Mengapa Wanita Lebih Panjang Umur Daripada Pria?

Posted on
  • Tuesday, June 8, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Dari hasil sensus penduduk yang telah usai beberapa saat lalu, didapati beberapa fakta menarik. Meski tidak didukung oleh data pembukti, beberapa orang mengaku memiliki umur di atas 100 tahun, bahkan ada yang berumur hingga 125 tahun. Menariknya lagi, hampir semua kaum sepuh tersebut adalah wanita. Hal ini tentu sesuai dengan sebuah studi yang menyatakan bahwa memang wanita rata-rata memiliki umur yang lebih panjang daripada kaum pria.

    Sebuah penelitian di Amerika menyatakan bahwa angka harapan hidup kaum hawa di sana adalah 79 tahun sedangkan pria 72 tahun. Dari studi tersebut juga didapatkan kenyataan bahwa dari orang-orang yang beruntung mencapai umur di atas 100 tahun sekitar 85 % adalah wanita.

    Ada beberapa alasan mengapa wanita memiliki umur lebih panjang. Lelaki secara alami memproduksi hormone esterogen, hormone inilah yang secara alami memicu perilaku agresivitas pria, yang mendorong pria lebih sering mengalami kecelakaan lalu lintas akibat di jalan raya misalnya, atau kekerasan hingga pembunuhan maupun bunuh diri.
    Sebaliknya wanita punya hormone esterogen yang berperan meningkatkan system kekebalan tubuh. Esterogen juga memproduksi HDL (alias kolesterol baik) yang berguna untuk kesehatan jantung. Selain itu pada saat menstruasi wanita juga mengeluarkan hormone estradiol, yang dapat membuat jantung lebih kuat. Sementara pada pria yang berumur 18-70 tahun ternyata kemampuan jantungnya terus mengalami penurunan fungsi hingga 20-25 %.

    Selain itu, lelaki juga lebih banyak yang menjadi pecandu rokok dan alcohol daripada wanita. Perilaku yang tidak sehat tersebut tentu saja beresiko mengundang banyak penyakit, seperti gangguan jantung atau kanker yang ujungnya adalah maut.

    Masih ada lagi perilaku pria yang kurang menguntungkan dibandingkan wanita. Karena secara fisik lebih perkasa daripada wanita, pria banyak yang mengandalkan kekuatan tubuhnya dalam bekerja, dengan menjadi pekerja kasar yang menguras tenaga. Hal ini dipercaya membuat pria lebih cepat drop daripada wanita. Selain itu pria cenderung abai dengan tubuhnya, sedangkan wanita lebih cepat perduli dengan tindakan preventif jika ada sesuatu yang tidak beres dengan tubuhnya.

    Wanita juga terbiasa merawat dan menjaga tubuhnya sebagai bagian dari kecantikannya. Wanita terbiasa dengan pola makan teratur, diet dan makan dengan hati-hati. Sedang pria hanya sedikit yang mau menjaga makannya. Akibatnya lebih banyak pria yang terkena penyakit akbat makan yang ngawut itu.

    Memang hidup dan matinya manusia ada di tangan Tuhan, namun tidak ada salahnya bagi wanita untuk bersyukur, sebab Anda akan lebih lama berada di dunia ini! (sumber: time.com; menshealth.com).

    28 comments:

    tomo said...

    Wanita lebih panjang umur karena gen nya xx bukan xy.
    Jadi karena sama ndak saling bertengkar hehe

    Uswah said...

    Berkunjung pagi bro

    senja said...

    selamat pagi menjelang siang,terima kasih kunjungannya joe...

    salam kenal jg ^^

    inge / cyber dreamer said...

    kunjungan balik...
    salam kenal...
    sekalian ijin follow ^^

    senuk said...

    Pantesan lebih banyak janda daripada duda ....

    Sang Cerpenis bercerita said...

    yah benar..wanita memang lebih pinter jaga kesehatan

    TuSuda said...

    Iya, persoalan umur sudah ada yang mengaturnya, namun kita tetap perlu menjaga kesehatan diri sesuai kodrat fisik alamiah yang kita miliki.

    Puskel said...

    Sedikit koreksi boleh ya Mas, tentang hormon alamiah pada pria/lelaki, disebut dengan ANDROGEN yakni Testosterone.
    Hormon ini menentukan sifat dan ciri-ciri fungsi kelamin sekunder pada laki-laki. Fungsinya tentu dipengaruhi oleh bagaimana faktor perilaku hidup yang dijalankannya.
    SALAM KENAL, saya berkunjung balik, dari blog puskel yang saya (tusuda) kelola juga, khusus tentang info Puskesmas. Makasi ya Mas...

    aryadevi said...

    iya...memang mati merupakan hal yang pasti dan tidak tahu kapan kan datang, tapi paling tidak dengan pola hidup sehat, adalah usaha yang baik...untuk memperpanjang hidup.

    salam ^_^

    orange float said...

    iya juga ya, wanita lebih perhatian sama tubuh dan kesehatannya apalagi perawatan tubuhnya macam2

    lyna riyanto said...

    Allah memang Maha Adil yaa
    Setika haid wanita seringkali merasa tidak nyaman bahkan merasakan sakit
    tetapi dibalik itu ternyata ada kelebihan yaitu adanya hormon yg mengutakan jantung

    Subhanallah.

    Den Hanafi said...

    itulah makanya surga ada ditelapak kaki ibu. (emang ada hubungannya ya sama umur??? he..)

    Delia said...

    Wanita menjaga dirinya..
    tapi kalo bisa memohon lia gak mau meninggal terlalu tua hehheheh

    marya said...

    beruntunglah diriku menjadi seorang wanita...hehehehe

    Eysa said...

    hurrrrrayyyy!
    :-D

    catatan kecilku said...

    Mungkin juga karena pria sebagai kepala keluarga dan pencari nafkah mengalami tingkat stress yg lebih besar... shg mempengaruhi umur mereka juga.

    the others... said...

    Sayangnya aku tak suka diet dan pemakan segala... jadi apakah aku juga bisa panjang umur..? hehehe

    achen said...

    Wah OK neh infonya...
    Baru tahu ada penelitian kek gini... heheehe

    buwel said...

    Buwel suka ngerokok tapi berharap umur panjang, masih bisa khan... *Lho*

    John Terro said...

    setahuku sih emang gtu ... bahkan ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa pria cenderung lebih mudah mengalami stres daripada wanita :P

    Rian said...

    Semakin panjang umur kita, semakin banyak dosa yg di emban

    richoyul said...

    klo dulu wanita juga lebih panjang rambutnya, klo sekarang co pada ga mau kalah heheh

    Keping Hidup said...

    Berarti hasil survey yang mengatakan jumlah wanita lebih banyak dari pria karena wanita lebih panjang umurnya ya? :D

    TUKANG CoLoNG said...

    hahahahahaha
    bs2

    Anggi Zahriyan said...

    Tidak ada yg tau kapan kematian akan datang. Yang bisa kita lakukan adalah menjaga jiwa dan raga ini dgn sebaik-baiknya.

    ieyaz said...

    merasa beruntung dah jadi wanita.. *lohh..??*
    hehee...

    joe said...

    all =

    thanks atas kunjungan dan komentnya.
    salam

    Ione Nasition said...

    Wah, ternyata banyak disebabkan oleh hormon ya??

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger