Fakta-Fakta Tentang Nokia

Posted on
  • Thursday, January 27, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Di Indonesia dan bahkan di dunia perusahaan telekomunikasi Nokia hingga saat ini masih menguasai pangsa pasar terbesar dan agaknya masih akan tetap bertahan hingga beberapa tahun ke depan. Berikut ini adalah fakta-fakta yang berhubungan dengan Nokia

    Perusahaan Nokia didirikan pada tahun 1865 oleh Fredrik Idestam di kota Tampere, Finlandia, sebelum kemudian dipindahkan ke kota Nokia. Sementara nama kota Nokia berasal dari nama sungai yang mengaliri kota tersebut yaitu, Nokianvirta. Sebelum bergerak di bidang telekomunikasi Nokia memproduksi sepatu, ban juga jas hujan.

    Nokia tune berasal dari permainan gitar di abad ke-19 berjudul ‘Gran Vals’ yang diciptakan oleh musisi Spanyol bernama Fransico Tarrega. Dan karena nama aslinya yaitu ‘Grande Valse’ yang cukup sulit untuk diingat maka orang-orang menyebutnya sebagai Nokia tune saja. Secara resminya nada panggil itu menjadi tune khas Nokia pada tahun 1998.

    Nokia tidak hanya berkonsentrasi pada manufaktur saja melainkan juga pada infrastruktur jaringan melalui Nokia Siemens Networks . Itulah makanya ketika Nokia meluncurkan ponsel GSM pertamanya pada tahun 1991 di Helsinski maka mereka sudah didukung oleh jaringan Nokia sendiri, dan orang Perdana Menteri Finlandia, Harri Holkeri, pertama kalinya menggunakan ponsel Nokia.

    Sementara itu ringtone yang disediakan saat pengguna menerima SMS adalah kode morse yang berarti 'SMS'. Sedangkan ringtone untuk SMS 'Ascending' adalah kode morse untuk moto Nokia yaitu 'Connecting People', dan ringtone "Standard" adalah kode morse untuk huruf 'M' (Message).

    Jenis huruf yang digunakan untuk logo Nokia adalah AgfaMonotype Nokia Sans, yang didesain oleh Eric Spiekermann. Sebelum menggunakan jenis huruf tersebut Nokia menggunakan font Agfa Rotis Sans. Sementara itu slogan "Connecting People" ditemukan oleh Ove Strandberg.

    Pada tahun 2006 Nokia termasuk ke dalam 20 perusahaan terbesar dunia, yaitu nomor 1 di kategori perusahaan telekomunikasi, dan nomor 4 kategori perusahaan non Amerika. (ref: news.softpedia.com/ill: techgadgets.in)

    31 comments:

    Teras Infot said...

    saya baru tau, Mas...
    ternyata sebelum bergerak di bidang telekomunikasi Nokia memproduksi sepatu, ban juga jas hujan ya....hmmm....ternyata...

    terimakasih banyak atas infonya, Mas...

    Zippy said...

    Wuih..lengkap amat gan infonya.
    Keeksisan nokia di dunia telekomunikasi (handset) semakin lama semakin terkikis keberadaannya.
    Nokia semakin tersaingi dengan produk Hp baru, terutama iPhone, Android dan BlackBerry.
    Kita liat aja kedepannya gimana :D

    joe said...

    terutama adalah hadirnya ponsel-ponsel merk lokal yang berharga murah, mau tak mau turut mengikis hegemoni merek-merek global termasuk Nokia

    Gaphe said...

    weits.. baru tahu malah saya tentang merek Nokia ini.. padahal saya pengguna setia loh, nggak bakal beli hape kalo nggak merek Nokia.

    pernah pake merek lain dan selalu kecewa sih..

    bayuputra said...

    dari dulu sampai sekrang HP saya tetap Nokia ... aman kuat dan terpercaya ...

    sichandra said...

    wah saya baru tahu nih , makasih infonya bos :)

    Lozz Akbar said...

    oh Nokia itu berasal dari nama kota toh..

    Miftahgeek said...

    Nokia Tune dari permainan gitar? Yang beredar sekarang dibuat versi piano nya yak? --"

    7 taman langit said...

    jadi tahu sejarah nokia
    menambah informasi
    artikel yang bagus

    sibutiz said...

    makasih banyak ka atas share pengetahuanya..
    salam kakak...

    Lily Kasim Personal Blog said...

    wow..nokia..branding nya udah nancep banget...

    Iptek Today said...

    namanya kaya china tapi ternyata bukan china

    Qori Reader said...

    jujur, saya mending memilih merek ini daripada merek lain. Selalu ada inovasi dan juga nyari servicenya mudah sih.

    cahyanugraha said...

    nokia tune. Nadanya khas banget haha. Gampang di ingat he

    julie said...

    setelah beberapa kali mencoba memang Nokia adalah produk ternyaman buat saya

    Ferdinand said...

    Sayang kini Nokia semakin Terpuruk gara2 BlackBerry, padahal sebelum ada BB Nokia jadi pilihan no. 1 :P

    Semoga Nokia bisa kembali berjaya :P

    erfelinda noorkhaista said...

    wah baru tau ni :) nice post mas joe

    wits said...

    HP Nokia itu sangat variatif bentuknya, makanya selalu menjadi daya tarik sendiri..

    erfelinda noorkhaista said...

    wah, setuju mba wits :)

    dhedhi said...

    wah, saya pemakai nokia, tapi baru ini tahu ttg infonya :D

    thanks sharingnya

    giewahyudi said...

    dulu awal-awal memang pakai nokia, lalu berpindah ke merek lain karena pengen sesuatu yang beda dengan yang lain..
    baru tahu info itu dari sini..

    iam said...

    Whaha baru tuh ternyata dulu nokia begitu :D

    Tomo said...

    malam kang
    aku sangat menyukai nokia dan motorola

    Berpikir Positif said...

    dari dulu pakai nokia baru tahu sejarah nokia dari blog ini terimakasih

    SHUDAI AJLANI (dot) COM said...

    wah baru tau saya sob, saya kira hp doang

    Adit Mahameru said...

    buat artikel tentang LG mas bro..heheh..HP ku LG...serinya lupa...kwkwkwk..pokoknya touch screen gitu...:)

    joe said...

    wah, pasti kalau soal hp mas tomo yang lebih jago he he...

    Hani said...

    wah..udah lama banget gak mampir kesini...

    Ternyata semua itu ada artinya yah..nggak nyangkah..bukan sekedar tune..saluuuuuttt.
    Nokia emang dibikin gak sembarangan kalau gt...

    need-gadget said...

    Mantan pabrik ban ama jas hujan, sekarang malah jadi pabrik elektronik. Hebat banget nih bos Nokia,

    company profile said...

    siiipp....!!!!
    mantaapp...!!!

    Ahmad Kali Akbar said...

    I love Nokia, tapi sebentar lagi ada rencana mau beli samsung....heheee

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger