Jangan Tidur Dengan Hewan Peliharaan!

Posted on
  • Tuesday, January 25, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Bagi sebagian dari kita mungkin binatang peliharaan, apakah itu anjing atau si kucing yang manis sudah kita anggap sebagai bagian dari anggota keluarga, sehingga mungkin binatang itu mendapat tempat istimewa untuk tidur seranjang dengan kita. Namun sebaiknya kita menghentikan kebiasaan tidur dengan binatang kesayangan sebab ternyata membiarkan mereka berbaring di tempat tidur bisa mengundang penyakit.

    Menurut penelitian binatang piaraan itu dapat meningkatkan kemungkinan tertular segala macam penyakit mulai dari cacing hingga meningitis atau radang selaput otak. Dari 250 penyakit diketahui menular dari hewan ke manusia, lebih dari 100 dari mereka berasal dari hewan peliharaan, demikian ungkap Bruno Chomel professor di Universitas California.

    Satu dari sekian penyakit berbahaya yang mudah ditularkan dari binatang peliharaan adalah meningitis atau radang selaput otak. Meningitis ini diketahui memiliki risiko kematian hingga 50 persen, atau kalaupun mungkin bisa sembuh maka si penderita masih ada risiko kerusakan saraf permanen seperti lumpuh, epilepsi atau bahkan gangguan mental.

    Dalam penelitian tersebut juga dicatat beberapa kasus penularan meningitis dari binatang peliharaan, yang umumnya terjadi melalui kontak cairan tubuh binatang yakni air liur. Seperti yang menimpa seorang wanita di Arizona yang baru-baru ini terjangkit meningitis. Rupanya, penularan penyakit meningitis tersebut terjadi karena ia gemar mencium kucing peliharaannya di bagian mulut atau hidung.

    Selain itu, seorang bayi juga tertular meningitis dari kucing peliharaan. Kucing tersebut rupanya memainkan dan menggigit dot susu yang kemudian digunakan oleh si bayi untuk minum susu. Kasus lain menimpa seorang pria yang tertular meningitis gara-gara sering mengajak anjingnya tidur seranjang, hingga suatu ketika si anjing menjilati luka bekas operasi pinggulnya.

    Selain meningitis menurut Prof Bruno Chomel kebiasaan tidur bersama hewan juga berisiko menularkan penyakit pes. Pes adalah penyakit mematikan yang ditularkan oleh anjing dan kucing atau binatang lain seperti tikus, melalui kutu yang menghinggapinya. Kutu-kutu yang terinfeksi bakteri Yersinia pesti ini bisa menularkannya pada manusia yang bersentuhan langsung dengannya.

    Di Amerika, di antara para pemilik anjing, 53 persen dari mereka menganggap binatang tersebut sebagai anggota keluarga sementara 56 persen mengakui mereka selalu tidur berdekatan dengan binatang tersebut. Sementara itu lebih dari 62 persen pemilik kucing mengakui bahwa kucing mereka tidur di ranjang mereka. Dan 25 persen wanita mengaku tidur dengan binatang piaraan sementara untuk kaum pria hanya 16 persen.

    Selain resikonya, peneliti juga mengatakan bahwa keberadaan binatang peliharaan di dalam keluarga punya manfaat i bagi kesehatan. Sebuah penelitian mengungkap, anak-anak yang hidup berdampingan dengan kucing, anjing atau peliharaan lainnya punya daya tahan tubuh yang relatif lebih baik. (ref: dailymail.co.uk/ill: 123rf.com)

    37 comments:

    marsudiyanto said...

    Kalau tidur dengan "orang piaraan" boleh nggak Mas...

    joe said...

    wah, itu malah lebih berbahaya lagi pak...

    Junaedi said...

    Kalau tidur dg hewan jadi-jadian kira2 bisa ketularan penyakit gak ya Joe

    Achmad Edi Goenawan said...

    Jadi ingat si Manis, kebiasaannya selalu tidur dekat kaki!

    Mood said...

    Nice info Sob.
    Untung saya cuma peliahara ikan diakuarium pak.

    John Terro said...

    wah ... berarti saya aman
    cz aku ga punya piaraan :D

    syamsul rijal said...

    gitu ya sob...untung sy tidak punya bintang piaraan tp anak saya punya binatang piaraan " kelinci " gimana tu sob....?????

    albertus goentoer tjahjadi said...

    thanks untuk infonya sobat...

    blogger admin said...

    Wih, ngeri juga ya sob, untungnya binatang peliharaanku yang ga bisa di ajak tidur bareng yaitu ikan dan burung.
    Kalu burung di ajak tidur nanti terbang sob...

    NINDAAA said...

    ngakak baca komen paling atas hahaha :p

    Mimi Taria said...

    Ternyata kita tidak boleh menyepelekan sesuatu yang sepele ya bang,,,,!!!!
    Kita merasa kl tidur dengan binatang piaraan itu adalah hal yang biasa karena binatangnya udah jinak,,,tetapi di balik semua itu ternyata resiko/ dampaknya sangat membahayakan,,,,
    Makasih atas infonya ya bang,,,,

    mundo_idiot said...

    waduh aku sering tidur sama si "gendut manis" itu ,, maksih mas udah ngingetin

    Elok Langita said...

    engga punya hewan peliharaan.. hehee..

    koeshariatmo said...

    nah mendingan tidur dengan istri aja asal jgn 'istri peliharaan' aja seperti komen paling atas tuh..hehhee

    Chalief said...

    Untung aja saya ga punya piaraan.. cuman piaraan tuyul aja dikamar.. hahhaha..

    Chalief

    gayahidup said...

    alhamdulillah, berarti bunda lumayan aman ya Joe, krn gak punya hewan peliharaan :)
    salam

    catatan kecilku said...

    Tentu saja, aku tak bakalan mau tidur dg hewan piaraan di rumah.

    the other said...

    Hewan piaraanku di rumah tuh... burung dan ikan.

    Place to Study said...

    Untung saja shasa gak suka kucing dan gak piara anjing.

    Phonesku said...

    wow, cat is beautiful :)

    yusuf said...

    dulu saya pernah pelihara kucing juga

    rooteye said...

    Untung piaraannya yang dimaksud adalah piaraan jenis kucing atau anjing. bagaimana jadinya kalau piaraannya jenis sapi atau kerbau? xixixix...

    budiarnaya said...

    Sejak kejadian saya membunuh anak kucing, waktu tak ajak tidur, waktu itu kelas 1 smp, sampai saat ini saya tidak berani lagi tidur sama heman peliharaan

    giewahyudi said...

    saya selalu ingetin temen-temen yang punya kucing, enggak boleh dibawa ke tempat tidur dan harus dijaga kebersihannya, mandi seminggu sekali masak enggak bisa..

    Ipul dg.Gassing said...

    Makasih untuk infonya..
    untung saya gak suka tidur sama hewan piaraan, soalnya piaraan saya ikan..:D

    eh, btw..
    klo tidur sama perempuan piaraan, gpp kan..hahaha

    salam kenal

    dina said...

    aman, aman, ga punya peliharaan :d, info yang bermanfaat

    miss j said...

    Saya nya ga mau, tapi kucingnya tetep maksa mau bobo bareng.. kasian, ga tega,
    ntar harus ditegain aja yach,hehe.

    Batavusqu said...

    Salam Takzim
    Saya ga pernah tidur dengan hewan peliharaan, karena ga mungkin saya tidur sama ikan hias mas
    Salam Takzim Batavusqu

    Muhammad A Vip said...

    saya gak pernah tidur dengan piaraan mas, soalnya yang saya piara selama ini ayam. hehe

    mj said...

    apalagi jilat2an

    TuSuda said...

    Betul Mas..resiko penularan penyakit bersumber binatang memang sangat rentan pada hewan piaraan.

    fan said...

    wah, gak berani. aku paling jijik sama hewan.sebersih apapun mereka, tetap aja ada bulu2nya dan kuman2nya. hiiih...abis pegang kucing atau anjing aja selalu cuci tangan.hehee.

    narti said...

    untungnya ga pernah
    TFS :)

    Rizky2009 said...

    aq malah g punya hewan peliharaan cuma sapi saja satu2nya hewan peliharaan saya, dan g mungkin donk kalau saya harus tidur dengan sapi hhahhahhaha

    Sriyono Semarang said...

    Kagak kebayang deh tidur dengan hewan.... :D
    *please don't try this at home...

    everthing said...

    untung aku gk tidur sm si kucing manisku kucingku jg gk suka tidur d kasur hehe tp kalo d nyalain AC-nya langsung deh naik

    Wong Gaptek said...

    Saya cuma peLihara kaLajenging om! :D

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger