Siapa Presiden Dengan Gaji Tertinggi?

Posted on
  • Friday, January 21, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Beberapa saat lalu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono curhat tentang gajinya yang sudah 7 tahun tidak naik, tapi siapakah presiden atau kepala pemerintahan dengan gaji tertinggi di dunia? Ternyata presiden dengan gaji tertinggi di dunia bukanlah milik Presiden Amerika Serikat Barak Obama. Kepala pemerintahan dengan gaji tertinggi itu ternyata tidak terlalu jauh dari Indonesia karena milik Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong.

    Berapa gaji Lee Hsien Loong? Menurut majalah The Economist gaji PM Singapura Lee Hsien Loong adalah sebesar US$ 2,18 juta atau bila dikonversikan ke dalam rupiah adalah Rp 19,8 miliar per tahun. Dan hebatnya lagi gaji PM Singapura ini bila dibandingkan dengan gaji Presiden AS adalah lima kali lipat dari gaji Barack Obama. Dalam hal ini Obama yang memimpin negara adidaya tersebut digaji ‘hanya’ US$ 400 ribu atau Rp 3,6 miliar per tahun.

    Sementara kepala negara dengan gaji terendah diduduki oleh PM India Manmohan Singh yang hanya sebesar US$ 4.106 atau Rp 37,3 juta per tahun. Yang sangat ironis adalah Kenya, hal ini karena PM Raila Odinga mendapat gaji US$ 428 ribu atau setara Rp 3,9 miliar per tahun. Gaji PM Kenya ini lebih tinggi dari gaji Presiden AS Barack Obama dan 240 kali pendapatan per kapita negara tersebut.

    Sementara itu PM Inggris David Cameron US$ 215 ribu atau setara Rp 1,9 miliar. Namun menurut situs The Guardian David Cameron mendapat gaji 142.500 poundsterling (Rp2,06 miliar). Dan hebatnya gaji PM Inggris ini ternyata masih kalah dengan gaji manajer BBC!

    Sedang gaji Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menurut The Economist adalah US$ 124.171 atau sekitar Rp 1,1 miliar per tahun. Gaji SBY ini sekitar 28 kali lipat dari pendapatan per kapita Indonesia. Namun menurut situs resmi SBY disebutkan bahwa Presiden menerima gaji dan tunjangan sebesar Rp 62.497.800 per bulan atau Rp 749,9 juta atau US$ 82,3 ribu per tahun. Entah mana yang benar. (ref: detik.com; vivanews.com/ill: topnews.com.sg)

    41 comments:

    Lozz Akbar said...

    Bismillah
    saya buka segel dulu ya Mas

    Lozz Akbar said...

    Alhamdulilah jadi yang pertama nih..

    ehm.. nurut saya wajar jika pejabat digaji tinggi asal bisa menunjukkan dedikasi yang bener kepada masyarakat.. kalau disini kan gaji gede, korup gede, eh pas kerja malah minim

    Mood said...

    Kalo saya digaji sebesar itu, masih bingung mau dipake buat apa uangnya. Ha ha.. .

    Gaphe said...

    kalo emang gaji presiden aja rendah.. kenapa masih banyak orang yang nyalonin jadi presiden yah?

    #bingung

    Teras Info said...

    Hmmm...pantesan banyak yang pengen jadi presiden, sampai menghalalkan segala cara..he..he...gajinya itu lho...ha..ha...

    terimakasih banyak atas infonya..

    Darin said...

    Gaji seharusnya setara dengan produktivitas. Yang Kenya itu keterlaluan banget ya, ckckck

    mandor tempe said...

    mending mereka punya gaji segitu sudah ada alokasi untuk menghabiskannya. Kalau saya dapet gaji segitu masih bingung mau dipakai buat apa

    mundo_idiot said...

    duh Kasian Manmohan Singh Menduduki terendah Jmlh gajinya,

    genial said...

    susilo bambang yudhoyono

    yusuf said...

    Presiden digaji gede itu ada maksudnya lho, kalo gajinya itu buat makan saja saya yakin tidak akan habis, kalao untuk beli baju saya yakin enggak akan terpakai semua. trus untuk apa?

    kalo di tingkat masyarakat kita, semakin tinggi jabatan semakin banyak relasi, dan tentunya semakin banyak pula anggaran yang dikeluarkan untuk menghadiri undangan.

    kalo ditingkat presiden saya kurang tau.. hehe

    muarra said...

    itukan baru gaji bukan embel2 yang lain,, sperti hadiah2 kunjungan, tunjangan dll,,, tp dosax jg bnyak rakyat bnyak yg mnderita loh,,,

    Blog Tutorial Blogger said...

    mantap ya

    Imtikhan said...

    salam persahabatan
    selamat atas PR-Nya ya
    Mendapat 1 dari mbah google

    joe said...

    iya, lumayanlah daripada tidak naik he he...

    TUKANG CoLoNG said...

    oh jadi presiden itu juga mikirin gaji ya? kwkwkwk

    julinapurwaningsih said...

    enaknya punya duit banyakkk... *menghayal*

    attayaya_statistik said...

    62 jt cuma gaji pokok
    belom ditambah tunjaangan dll
    yg jumlahnya ajib lah pokoke

    John Terro said...

    namun gaji itu setara dengan risiko yang bakal mereka ambil om :)

    Laksamana Embun said...

    Jadi ingat sama pidato pak SBY, yang mengatakan gajinya gak naik2 selama 7 tahun. :D

    mbah jiwo said...

    oh singapura ya...he he he kaya ya...

    Lily Kasim Personal Blog said...

    gajiku naik terus tiap hari..jadinya ya aman2 aja..hihihi,..boong banget dahh...

    7 taman langit said...

    ternyata perdana menteri Singapura yang paling tinggi gajinya
    sebenarnya gaji itu bukanlah sebuah masalah jika pemimpin itu betul-betul ingin melayani rakyat
    artikel yang bagus kawan

    Mimi Taria said...

    Padahal Singapura negara nya kecil,,,,
    Tapi mampu memberi gaji yyang sebesar itu,,,

    Firaun NgebLoG said...

    klo saya jadi persiden RI kira2 berapa gajinya yach?... :D

    Lulus Sutopo said...

    Wah besar juga gaji negara sekecil itu

    budiarnaya said...

    Meskipun itu juga sebagai bagian dari yang diharapkan tapi bukan yang utama kan kang yach...jadai jangan mengeluh pak...

    wits said...

    aku juga denger ttg ucapan sby itu di televisi. Ya, klo menurutku, (maaf)jgn nuntut gaji dulu deh, klo dedikasi u/masyarakt belum optimal. Kasian kan negeri ini, msh byk yg membutuhkan uluran tangan. semoga masih ada pemimpim yg bener2 care dengan rakyatnya, amin..
    makasih bwt kunjungannya

    blogger pemula said...

    gajinya besar2 banget..
    kalo saya digaji segitu..........
    seperti apa rasanya ...
    salam kenal.. :D

    catatan kecilku said...

    Kirain USA akan memberikan gaji yg sangat tinggi buat Presidennya... ternyata salah. hehehe

    place to study said...

    Itu foto siapa sih Om...?

    jejak langkahku said...

    Singapura hebat sekali ternyata...

    naruto said...

    upah minimum ga naik2, gaji pejabat naik terusss...

    Chalief said...

    woalhhh... duit semua tuh Bro..??? wah wah.. tetap aja BANYAK.. hehhehe buat kita2 sih. kalo buat presiden mungkin Kurang(terus).. hehhe

    Chalief

    joe said...

    @ Shasa Imutz :

    itu fotonya Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong

    Muhammad A Vip said...

    Anggap saja SBY presiden dengan gaji tertinggi di dunia, mengingat banyak rakyatnya yang tak berpenghasilan.

    giewahyudi said...

    kapan ada revolusi nih? *ngancem*

    FOUR DREAMS said...

    woooo gaji apa gaji, tapi saya tidak mau jadi presiden :)

    TuSuda said...

    Seandainya siapapun bisa jadi presiden pasti dapat gaji tinggi ya Mas..karena tanggung jawabnya juga besar.

    Anonymous said...

    itu mah sdikit, banyakan gajinya c. Ronaldo, 4 milyar perminggu.... Hehe

    Yaumil Akbar Firdaus said...

    pantesan tahun ini banyak yang mau jadi presiden hehe

    de eka Sas said...

    wow.. uangnya banyak sekali ternyata..

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger