Crop Circle, Antara Ada dan Tiada

Posted on
  • Monday, January 24, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Sebuah kabar dari Berbah, Sleman, cukup menyita perhatian, ketika di areal persawahan ditemukan semacam pola-pola aneh atau yang lebih dikenal sebagai crop circle. Untuk pertama kalinya pola crop circle ini mampir di Indonesia, setelah sebelumnya cukup sering wira-wiri di Inggris atau Amerika

    Selain mengundang rasa penasaran, tak urung spekulasi mengenai siapa pembuat karya crop circle itu segera beredar. Tak hanya di Indonesia bahkan bagi masyarakat yang relative maju seperti di Amerika Serikat, kehadiran crop circle juga mengundang perdebatan mengenai siapa pembuatnya. Spekulasi mulai dari karya iseng manusia, UFO bahkan sampai jin dan setan juga disebut-sebut.

    Crop cicle disebut-sebut muncul pertama kali pada tahun 1647 di Berkshire, Inggris. Saat itu disebut-sebut bahwa crop circle yang juga disebut sebaga ‘the mowing devil’ tersebut sebagai buah karya setan. Saat itu disebut-sebut ada seorang petni yang menolak biaya potong gandum yang terlalu tinggi dan mengaku lebih suka menyewa setan.

    Selanjutnya pada tahun 1966 di Tully, Australia, seorang petani mengaku melihat sebuah obyek seperti piring terbang melesat dari kawasan sebuah laguna. Saat itu juga kemudian ditemukan adanya formasi sirkuler berukuran besar, yang lantas disebut-sebut merupakan area bekas pendaratan piring terbang itu. Namun penyelidikan polisi selanjutnya menyimpulkan bahwa crop cicle tersebut adalah akibat adanya 'willy-willy', badai sirkuler kecil di wilayah tropis.

    Pada tahun 1980-an, crop circle berukuran besar ditemukan di Winchester dan sempat membuat public Inggris heboh. Namun beberapa saat kemudian ternyata seseorang mengaku sebagai creator di balik crop circle tersebut. Adalah Doug Bower dan Dave Chorley yang mengaku membuat crop circle di malam hari. Konyolnya Bower mengakui hal ini demi meyakinkan sang istri bahwa dia sering keluar pada malam hari bukan karena dia berselingkuh.

    Di Hungaria pada tahun 1992, dua pemuda dihadapkan ke pengadilan gara-gara crop circle. Gabor Takacs dan Robert Dallos membuat crop circle berukuran besar di ladang gandum di luar Budapest. Pemilik ladang yang geram akhirnya menuntut mereka atas kerusakan yang telah mereka akibatkan.

    Bagaimana dengan tanggapan NASA sendiri dengan adanya fenomena crop circle tersebut? Menurut NASA sepenuhnya itu hanyalah lelucon semata. Sementara menurut Bizarrebytes.com sekitar 80 persen formasi crop circle secara ilmiah terbukti adalah buatan manusia belaka. Sementara 20 persennya belum diketahui penyebab pastinya -- apakah kerjaan alien, konspirasi pemerintah, atau karena faktor cuaca. (ref: bizarrebytes.com /ill: astrojourneys.com)

    37 comments:

    fb said...

    Yg crop circle di Jogja itu gimana ya sob

    Langit said...

    Nice info sobat, keep blogging yaa,,,

    follow and follow ya,,,

    salam langitsenja, :)

    Fajar said...

    adakah..itu semua nyata..atau hanya buatan..manusia..

    Adi Akmal said...

    wah info yang sangat berguna...

    ditgg postingan selanjutnya sob...

    link kamu dah ane psang...

    klo berkenan pasang link ane juga yah!!!

    thanks

    Nde said...

    tapi yg di utara rumahku (berbah) itu ngga mungkin buatan manusia. lha wong padi yang ambruk itu searah jarum jam semua. terus nek bikinnya semalam doang dengan pola simetris gitu juga ngga mungkin. nek gara gara cuaca kayak e enggak deh. wong di lokasi yang sama di sawah lain ngga pada kayak gitu padinya. mosok setan? tapi nek alien itu juga ngga ada dasar ilmiahnya to. wah wah

    John Terro said...

    kayaknya buatan manusia atau alam deh tuh
    cz alien itu ga ada (munurutku)

    r10 said...

    crop circle kerjaan seniman iseng, dengan tujuan pamer atau untuk menakut-nakuti pemilik ladang :D

    Lisna Lina "Lily" Simangunsong said...

    ya ya ya sepertinya NASA benar ntuh cuma lelucon belaka.....biar heboh...hehehe

    Sugeng said...

    Jadi penasaran dengan crop circle, ada apa sebenarnya ??? suer.... aku jarang nonton TV jadi info ini sangat berharga. Aku langsung googling deh :D

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    aryadevi sudut kelas said...

    fenomenal....kalau dikita lebih dikaitkan dengan mistis....

    sichandra said...

    dikatakan bahwa itu adalah buatan manusia , saya tidak percaya krna hasil crop circle nya sangaat rapi . jika dikatakan krna UFO yang mendarat menurut saya tidak masuk akal.. hmm..

    dunia ini masih penuh dengan misteri

    Coretan Hidup said...

    Semuanya kekuasaan Tuhan. Sungguh luar biasa fenomena2 alam tsb

    Ladyonthemirror said...

    Perlu penelitian lebih lanjut apakah karena buatan manusia, atau alam, atau yang lainnya.

    Masbro said...

    Barangkali itu memang fenomena alam. Entah oleh angin atau apa. Soalnya rapi banget..

    HALAMAN PUTIH said...

    Perlu fakta dan bukti-bukti yang bisa dipertanggungjawabkan agar semua menjadi jelas. Meskipun kemungkinan-kemungkinan lainnya bisa saja terjadi.

    widget mobile blogger said...

    agak sulit dipahami, yg di berbah lain dengan yang di luar negri, ane kira pola terbentuk karena pengaruh 'sesuatu yang bergerak di bawah sawah tersebut'.. Sereem, kabuur :D

    Lozz Akbar said...

    wah baru aja saya juga baca info tentang crop circle di blog sebelah.. yah semoga enggak dimaknai macam2 ya sama orang2

    thuns said...

    kalo menurutku pribadi (berdasar pengalaman waktu kecil juga), ini sih kerjaan Jin yang mau menyesatkan manusia.

    dulu di kampungku, ada kasus beberapa kali teman-temanku ada yang disunat oleh jin! aku melihat dengan mata kepala sendiri hasil sunatannya. 'burung'-nya jadi berwarna ke-ijoan. tapi anehnya, setelah diobati kiyai, keadaan si burung kembali normal seperti sebelum disunat.

    jadi... suspect terbesar ya emang kerjaan jin! karena untuk alien sendiri belum pernah ada bukti. sedangkan jin sudah jelas tertera di kitab suci :)

    attayaya_lions said...

    hasilnya bagus juga ya

    Qori Reader said...

    gue yakin, ada manusia-manusia intelejen yang memanfaatkan crop circle yang ada di Sleman itu. Liat aja, ini bakalan banyak menarik intelejen dari negara lain...

    adakah yang bermain-main?

    auraman said...

    hayo mas segera jawab semua pertanyaan yang muncul, biar semua jelas gak ada jawaban yang aneh aneh ^_^..

    bangauputih said...

    iya, tadi baru liat britanya di tipi.
    itu gimana sih sebenarnya???

    Lily Kasim Personal Blog said...

    yaahhhh..negara ini mang lagi banyak leluconnya..kita hobi siy dagelan..wkwkwkwk...

    r10 said...

    crop circle itu buatan manusia, hanya saja biasanya sang pelaku tidak ingin "dikenal" agar crop circle-nya tetap terkesan misterius

    julinapurwaningsih said...

    Iseng banget kalo kerjaan manusia.. tapi kalo kerjaan alienn, kyknya masih belom percaya..

    Chalief said...

    ya, Indonesia udah mulai mo cari2 sensasi nih keknya.. haduhadu... Saya sih tidak percaya adanya ALIEN.
    hehhe...

    Chalief

    TUKANG CoLoNG said...

    kita simak aja giman kelangsungannya. saat UFO bener-bener turun di keramaian rusia (sumber:tv ) masih bisa dibilang rekayasa. padahal pesawat ufo segede stadion mendarat di parkiran mall..

    Sang Cerpenis bercerita said...

    masih misteri semuanya..

    situsonline said...

    Masih misteriussssssssssssss.jgn di percaya sebelum ada buktinya,bnyak saya baca di media cetak maupun di internet tadi,kl itu jejak ufo...!
    menurut saya terlalu dini untuk mengatakan hal seperti itu,bs aja ulah manusia utk mencari sensasi.

    Imtikhan said...

    bener masih misterius

    sepur said...

    harapan kita para ahli antariksa bisa segera memberikan hasil analisanya, sehingga masyarakat awam tahu jawabannya. beneran apa perbuatan tangan iseng.

    muarra said...

    tambah binggung klw dpikir,, dbawa tidur aza,,,,

    the minds said...

    jadi pengen bikin deh
    hahahaha

    Muhammad A Vip said...

    saya baca ada orang-orang yang melakukan itu, tapi intuk di Yogya saya ragu ulah manusia. Tapi soal UFO juga beritanya terlalu dilebih-lebihkan. Ini kerjaan jin kalo menurut saya.
    Apakah sudah baca bukunya Ahmad Husuli : UFO: Roh, Manusia atau Jin? Pendekatan agama dan saintifik atas jin dan fenomena alien. Mungkin tidak banyak menjelaskan tapi lumayan menarik.

    naruto said...

    gara2 ngeliat crop circle mlh kehujanan neh... udah gitu becek ga ada ojek lagi.... hehee yg baru sekarang ada lagi di bantul

    TuSuda said...

    apakah fenomena ini bisa dikatakan semacam fatamorgana, ya Mas

    aksesoris sparepart motor said...

    hahaha, ini mah emang karya seninya manusia aja.

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger