Kopi dari Kotoran Binatang

Posted on
  • Wednesday, June 9, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Bagi Anda penggemar kopi, malam kurang lengkap rasanya tanpa secangkir kopi di ruang keluarga. Apalagi pada suasana dingin dan hujan. Pada porsi yang tidak berlebihan ternyata kopi banyak membawa manfaat selain hanya sebagai penahan kantuk. Kopi dipercaya berkhasiat mencegah penyakit syaraf, selain itu kopi juga dapat melindungi gigi Anda lebih kuat dan mengurangi resiko gigi berlubang. Bagi kaum wanita 4 cangkir kopi sehari juga dapat menurunkan kemungkinan kanker payudara hingga 38 %.

    Tapi pernahkah Anda mencicipi kopi luwak? Kopi luwak menjadi istimewa karena rasanya yang superior daripada kopi biasa. Kopi ini terasa lebih manis dengan kombinasi pahit dan asam, serta menghasilkan after taste yang lebih lama di dalam mulut.

    Disebut kopi luwak karena kopi ini keluar dari kotoran luwak. Ya, kopi luwak sebenarnya juga sama dengan kopi biasa, namun bedanya kopi ini dihasilkan melewati pencernaan dalam perut binatang luwak dan keluar bersama fesesnya. Luwak (Paradoxurus hermaproditus) atau musang inilah yang berjasa menghasilkan kopi termahal di dunia.

    Luwak adalah binatang mamalia yang biasanya keluyuran di malam hari. Luwak biasa mencari makan di kebun-kebun mencari binatang-binatang kecil, buah-buahan hingga biji-bijian termasuk kopi. Khusus untuk kopi, binatang ini memilih hanya biji-biji dengan kualitas terbaik dengan kematangan yang sempurna.

    Hanya daging buah dan kulitnya yang akan dicerna, sementara biji kopi akan keluar dalam keadaan utuh bersama kotoran. Karena melewati proses fermentasi alami di dalam lambung si luwak tersebutlah yang membedakan rasa kopi dari kopi biasa.
    Kopi yang bercampur dengan kotoran tersebut biasanya banyak ditemui berserakan di kebun-kebun. Namun untuk menyiasati tingginya permintaan kopi luwak banyak pengusaha memelihara luwak di dalam kandang dan menyuplai dengan kopi matang, seperti yang dilakukan di PTPN XII sejak tahun 2006.

    Tidak hanya di Indonesia, kopi luwak juga terkenal di luar negeri. Di negara-negara Eropa dan Amerika, kopi khas Indonesia ini menjadi favorit bagi para penggemar kopi sejati, meski untuk itu mereka harus merogoh setara dengan satu jutaan rupiah hanya untuk secangkir kopi (gambar: fanpop.com)

    43 comments:

    Sang Cerpenis bercerita said...

    pernah denger sih, tapi belum pernah coba tuh kopi rasa itu.

    mundo said...

    aku dulu ketika masih kecil di ajak pergi kemuara dua, perkebunan kopi ,disana udara dingin , kopi tumbuh subur , dan aku sering menemukan tumpukan kopi tai luwak itu , sebenarnya itu memang kopi pilihan soalnya yang di makan luak kopi buah pertama , yang merah2 itu ,

    TuSuda said...

    Negara kita memang kaya dengan hewan dan aneka ragam hayati yang unik ya..

    Puskel said...

    Wahh, belum pernah nyoba tuh bagaimana rasanya kopi luwak, pasti enak dan hangat, kayak fresh from the openannya si Luwak itu ya..

    Didiet said...

    yap inilah kopi yang paling enak dan sudah terkenal di penjuru dunia...tapi untuk merasakan kopi luwak ini kita harus membayar harga yg lumyan juga

    sunflo said...

    hehehe... iya neh... aq juga pernah liat gambarnya... kopi ini keluar dari tubuh si luwak... tapi perasaan aq blom pernah menikmatinya deh...

    ciwir said...

    kopi luwak terkenal sejak saya kecil dulu

    ummurizka said...

    salam kenal pak..tlah berkunjung ke blogku..,oo..oo..itu to sejarahnya dinamakan kopi luwak rupanya karena harus lewat perut luwak..btw saya ngga suka kopi he...

    inge / cyber dreamer said...

    kopi itu memang terkenal...
    tapi aku sendiri belum pernah cobain hehe... ^^

    windflowers said...

    kopi yang mahal....:)

    Pandu said...

    Wah...memang enak mas...saya sudah pernah meminumnya kebetulan dikasi minta ama teman, kalau belum sendiri belum, harganya mahal heeee, btw link telah terpasang mohon di cek

    pak tani dan sang sapi said...

    pernah denger nya tapi belom sempat nyoba....
    karna saya memang bukan penggemar berat kopi....

    salam kenal...dan terimakasih sudah mampir juga ke blog pak tani....

    achen said...

    wah disana harganya jutaan rupiah
    mantab dah..

    buwel said...

    saya lebih suka dengan torabika dan kopi ayam jago, waduh ngiklan....

    W i e d e s i g n a r c h said...

    aku gimana yah
    lebih suka yang ringan sekarang
    abisnya
    aku dulu adiksi banget
    akut
    akhirnya mencoba mengurani
    ujung2nya pilih kopi yang campur coklat
    biar bisa gak kafein tinggi lagi
    ^-^
    hihihi
    ngeles

    ohh yah
    ada preview sex and the city
    yang ternyata juga ada jilbab en cadar
    kan syutingnya
    di abu dhabi ^-^

    tomo said...

    Kopi luwak enak juga lo gan hehe

    uswah said...

    Kunjungan sore

    Naufan Karzanik said...

    wah saya ingin mencoba luwak bagaimana rasanya...ya....

    kitasukawordpress said...

    ini dia minuman yang aku sukai, kasi tau donk alasannya kalo minum kopi koq bikin ngantuk aku ilang ya?
    salam, :)

    kitasukawordpress said...

    nah, ni dia minuman yg aku suka.. kasi tau donk rahasianya kenapa minum kopi bikin ngantuknya ilang?
    salam, :)

    budies said...

    saya termasuk penggemar kopi, memang asyik malam-malam ngopi, sampai-sampai kalau belum ngopi seperti orang linglung

    Ria Nugroho said...

    ak kurang suka minum kopi
    tkut ga bs bobo ;p

    odonk's said...

    wew.....
    ane br tw klo harga jual di luar sana smpe 1jt/cankir...
    nice bgt...

    j4j said...

    bener2 pengen nyoba rasanya kopi luwak..!!!

    narti said...

    begitu ya jadi disebut kopi luwak?

    sda said...

    pantas saja harganya mahal ya....
    prosesnya juga susah...

    julianusginting said...

    blm pernah denger kopi itu...

    j4j said...

    selamat pagi kang, sebelum berangkat mampir dulu, ngopi+rokok+pisang goreng+ngblog...sip dah!!!
    kopinya bukan kopi luwak,,,hehehe!!!

    NoRLaNd said...

    Saya baru tw ada yang namanya Kopi Luwak ?! Luwak itu binatang nya ya... Wah, jadi penasaran bagaimana rasa kopi nya Hhehe..

    Fauzan said...

    What? gile beneeeerr... ga mau nyoba aku.

    di tempatku banyak sih binatang luwak itu, musang kan? emang kalo kotorannya itu biasanya kalo makan kopi ya keluarnya kopi juga. tapi ga ada yang memanfaatkannya untuk dijadikan kopi. weks! ngeri eui!

    Omiyan said...

    denger pernah tapi Alhamdulillah sampai sekarang belum nyoba .. siap tahu ada yang ingin ngirim ke sini ta tunggu deh ... saya sendiri penasaran banget rasanya yang mana yang ngebedain

    anonym said...

    emang keren bos kopinya....
    rugi dah kalo belom nyoba...

    Omiyan said...

    denger pernah tapi Alhamdulillah sampai sekarang belum nyoba .. siap tahu ada yang ingin ngirim ke sini ta tunggu deh ... saya sendiri penasaran banget rasanya yang mana yang ngebedain

    Pejantan Tanggung said...

    wah apapun itu saya ga suka minum kopi
    paling sesekali aja..

    julie said...

    kopi luwak pastilah enak :D

    Masih Dalam Duniawi said...

    ih ada2 aja!!!!!

    ieyaz said...

    katanya sih emang enak..tp g tau deh..blm pernah nyoba sndiri sih.. hehehe..
    harganya muahal buanget ihh...

    attayaya said...

    aku pernah coba di cafe luwak
    cuma karena aku ga pengopi, gtau pasti apa enaknya

    bintang said...

    komenku kok ga muncul?
    komen lagi ah

    gak suka kopi mas :)

    joe said...

    Pandu:

    thanks sobat, silahkan pasang sendiri ya link kamu dengan menjadi 20 komentator terbanyak..
    salam...

    ariefborneo said...

    Saya pernah denger mas tp syang belum pernah nyoba nie kopi luwak...thnxz dh berbagi

    Laci Kasir said...

    ada jg kopi dri kotoran gajah...
    heeemm, gmna rasanya yaa..?!

    Yuliono Gundul said...

    waduh kirain kotoran apa mbak ternyata kopi luwak to hihi... saya penasaran baca judulnya kirain bukan kopi luwak dan ada kopi lain yang dari kotoran hewan hihi...
    kunjungan sore
    sukses selalu buat beranda kata..

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger