Di Dalam Kuku yang Sehat Terdapat Badan yang Sehat

Posted on
  • Friday, January 28, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Jangan pernah menyepelekan kuku kita, sebab selain berguna untuk memperindah penampilan ternyata kuku juga dapat digunakan untuk menentukan kesehatan badan. Diagnosa terhadap gejala suatu penyakit atau masalah kesehatan pada seseorang ternyata dapat dilihat dari warna atau bentuk kuku, dan hal ini ternyata sudah lama dilakukan oleh para dokter sejak zaman Hippocrates.

    Pakar dermatologi berpendapat bahwa perubahan pada kuku jari, khususnya jari tangan dapat disebabkan berbagai pengaruh dari luar. Selain itu kuku jari tangan juga dapat banyak menceritakan tentang riwayat di masa lalu pemiliknya. Terdapatnya jalur-jalur panjang pada kuku bagi kebanyakan orang adalah hal biasa dan pertanda normal penuaan. Sedang jalur melintang pada kuku jari, mungkin diakibatkan oleh suatu luka yang dialami masa dulu.

    Yang harus diwaspadai adalah bila terdapat bercak hitam pada kuku karena hal itu dapat berkembang melanoma atau kanker kulit. Bila terdapat warna kebiruan pada pangkal kuku hal itu menandakan ada yang tidak beres pada sirkulasi darah dan merupakan gejala penyakit jantung. Sementara itu bila separuh bagian dekat ujung kuku berwarna merah muda atau coklat sedang pada kulit jari berwarna putih, itu merupakan gejala penyakit gagal ginjal kronis. Dan bila terdapat lapisan merah membujur pada kuku, menandakan perdarahan pada pembuluh kapiler, sementara garis-garis ganda merupakan gejala penyakit darah tinggi.

    Sedang bila timbul kerutan horizontal dan kuku tampak berwarna agak kusam, itu menandakan kurang gizi atau gejala suatu penyakit seperti campak, cacar air, gondok, jantung serta kondisi seperti sindrom Reynaud yaitu kejang pada urat jari tangan dan kaki akibat sangat kedinginan.

    Bila pertumbuhan kuku tampak lebih lambat dari biasanya, tebal dan mengeras serta tampak kekuning-kuningan, hal itu menandakan ada gangguan pada saluran getah bening atau penyakit pencernaan kronis. Sementara bila timbul bintik-bintik tak beraturan pada kuku, menandakan adanya penyakit psoriasis, dan bila ada terdapat lengkungan berlebihan pada pangkal kuku dan sekitar ujung kuku, bisa jadi hal itu menandakan gejala penyakit TBC, emfisema serta penyakit kardiovaskuler atau hati.

    Ada juga kuku yang tampak cembung seperti kaca jam atau disebut hippocratic nail. Pada hippocratic nail ini, bentuk kuku menjadi cembung dan ini kadang menunjukkan pertanda gangguan hebat pada sirkulasi jantung atau penyakit paru-paru.

    Para pakar dermatologi juga menganjurkan untuk selalu merawat kesehatan kuku kita. Bagi para perempuan penggunaan pewarna kuku terkadang dapat meningkatkan rasa percaya diri, tapi menggunakan pewarna kuku terus menerus juga tidak baik karena dapat membuat kuku terlihat kuning dan rapuh.

    Selain itu agar kuku menjadi kuat dan tidak gampang patah, dapat digunakan belimbing sayur dan gosok-gosokkan di dasar kuku. Atau dapat direndam ke dalam cuka apel dan minyak zaitun yang sudah dihangatkan. (ref: republika.co.id; Wikipedia.co.id/ill: unitedbeauty.co.uk)

    36 comments:

    Adit Mahameru said...

    Alhamdulilah aku ga suka piara kuku panjang..mudah kotor kalo terabaikan...amin....

    DwiLion said...

    ternyata kuku juga bisa mengindikasikan berbagai penyakit ya,, selama ini saya lebih suka berkuku pendek.. :)

    cherry said...

    waahh....bnyak juga yya penyakit yg biza dilit lewat kuku..
    untung saia jarang-jarang pke pwarna kuku :D

    John Terro said...

    saya teringat Palmistry kalo lihat kuku :D

    mew da vinci said...

    :( kuku saya berwarna merah jambu dengan ujung cokelat keungu-unguan, saya gak piara kuku panjang.. :( semoga bukan indikasi penyakit serius walau akhir-akhir ini kepala saya sering pusing dan sakit, nafas saya gak teratur dan dada serasa sesak, dan cepat lelah...

    hoedz said...

    wuih .. ternyata ya ...
    terima kasih infonya ..

    *sambil liat kuku saya*

    mbah koeng said...

    paling buat ngupil doang

    fan said...

    oo ternyata itu manfaat belimbing sayur ya...

    edratna said...

    Jika kita mau operasi, oleh dokter kukunya harus dibersihkan dari kuteks, karena kuku ini bisa digunakan sebagai informasi perubahan tubuh manusia

    Lily Kasim Personal Blog said...

    bener bangeeett...kalo udah muncul di kuku...telat jane..karena udah kronis... =P

    Gaphe said...

    bener, kuku emang jadi penanda ada penyakit di dalam tubuh.. tapi mbersihin kuku juga nggak otomatis menyembuhkan penyakit di dalam tubuh kaan..

    TUKANG CoLoNG said...

    jadi...jangan lupa cuci tangan, menikur pedikur juga..:D

    moenas said...

    mampir sore sob..

    Batu said...

    kuku saya kayaknya baik2 saja...
    walaupun hampir tidak pernah dirawat, paling cuma dipotong saja...

    rime said...

    waw, ternyata kuku bisa dijadikan indikator kesehatan seseorang ya...

    kuku saya ga pernah aneh-aneh tuh, kecuali suka panjang dan kadang-kadang kotor, hehehe :p

    fitr4y said...

    kuku kaki ku ....

    trims infona ..

    Miftahgeek said...

    Saya sehat2 kok kang..

    *sembunyiinkuku
    *takutketahuanabizngupil :D

    Iptek Today said...

    wah, ternyata penting juga ya...

    Bang Aswi said...

    Memang, kuku adalah pertanda sehat tidak tidaknya seseorang. Saya pun pernah menuliskan hal ini di buku ^_^

    wits said...

    saya ini selalu care sama tubuh, bahkan sampai kuku sekalipun..

    NINDAAA said...

    saya suka kuku yang pendek saja kok

    Lozz Akbar said...

    wah justru saya punya kebiasaan gigit kuku nih

    Hani said...

    Iya..bahkan dalam ilmu palmistry china di katakan, ada tanda-tanda tertentu pada kuku yang menendakan dia menderita penyakit tertentu pula....

    Detailnya sih lupa...

    Imtikhan said...

    kukunya indah ya

    iam said...

    Kuku panjang, kalo cebok berbahaya :p
    hehe kiding :p

    Popi said...

    entah benar atau tidak: kalo di kuku ada bercak putih katanya punya musuh ya? (ini cerita orang2 jaman dulu ,loh!)

    kumpulan hot threads kaskus said...

    kuku kalo gak dirawat sama dengan menjijikkan. :D

    catatan kecilku said...

    Aku gak suka pakai cat kuku.

    the other said...

    Kuku panjang2 dan hitam...? Ih, horor....

    Place to Study said...

    Kuku shasa pendek2 banget Om....

    jejak langkahku said...

    Untung aja Mama rajin potong kuku-ku.

    sedjatee said...

    Kang, ada lanjutan kisah Dasrun disini
    http://sedjatee.wordpress.com/2011/01/31/dasrun-lunasi-atau-pergi/
    silakan dicermati
    salam sukses..

    sedj

    anggar berkawand said...

    Lama neh saya gak bersinggah disini..
    kangen ama kawand-kawand blogger..
    gmn pny kbar??

    SALAM BERKAWAND
    :)

    attayaya_bokor said...

    aku pernah dideteksi penyakit melalui kuku jari tangan oleh seorang kturunan tionghoa.
    tepat seperti analisa dokter.

    7 taman langit said...

    fakta baru tentang kuku
    terima kasih sudah berbagi info

    Mimi sikembar said...

    yups..
    bener banget, aku punya kelainan jantung dan pangkal kukuku kebiruan, tapi sekarang tidak sebiru dulu waktu kecil..

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger