Rahasia di Balik Air Mata

Posted on
  • Saturday, July 31, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Kapan terakhir Anda menangis? Tidak perlu malu, jika Anda cowok dan menangis. Sebab ternyata menangis diperlukan untuk melepaskan stress. Saat menangis, hormone endorphin di dalam darah akan dilepaskan dan hormone ini yang berfungsi untuk meningkatkan mood dan mengurangi sakit.

    Menurut Dr William Frey, pakar biokimia dan direktur Dry Eyes and Tears Research Center Minnesota, menangis dapat membuat seseorang merasa lebih baik karena air mata yang keluar berfungsi menghapus ketegangan syaraf pada tubuh, yang salah satu penyebabnya adalah stress. Dan keluarnya air mata inilah yang bisa menawarkan racun stress tersebut.

    Keluarnya air mata ternyata memiliki berbagai fungsi antara lain untuk melicinkan permukaan optic bola mata, mencegah pengeringan permukaan luar bola mata. Selain itu menangis juga dapat meningkatkan suplai oksigen ke kornea, untuk lubrikasi pergesekan palpebra (jaringan yang melindungi bola mata) dengan kornea dan untuk menurunkan level depresi, karena dengan menangis dapat meningkatkan kembali mood seseorang.

    Air mata yang dihasilkan emosi ternyata mengandung 24 persen protein albumin lebih banyak, yang berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh. Air mata dihasilkan oleh kelenjar air mata yang posisinya berada di bagian atas pelupuk mata.
    Ada dua macam air mata, yaitu air mata yang mengalir karena iritasi, misalnya karena debu atau kelilipan. Yang kedua adalah air mata emosional, yaitu air mata yang menangis karena sedih atau bahkan bahagia.

    Air mata yang mengalir alami memiliki komposisi kandungan air, elektrolit dan molekul-molekul kecil seperti karbohidrat dan lemak, protein dan beberapa yang memiliki fungsi enzim. Protein penting dalam air mata adalah lisozim yang memiliki aksi antibakteri, laktoferim, sekresi antibody IgA dan protein yang mengikat lemak.

    Lapisan air mata terdiri dari tiga lapis. Yaitu lapisan mukus yang langsung melapisi kornea, kemudian lapisan kedua yaitu akuos yang berfungsi menyuplai oksigen dan zat-zat penting yang berguna untuk menutrisi kornea. Lapisan akuos ini 98% terdiri dari air, dan komposisi lainnya ialah garam, protein dan senyawa lain. Sementara lapisan ketiga adalah lapisan lemak yaitu berupa lapisan berminyak yang berfungsi untuk mencegah penguapan.

    Produksi air mata normalnya akan berkurang seiring dengan pertambahan usia. Oleh karena itulah, sindrom mata kering sering dijumpai pada orang-orang yang lanjut usia. Dalam kasus ini sering kali diatasi dengan air mata buatan. Hanya saja, komposisinya tidak sekompleks air mata alami (sumber: gizone, gambar: twobluecherries.com)

    32 comments:

    penghuni60 said...

    terakhir sy nangis pas kpergian bpk saya sob...
    sedih bgt rasanya...
    sy nangis dipelukan istri...

    Science Box said...

    emangnya yg nangis itu musti cewe aja y?
    cwo jg manusia...!
    dan air mata itu milik smua yg pnya hati nurani...

    blogger admin said...

    menangis bukan berarti cengeng dalam menghadapi hidup, menangis adalah bukti bahwa kita adalah manusia

    Sang Cerpenis bercerita said...

    nangis itu manusiawi kok, jadi mestinya siapapun boleh menangis

    bayuputra said...

    wah ... saya jarang sekali menangis .. karena selalu ceria setiap saat .. heee.

    inge / cyber dreamer said...

    terakhir nangis wkt sholat malam >.<
    wah trnyata menangispun berguna yah ^^

    tomo said...

    Wah aku lupa gan kapan terakhir ya aku menangis.kalo ndak salah saat wafatnya ibuku yang terakhir gan

    jeje said...

    berarti bagus ya menangis tuh..

    TuSuda said...

    Bisa dibayangkan kalau tidak ada air mata, penglihatan akan terasa sepet dan kering...

    Puskel said...

    Jadi apa yang terjadi diwujudkan dengan ekspresi keluarnya air mata.

    fajar said...

    wah joz postinganmu sob... lanjutken ^^

    ekopras said...

    kalo nagis terus gimana ya? baik gak?

    tukangpoto said...

    Kalo abis nangis rasanya bisa lebih lega gitu..

    sawali tuhusetya said...

    woi, bener2 info baru buat saya nih, mas joe. ternyata menangis secara alamiah itu justru sehat dan menyehatkan, yak.

    etam grecek said...

    mantap nh postingannya....
    jadi lebih mengerti akan ar mata...
    thanks for share...

    Wong sikampuh said...

    Wah ternyata fungsi air mata bnyk manfaat nya ya sob,kalo gitu aq mau nangis dulu ya...Xi..Xi...Mantap info nya bos

    darahbiroe said...

    jadi ingin berdiri terbalik biar ga nangis hehhe
    :d

    j4j said...

    emang sih banyak manfaat klo kita nangis, tapi klo keseringan jd cengeng dong...!!!
    Ia ni kang, belum turun sepenuhnya sih, cm mampir bentar, tar naik gunung lagi...hehehe...!!!

    masndol said...

    mari rajin2 menangis biar sehat hihihih :)

    Ahmad Fauzan said...

    kapan saya terakhir menangis ya?

    ada juga yang bilang kalau anak kecil suka nangis, berarti daya responnya terhadap lingkungan tinggi. juga katanya IQnya tinggi juga, benar ga ya dok? :D

    gaelby said...

    Thanks sobat ! Sharingnya sgt membantu dan menjadi wawasan baru buatku.
    Salam sobat :)

    om rame said...

    menangis adaLah saLah satu peLampiasan untuk meringankan perasaan hati, biasanya seteLah menangis seseorang akan merasakan kenyamanan dan kembaLi menata perasaaan yang berantakan.

    Muhammad A Vip said...

    saya orang yang gampang mengeluarkan air mata, mas. dan saya selalu senang setiap kali itu terjadi apapun sebabnya.

    Keping Hidup said...

    Menangis tanda hatinya tidak keras :D

    firdaus said...

    saya malah sering menangis ketika terharu, ketika sedih malah susah nangis :D . gak nyangka ya ada begitu banyak manfaat di balik air mata ^^

    luki said...

    menangislah bila harus menangis, karena kita semua manusia ...

    mbah koeng said...

    kayaknya sudah tidak pernha memangis lagi..

    mbah koeng said...

    paling nek ora duwe duit wae

    tiwi said...

    hiks..hiks..bbrp bln terakhir ini srg skl nangis..huaaa(lebay.com xixixi)..,trnyata ada positifnya jg, he3...

    rembulan malam said...

    aduh klo nangis sering lho

    cinta bahari said...

    air mata memang berguna

    Anonymous said...

    Om, tulisannya kecil-kecil, jadi keluar dah air mata karena perih bacanya .. :)

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger