Selamat, Anda Tertipu!

Posted on
  • Monday, July 19, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Ponsel berdering pada pukul 02.00 dinihari cukup mengganggu tidur saya. Sebab, dini hari adalah saat malam menjadi sempurna gelapnya, dan tidur adalah hadiah terindah untuk tubuh. Tapi sebuah pesan masuk membuat saya meraih ponsel. Berbunyi "Selamat, simCARD anda mendptkan Hadiah 'AVANZA' Undian Gebyar HUT T-SEL ke15 Hbgi call CENTER 081388993244. IZIN DEPSOS RI IV/T-SEL/2010. Pengirim T-SEL". Sebuah pesan dari nomor baru: 085210692035. Sengaja saya tuliskan nomernya, dan bukannya 'sekian, sekian' agar Anda tidak tertipu bila mendapat pesan dari nomer tersebut.

    Esoknya, saya teringat seorang tetangga, sebut saja Badu. Terkejut tapi gembira saat mendapatkan SMS pemberitahuan bahwa dia mendapatkan sebuah mobil mewah dan pulsa sekian juta rupiah. Saat dia menghubungi 'call center' dia diminta untuk menyetorkan sejumlah uang sebagai pajak undian. Maka bisa ditebak, hadiah dia impikan tersebut tidak pernah datang, sedangkan uang yang dia setorkan kadung melayang

    Dalam sebuah penggerebekan terhadap komplotan penipu lewat SMS yang ditayangkan sebuah tv swasta, orang-orang ini bekerja secara berkelompok. Beberapa orang bertugas setiap hari mengirimkan ratusan SMS secara acak ke sejumlah nomor pelanggan ponsel, dan biasanya memanfaatkan momen-momen khusus seperti ulang tahun suatu operator, mendompleng program undian operator, hingga ulang tahun sebuah perusahaan.

    Sementara anggota lain yang bertugas untuk menjadi 'call center'. Dia yang berperan sebagai eksekutor, untuk meyakinkan calon korban, agar mau menyetorkan sejumlah uang ke dalam rekening yang telah disiapkan, sebagai uang administrasi atau pajak undian. Bisa dibayangkan bila dari ratusan SMS tersebut, 10 persen saja orang menjadi korban, betapa besar 'omzet' penipuan ini.

    Biasanya yang kerap menjadi korban adalah orang-orang yang baru pertama memiliki ponsel, ataupun orang-orang yang kurang pengalaman dan pendidikan. Juga pemilik ponsel yang berasal dari kalangan tidak mampu, dengan memanfaatkan kemiskinan mereka.

    Menurut Sari, petugas customer service Telkomsel ketika dihubungi, Telkomsel selama ini tidak pernah memberitahukan pemenang suatu program berhadiah melalui pesan singkat. Telkomsel selalu mengumumkan para pemenang melalui media massa nasional, ataupun lewat websitenya.

    Jadi, jika tiba-tiba anda mendapat SMS yang menyatakan Anda mendapatkan sebuah mobil atau rumah, sebaiknya jangan senang dulu! (gambar: armansah.net78.net)

    36 comments:

    riesta said...

    iyah,,,aku juga sering tuh dapet sms menang undian kek gtu...

    ada2 aja ya....

    joe said...

    yang penting kita tidak tertipu ya...

    Sang Cerpenis bercerita said...

    sering banget terima sms spt itu tapi saya cuekin aja.

    etam grecek said...

    mengapa dengan mudahnya si badu tertipu...maraknya sms uadian berhadiah belakangan ini memang hanya tipuan belaka.dan hendaknya kita jangan mudah senang..baiknya konfirmasi langsung ke pada perusahaan yg memberikan hadiah itu....

    joe said...

    barangkali juga saking senangnya, sehingga membuat dia kurang hati2, sehingga malah tertipu...

    TuSuda said...

    Iya, pada awal-awalnya kami punya hp, sering ada sms seperti itu Mas, ngakunya dari operator tapi pake nomer HP tertentu. Ketahuan khan bohongnya, ya dicuekin saja...

    nick said...

    hoho hoho kerjaan orang iseng itu ...

    Puskel said...

    Dengan adanya cerita ini, Semoga para sahabat lainnya, bisa tetap waspada...menyimak sms seperti itu, sebaiknya konfirmasi dulu ke operator aslinya. MAkasi...

    tomo said...

    Aku juga sering gan mendapat sms seperti itu.
    Penipuan

    penghuni60 said...

    Paman aku, kakak aku jg pernah tuh dpt sms tipuan sperti itu.
    semoga aja kita smua gak lg tertipu stelah baca tulisan ini. dan bwt penipunya, smoga dpt ganjaran lbh pantas...
    tul gak?

    Science Box said...

    woooi, buat smua yg punya hape, buruan baca tulisan ini...
    jgn lg mudah tertipu....

    ingat,satu slogan saya:
    "Ada barang, ada uang"
    kalo blm keliatan barangnya, jgn skali2 keluarin uang...

    windflowers said...

    bener..aku sering dapet jg sms yang isinya spt itu..tapi ga kutanggepin..

    Call me Batz said...

    yup..harus hati-2 nih dengan sms-2 seperti ini

    orange float said...

    begitulah cara orang-orang pemalas mencari uang dengan cara menipu. kita harus hati-hati. penjahat ada dimana-mana

    gaelby said...

    Bang Napi bilang ; waspadalah, waspadalah, hehee..hee...

    Sharingnya mantab bro, salam sobat :)

    Wong sikampuh said...

    hmmm...tipuan klasik kaya gini ternyata masih berlaku juga ya...Dan yg paling mengheran kan adalah si korban nya,kenapa gak mikir panjang ya kalo itu hanya tipuan belaka

    Wong sikampuh said...

    Komen lagi ya...Aku dah follow blog ini,folow blk ya..

    aan said...

    kudu lebih hati2 thd modus seperti itu,cek n ricek dulu kalo memang blm yakin,,,bwt badu smoga bs mengambil pelajaran dr peristiwa ini..

    "om rame" said...

    turut prihatin dengan kondisi yang diaLami tetangga.
    terima kasih atas sharenya, bermanfaat bagi kita semua sebagai media pengingat agar Lebih berhati-hati Lagi terhadap berbagai modus penipuan.
    ijin untuk menjadi foLLower di bLog ini, saLam persahabatan.

    kanvasmaya said...

    emang banyak tuh yang seperti itu sekarang..
    aq juga sering dapet..

    ndop said...

    kalau saya ya langsung pencet tombol c trus yes..

    hilang deh sms penipuan ituh, heheheh...

    dreesc said...

    sering neh yg kek gini... malah kmrn2 sempet ada yg nelp ke rumah... bilang dapet hadiah.... emang dah penipu sekarang dah nekat2... ckckck

    Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

    nah itu orang tuaku jg mudah banget tertipu
    jadi ak selalu wanti2 terus :P

    attayaya said...

    ya
    aku sebel dapat sms bahkan telpon penipu begitu.

    ketawa, lucu, ngakak said...

    wkwkkwkw
    udah sering aku mas joe dapat begituan.. sekaang udah kebal...
    apalagi kalo imel... =="
    gombal kelas kakap tukabng tipunya

    catatan kecilku said...

    Wah.., sering banget aku mendapat sms serupa. Dan langsung aku delete..!

    inge / cyber dreamer said...

    kalo dapet sms macem gitu langsung aku hapus... ^^

    have a nice day ^^

    alice in wonderland said...

    kriteria korban selain yg di atas: masyarakat dengan pendapatan rata2 yang kepengen cepet kaya^^

    TUKANG CoLoNG said...

    oia brader, wilujeng sumpung itu berarti selamat datang dalam versi sunda

    ARUS RASYID said...

    Kenapa ya penipu-penipu seperti itu jarang tertangkap? Apakah no.hp-nya sulit dilacak? Bukankah ketika kita beli nomor hp, kita harus registrasi dengan menyebutkan identitas lengkap? Atau registrasi itu sendiri sekedar formalitas sehingga identitas palsu pun tak dipersoalkan?
    Banyak keanehan memang dari penipu2 lewat SMS itu. Jadi saya setuju, kitanya memang yang harus hati.

    joe said...

    sepertinnya registrasi juga bukan solusi pak, jadi tinggal kita sendiri yang harus lebih hati-hati...

    Mawardi said...

    Kalau saya SMS-nya saya balas dengan :" Terima kasih Infonya silahkan hadiahnya anda ambil sendiri" begitu

    Sukadi Brotoadmojo said...

    kalau saya dulu sering dapat SMS seperti itu, dan pernah sampai saya laporkan ke call center itu nomer pengirimnya.
    postingnya bermanfaat, biar lebih hati2 lagi kalau dapat SMS penipuan seperti itu...
    trimakasih

    need-gadget said...

    waktu itu pernah dapet sms begituan,
    terus Q kerjain aja call centernya, abis lucu... operatornya gugup, ama bingung waktu ditanya". :D

    1mmanuel'Z-Note5 said...

    Anehnya, walau pihak operator selalu bilang nggak pernah ngumumin lewat SMS, tetep aja selalu ada korban. Hadeuh!

    infotipsku said...

    saya heran masih aja ada orang yg hobi nipu dengan cara begini
    kalau dulu setiap ada sms bau2 nipu biasanya sy bales ratusan sms mas :)

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger