Yoyo, Permainan Sepanjang Masa

Posted on
  • Saturday, July 17, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Sudah pasti Anda tentu tahu yoyo. Yaitu permainan yang terdiri dari sepasang piringan cakram yang diberi seutas tali, dan dapat diputar menuruti kehendak pemainnya. Tapi, dari manakah yoyo berasal?

    Meski tidak didukung oleh fakta yang akurat, banyak pihak meyakini bahwa permainan ini berasal dari China kuno. Dalam perkembangannya kemudian yoyo menyebar ke daratan Eropa. Di Yunani sebuah lukisan bertahun 500 SM menunjukkan seorang anak bermain yoyo. Menurut catatan pada masa itu, yoyo terbuat dari kayu, logam dan lempung.

    Dari Filipina disebutkan bahwa pada abad ke-16 yoyo digunakan untuk berburu binatang liar dengan cara melemparkannya, hampir mirip dengan cara kerja bumerang. Dan dari Filipina inilah kemungkinan istilah yoyo berasal. Diyakini, yoyo berasal dari bahasa Tagalog yang berarti ‘kembali’.

    Sementara itu, dari sebuah lukisan pada masa pemerintahan Raja Louis XVII dari Perancis tahun 1789, juga menunjukkan gambaran seorang anak lelaki bermain yoyo. Di Perancis, saat itu namanya dikenal sebagai ineroyable dan emigrette. Dan pada tahun 1791, permainan ini menular ke Inggris dan di sana disebut sebagai bandalore.

    Pada era modern, dua orang warga AS, James L. Haven dan Charles Hettrick tercatat sebagai orang yang mendaftarkan hak paten atas apa yang disebut sebagai ‘…mengembangkan permainan bandalored’ pada tahun 1866. Lantas seorang warga Negara AS berdarah Filipina Pedro Flores pada November 1929 membuat perusahaan yoyo pertama di California, AS. Pada perkembangannya perusahaan tersebut kemudian diambil alih oleh Donald F. Duncan yang kemudian disebut sebagai ‘bapak yoyo modern’.

    Di tangan Duncan inilah, yoyo kemudian menyebar secara luas ke seluruh dunia dan menjadi permainan anak-anak hingga dewasa. Pada 12 April 1985, antariksawan Amerika mencoba bermainan yoyo di dalam pesawat ruang angkasa. Hingga saat ini kejuaraan dunia yoyo secara rutin digelar setiap tahun di Orlando, Florida dan diikuti oleh kontestan dari seluruh penjuru dunia (Sumber: wikipedia, Suara Merdeka; gambar: ouijaboard.multiply.com).

    44 comments:

    imtikhan said...

    PERTAMAXXX...
    SUKSES SELALU SOB TERIMA KASIH

    joe said...
    This comment has been removed by the author.
    joe said...

    terima kasih telah mampir...

    Sang Cerpenis bercerita said...

    aku gak pernah isa main yoyo nih. btw, syarat tukeran link, ya...harus ada link juga di blog kamu. maksudnya, daftar link teman2mu.

    Sang Cerpenis bercerita said...

    termasuk link cerpenis kalo memang mau tukeran link. itu aja kok. atau kamu buat blogroll aja. di blogger ada kok widgetnya. klik add gadget..lalu klik daftar blog.

    kanvasmaya said...

    bener bener.. yoyo yang sekarang malah udah jauh berkembang..


    salam
    kanvasmaya

    7 taman langit said...

    yoyo memang permainan yang menarik untuk dimainkan

    catatan kecilku said...

    Aku pernah lihat di TV, di Jepang ada lomba maen yoyo...

    tomo said...

    Iya gan betul sekali.
    Sampai sekarangpun aku juga masih mainan yoyo

    bayuputra said...

    semenjak kecil hingga sekarang saya suka sekali memainkan yoyo walalupun tidak begitu hebat ... tetapi baru tau tentang sejarah yoyo .. terimakasih banyak untuk informasinya.

    marsudiyanto said...

    Mo ikutan main Yoyo...

    elok langita said...

    elok engga bisa main yoyo.. kirain elok yoyo dari jawa, ternyata dari luar negeri hehee...


    :D

    bonk AVA said...

    jadi kangen pengen maen yoyo lagi...
    oh ya linknya udah di pasang, silakan di cek....

    Muhammad A Vip said...

    setua ini saya gak bisa maen yoyo

    gaelby said...

    Aq main yoyo wktu smp aja. Skarang perlu dilatih lagi neh.
    Beberapa hari yg lalu, aq pernah nonton di salah satu tv swasta ttng Kejuaraan Dunia Yoyo. Seruuu bnget.

    Sharingnya mantab bro, aq bsa tau sejarah yoyo di blog ini. Thanks :)

    TuSuda said...

    ini termasuk mainan favorit juga saat masa kanak-kanak.

    Puskel said...

    Senang juga mainin yoyo, walaupun tidak terlalu mahir, ya sekadar berputar saja, lumayanlah...

    masndol said...

    ternyata yoyopun ada sejarahnya jg ya? dulu wktu kecil sering maen tapi ga perna bisa mahir mainin yoyo

    ndop said...

    saya lebih suka yoyo yang dari kayu...

    lyna riyanto said...

    ternyata sejarah yoyo panjang juga ya
    ini permainan yang sampai tua begini
    saya gak pernah bisa memainkannya
    ^^

    Sudinotakim said...

    benar mas..kayaknya permainan yoyo ini tak lekang dimakan waktu...

    ekopras said...

    wah...baru tahu nih...kalo yoyo itu dari cina...makasih sharingnya ya

    scc said...

    jadi inget masa kecil penuh ceria...sekarang pun masih suka ketemu

    FONTY said...

    setuju! yoyo memang ga ada matinya, bgitu juga dgn layangan.

    Lusi said...

    Mkch kaaq supportx
    slm knl jg
    ak follow you kaaq

    oempak said...

    game jadul yg melegenda, sapa yg tak tau yoyo, pasti smua pernah tau

    joe said...

    Lusi:
    sama-sama adek... terus berkarya ya...

    Arya jafarudin said...

    bner kang yoyo prmainan saya msih ingusan smpe sekrng msih jga di abdikan...awet bner nih prmainan yg satu ini,

    john said...

    saya akui memang ga bosan2nya permainan yoyo itu
    setiap tahun mesti ada musim untuk main yoyo :)

    attayaya said...

    dulu waktu kecil aku sering mainin yoyo kayu yg murah meriah tapi mengasyikkan.

    Bunglon Blog Indonesia said...

    dulu permainan ini masih tradisional terbuat dari kayu biasa namun semakin berkembang jaman membawa perkembangan pula pada yoyo, hebat

    ariefborneo said...

    Wah emank yoyo permainan yg mengasikan mas..smp skarang pun ane mash menyimpan yoyo ane..

    Arif Chasan said...

    hahaha.. yoyo ya?.. cuman bisa dilempar kebawah trus keatas lagi... hehe.. <<gak bisa trik2 keren kaya di tivi-tivi..

    Anggi Zahriyan said...

    yoyo permainan yang asyik...
    Apalagi kalau dikasih kayak besi gitu, kalau ditempelin di jalan bisa keluar percikan apinya.

    Anthony Harman said...

    Saya juga suka maen yoyo pada waktu masih kanak2, bahkan ketika itu saya mengoleksi banyak yoyo, hanya yang terbuat dari kayu tentunya.

    Sekarang yoyo sudah sangat modern, terbuat dari bahan plastik dan tampil dengan beraneka warna.

    Ardi said...

    Salam luar biasa sekarang YOYO

    indracorner said...

    Please yoyo soon.. artinya : tolong cepat kembali (pulang) ya..

    yoyo = kembali - got it! thanks..

    julianusginting said...

    dulu waktu kecil saya senang maen yoyo ini

    ALIEF said...

    DARI JAMAN DAHULU KALA, SAMPAI JAMAN SAAAT INI, AKU KOK NDA BISA YA MAIN YOYO???

    Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

    maenanku jaman kecil yoyo ^____^

    Epenkah said...

    oh.. sejarahnya spt itu ya. Yoyo memang permainan yg sangat populer, pantas saja jika rutin dilombakan.. :-)

    pulsa elektrik said...

    info menarik gan,ternyata yoyo sejarahnya panjang juga ya

    hiza said...

    blog ini cukup ramai sekali , penataanya juga cukup bagus ditambah dengan artikel yang bagus pula , sungguh sangat sempurna !!!
    Salam Kenal !!!
    Jangan lupa berkunjung ke blog saya
    Terima kasih

    Abu Zaini said...

    Saya dapat bermain yoyo tapi belum mahir, mungkin karna tdk terlalu tertarik...

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger