..

    sapta said...

    seperti archimides ketika menemukan hukum archimides

    catatan kecilku said...

    Itu foto profil diambil waktu penerimaan Oscar atau Grammy Award? hehehe
    Ups... maaf komennya gak nyambung... hahaha

    the other said...

    Kalau gitu tak semua penemuan hebat memerlukan waktu eksperimen yg lama dan panjang serta melelahkan ya..?

    jejak langkahku said...

    Shasa jadi pengen makan kripik kentang nih... :(

    Place to Study said...

    Gak sangka deh kalau kembang api tercipta dari seorang juru masak.

    Panduan Belajar Blogspot said...

    salam kenal sob,
    tertarik dengan infonya, kadang kita tidak tahu dari mana asal mula barang di sekitar kita :)

    maman said...

    wah nais...post gan.....

    Muhammad A Vip said...

    jangan-jangan semua yang sekarang ada dan dianggap hasil penelitian serius pun didapat dari ketidak sengajaan. siapa pintar beretorika yang untung.

    advertiyha said...

    penemuan kecil yang sangat berguna ya mas.. :)
    keren...

    moenas said...

    wewww baru tahu tuh brow saya, kadang2 yang kecil itu memang mudah tak terlihat dan terklupakan ya...

    hanya said...

    thanks atas infonya pak, semoga bisa lebih dikembangkan lagi dengan penemuan2 yang lebih bagus

    Laksamana Embun said...

    Thanks ats pmbljranny mas, trnyata dari hal kecil, mrka bisa mmbuat sesuatu yg bsr.

    MJ said...

    Ooo,, banyak yang ga sengaja yach,,, semoga saja sang penemu kembang api itu gapapa yach,, berkat dari tangannya juga kita bisa menikmati kembang api nan cantik itu...

    koeshariatmo said...

    sape namanya tuh orang cina?? mungkin bisa diabadikan namanya..

    Rizky2009 said...

    sesuatu yang besar pastinya diawali dari sesuatu yang kecil dulu, karenya bisa belajar dar pengalaman untuk menjadikan sesuatu yang besar

    bangauputih said...

    segala sesuatu memang berawal dari hal yang kecil kan mas
    salam

    julianusginting said...

    belajar dari hal kecil bisa membuat hal besar..

    kamal said...

    owh..penemuaannya banyak juga ya yang ga di sengaja... nice post"

    sedjatee said...

    wow keren...
    sepertinya gak seberapa
    tetapi terasa manfaatnya
    salam sukses..

    sedj

    Lisna Lina "Lily" Simangunsong said...

    jadi kepengen ngemil kripik kentang...hihihi....

    thx infonya bro, jadi tau aku sekarang..... :D

    optimasi seo feedburner said...

    wah asyik bener kalao baca inpo disini.. yang kadang terlupakan tapi bisa memberi manffat yang besar di kemudian hari.. makasih sharenya :)

    Segawon said...

    dimar ublik sopo yo sing nemokne?

    ibnu said...

    banyak info yg baru saya temui disini,,,

    deeahzone said...

    salam kenal joe! blog yang inspiratif;) Thanks dah di share..penemuan-penemuan yang menakjubkan!

    PRofijo said...

    KTP ku juga ditemukan secara tidak sengaja, pas nyuci baju, eh ternyata nyelip di kantong :-p

    Erdien said...

    Harusnya saya juga bisa menemukan suatu hal besar secara tak sengaja ya, biar tenar hehe... :)

    yanuar catur rastafara said...

    bermula dari tidak sengaja ya, keren-keren

    Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

    dari ketidak sengajaan bisa menjadi sesuatu yg luar biasa wah hebat hehe

    Masbro said...

    Penemuan yang nggak disengaja tapi manfaatnya gede untuk generasi kita sekarang..

    Wah saya kok jadi ikut2an mikir juru masak yg menemukan kembang api ya? hehe.. Semoga dulu dia baik2 saja;

    Ceritaeka said...

    Amalakjaaan baru tau behind the story dari produk2 yang sangat kita gemari itu.
    Pesannya siy berarti gak boleh anggap remeh apapun :)

    Tomo said...

    kunjungan balasan
    wah foto profilnya tambah gagah ae maz sampeyan iku

    uswah islam said...

    dari yang tidak disengaja ini akhirnya menjadi besar

    hikmah teladan said...

    selamat beristirahat maz

    NINDAAA said...

    tapi indah sekalipun ngga disengaja mampir balik ngeklik iklan budayakan ngeklik iklan :D

    Tip Trik Facebook said...

    salam persahabatan
    berkunjung pagi
    lum ada yang baru ya

    BeBek said...

    wow keren...
    Banyak hal yang tidak sengaja jadi penemuan yang besar :)

    Usup Supriyadi said...

    tak ada hal kecil :)

    mazdeby said...

    memang kita harus memulai dari yang kecil biar bisa menjadi besar

    Salam Kenal dari black dream

    W i e d e s i g n a r c h said...

    berani menjadi penemu itu yang seringkali di abaikan sensasinya,,,
    konon, berpikir terlalu muluk, bisa bikin kita tidak peka pada penemuan2 sederhana,,, ^__^

    posting yang asik dengan poto yang seru juga.... salam ^__^

    heri said...

    sobat ku
    makasih ya atas postingnya
    sangat bermanfaat,,
    kunjungi jg bahan bacaan saya :
    jurnal
    ekonomi andalas

    rahad2six said...

    brownies juga tercipta secara enggak sengaja loh, pokoknya karena kesalahan gitu lah

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger