Fakta-Fakta Seputar Piala Oscar

Posted on
  • Monday, February 28, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Seperti halnya Grammy Award pada bidang music, demikian juga Akademi Award atau seringkali disebut dengan Piala Oscar, adalah penghargaan tertinggi bagi insane perfilman dunia. Meski sebenarnya banyak penghargaan di bidang perfilman lain namun tetap saja dari segi gengsi dan prestise, tidak ada yang mengalahkan penghargaan Piala Oscar ini. Dan berikut adalah fakta-fakta seputar Piala Oscar:

    Penghargaan dalam Academy Award berbentuk patung berlapis emas yang menggambarkan seorang ksatria sedang memegang pedang. Piala Oscar adalah nama tidak resmi untuk Academy Award. Ada beberapa versi mengenai asal-usul nama ‘Oscar’ ini. Salah satu versi menyebutkan bahwa nama Oscar berasal dari seorang sekretaris di Academy Award Institute yaitu, Margaret Herrick, yang ketika melihat patung tersebut dan mengingatkan pada sosok pamannya yang bernama Oscar.

    Selain Piala Oscar, dikenal juga penghargaan lain untuk actor/artis terburuk yaitu Golden Raspberry. Uniknya artis Sandra Bullock pernah menerima keduanya pada saat yang hampir bersamaan. Yaitu di tahun 2010, saat Sandra Bullock meraih penghargaan Oscar untuk artis terbaik pada film ‘The Blind Side’. Hanya berselang hari artis ini juga mendapat gelar artis terburuk di ajang Golden Raspberry untuk perannya di film ‘All About Steve.’

    Hattie McDaniel memenangkan Academy Award untuk kategori pemeran pembantu terbaik pada film ‘Gone With the Wind’, dan membuatnya sebagai wanita keturunan Afrika pertama yang memenangkan Oscar. Dia juga adalah artis negro pertama yang pernah dinominasikan dan orang berkulit hitam pertama yang menghadiri seremoni. Ironisnya Hattie McDaniel harus menerima perlakuan tidak adil dengan menempati meja yang terpisah dari artis lain.

    Acara penghargaan Academy Award pernah mengalami penundaan pada 1938 yaitu karena banjir di Los Angeles; juga di tahun1968, karena pembunuhan terhadap Martin Luther King Jr.; serta di tahun 1981, setelah ada percobaan pembunuhan kepada President Ronald Reagan.

    Walaupun mungkin tidak ada hubungannya namun sebuah penelitian mengungkapkan bahwa pemenang Oscar pada kategori artis terbaik mempunyai kecenderungan untuk bercerai. Sebanyak 63 % pemenang artis terbaik diketahui terlibat perceraian setelah menggenggam piala Oscar. Mereka di antaranya adalah sejumlah artis terkenal seperti Sandra Bullock, Halle Barry dan Kate Winslet.

    Jessica Tandy memenangkan Piala Oscar yang mengantarkan dia sebagai 'Best Actress Oscar', pada usia 81 tahun lewat perannya dalam film ‘Driving Miss Daisy’. Sementara artis termuda yang pernah memenangkan Oscar adalah Tatum O'Neal saat usianya baru 10 tahun. Dia memenangkan Pemeran Pembantu Terbaik pada tahun 1974 lewat filmnya ‘Paper Moon’.

    Sementara pemegang rekor Piala Oscar terbanyak adalah Walt Disney dengan 26 Academy Awards. Sedangkan tiga buah film pernah mendapatkan 11 Oscar dalam satu malam yaitu ‘Lord of the Rings: Return of the King’ (2003), ‘Titanic’ (1997) and ‘Ben-Hur’ (1959).

    Tiga generasi di dua buah keluarga pernah mendapatkan Academy Award yaitu keluarga Huston lewat Walter Huston, John Huston dan Anjelica Huston. Demikian juga keluarga Coppolas lewat Sofia, Carmine dan Francis Ford Coppolas. (ref: berbagai sumber/ill: oscar.org)

    34 comments:

    orange float said...

    kebetulan aja kali ya, 63% penerima artis terbaik rata-rata bercerai. kalo gitu dengan berat hati saya terpaksa menolak menerima piala ini *dileparvasbunga* :D

    kakmarde said...

    http://wp.me/p10V3x-1o

    SHUDAI AJLANI (dot) COM said...

    mampir lagi sob setelah menghilang selama 2 minggu hehe, sob saya undang buat ikutan memeriahkan ultah blog saya. Ditunggu ikut sertanya :)

    Senja said...

    salah satu keseruan nonton acara ini di TV adalah gaya dan penampilan para bintangnya ^^

    selamat malam sobat ^^

    Gaphe said...

    tentang piala oscar ini juga, tadi pagi sempet baca tentang malam penganugerahannya.. hostnya Anne hathaway, pake 8 gaun yang berbeda.. hemm...

    dan kalo kutukan oscar itu, tadi pagi juga sempet baca sih.. kalo wanita yang dapet, kecenderungan bercerai/putus sama pacar tinggi

    Goyang Karawang said...

    kapan ya saya dapat piala oscar.. hehe.. ga nyambung ya :D

    mazdeby said...

    gak begitu paham ane sama piala oscar. ehehehe..

    tukeran link yuks??

    http://mazdeby.wordpress.com/2011/02/22/cara-memasang-feedjit-di-wordpress-com-free/

    jejak langkahku said...

    Wah hebat nih Walt Disney... ! :)

    place to study said...

    Lord of The Ring tuh film kesukaan Mama tuh Om... :D

    catatan kecilku said...

    Piala Oscar versus Golden Raspberry ya..? Hehehe, kasihan penerima Golden Rapberry... tapi mungkin ada manfaatnya juga, shg yg menerima termotivasi utk menjadi lebih baik ya?

    the others.... said...

    Bagaimana kabar dari Tatum O'Neal sekarang? apakah dia masih eksis?

    mas pri said...

    masak sih sebab bercerai gara2 dapat oscar...ga taulah aku,nyimak ajah

    joe said...

    Mbak Reni:

    tahun 2008 Tatum O'Neal sempat ditangkap polisi karena membeli kokain, dan filmnya di tahun 2010 di antaranya adalah The Runaways, Last Will, Sweet Lorraine dan Mr. Sophistication. meski hanya untuk peran-peran kecil dia masih tetap eksis

    Tomo said...

    kunjungan balasan
    suatu benyuk penghormatan terhadap insan layar lebara.
    biar semangat mungkin ya

    Majalah Masjid Kita said...

    saya masih belum liat gimana aktingnya si pirate di the tourist :(

    kamal said...

    hmm. piala oscar.. mampir ga ea ke indonesia.. sorry sob.. but aniwei nice post:)

    Admin (Pena Aksi) said...

    gila..anak 10 tahun dapet piala oscar..ckckckck

    anugrha13 said...

    hebat bgt yah 10 tahun dah dapet piala oscar...
    tapi sy penasaran sama filmnya King's Speech...
    emang udah pernah diputar di indo yah hehehe

    blogdangkal™ said...

    Selalu dan selalu dan selaluuuu lengkap...kap!

    Jual oscar ke toko emas sebelah ah :D

    julianusginting said...

    mmhh..bener fakta tersebut memang benar ya..

    Lisna Lina "Lily" Simangunsong said...

    untung saya belum pernah dapat tuh piala jadi gak ada kemungkinan cerai....wkwkwkwkwk

    TUKANG CoLoNG said...

    yg Golden Raspberry itu lucu.. :)

    david said...

    ada fakta lain tentang piala dunia ga? :D

    Rizkyzone said...

    piala gramy dan piala oscar, menurut saya penghargaan yang sangat bergengsi dan tentunya si penerima pastinya juga punya skil yang sangat bagus dalam bidangnya

    Dhana/戴安娜 said...

    Salam sahabat
    Meski telat kemarin saya juga melihat acara langsungnya piala oscar mas jadi lebih tahu di postingan milik mas terima kasih ya

    Omiyan said...

    buat seorang artis, OSCAR adalah suatu kebanggan dan buat kita seorang Blogger yang pantas Piala apa ya ? hehehe

    advertiyha said...

    weh..weh.. untung tahun kemaren pialaku dah tak balikin mas, kan repot kalo konsekuensinya mesti cerai karena predikat artis terbaik, hihihi.. :)

    PRofijo said...

    Masih penasaran, Piala Oscar ini ditujukan untuk insan film seluruh dunia? atau negara tertentu saja?

    Segawon said...

    kapan yo aku iso dadi artis?

    Masbro said...

    Bagus Mas, posting piala Oscar di saat yang tepat nih, hehe.. Salam hangat;

    TuSuda said...

    sebuah ajang bergengsi penghargaan bagi insan perfilman internasional..sukses ya...

    John Terro said...

    wah parah juga kalo bikin cerai :(

    ageng said...

    jadi pengen dapet piala oscar. mungkin saya bisa jadi 'The winner of no one choose ' kali ya, award hahaha

    hanynizah said...

    mantap..,salam kenal semua..:-)

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger