Kwaci, Kecil Tapi Besar Manfaatnya

Posted on
  • Friday, June 18, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Pernah makan kwaci? Tapi mungkin kita selama ini memandang makanan kecil itu hanya sebagai kudapan yang merepotkan saja. Sebab kenikmatan yang didapatkan tidak sebanding dengan perjuangan mengupas makanan dari biji tersebut.

    Padahal sebenarnya kwaci punya khasiat yang jauh melebiji ukuran makanan tersebut. Kwaci matahari merupakan salah satu sumber vitamin E. Sebagaimana diketahui, vitamin E berguna bagi regenerasi kulit, serta bermanfaat untuk kehalusan kulit dan dapat membuat kulit senantiasa awet muda dan indah. Selain itu vitamin ini juga merupakan antioksidan yang juga berperan untuk menetralkan radikal bebas.

    Selain itu kwaci juga kaya akan magnesium, selenium dan tembaga. Magnesium sangat diperlukan tubuh untuk kesehatan tulang dan energy. Dalam hal ini magnesium bermanfaat untuk memperkuat stuktur tulang, juga membantu mengurangi gejala penyakit asma, menurunkan tekanan darah, juga mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Masih ada lagi, kandungan minyak dalam biji matahari juga mengandung asam likoleat, asam ini bermanfaat menurunkan kolesterol. Sementara kandungan besinya dapat mencegah anemia.

    Kwaci umumnya dibuat dari biji semangka atau biji matahari. Biji-biji tersebut mula-mula direndam dalam air kapur kemudian dikeringkan. Setelah itu garam, kayu manis, serai, pandan wangi bersama-sama dimasukkan ke dalam air dan dididihkan. Kemudian setelah kurang lebih setengah jam, biji-biji tersebut dimasukkan dan diaduk, hingga biji-biji tersebut cukup mudah untuk dipecah. Setelah ditiriskan dan dikeringkan jadilah kwaci.

    Bunga matahari sendiri adalah tanaman semusim yang cukup popular sebagai tanaman hias selain sebagai penghasil minyak. Dinamakan bunga matahari karena memang bentuknya yang membulat menyerupai matahari dengan diameter dapat mencapai 30 cm. Selain itu, bunga matahari juga memiliki perilaku yang unik, yaitu bunganya selalu menghadap ke arah matahari.

    Tanaman ini dibudidayakan pertama kali oleh orang-orang Indian di Amerika, juga di Amerika Latin. Setelah orang-orang Eropa menjelajahi Amerika maka bunga-bunga ini mulai melanglang buana ke Eropa dan penjuru dunia pada abad ke-16. Tanaman ini juga dibudidayakan secara missal di Jerman, Perancis, Rusia dan AS (sumber: blog.unsri.ac.id; tasurun.co.cc; Wikipedia.com; gambar: kaskus.com).

    42 comments:

    itempoeti said...

    jadi pengin makan kwaci... hihihihihi...

    inge / cyber dreamer said...

    ati2 kalo kebanyakan ntar bibirnya jadi kaya' abis maen tinju ^^

    Sang Cerpenis bercerita said...

    suka sih cuma suka malas makannya. lama ngupas pake gigi.hhehee

    Cihampelas said...

    wah gara2 foto dan kamu sebut ini
    aku bertekad untuk emncari kwaci hari ini
    harus ketmu
    dan ternyta ada khasiatnya
    aku pengen
    karena aku suka sebenernya
    tapi aku kira
    itu gak bagus
    abis kalo udah sekali
    gak bisa verhentinya
    wkwkwkwk

    boleh dunk mampir
    ada foto baru di blogku
    ^-^
    dan aku butuh sekali masukannya
    ^-^

    rizal said...

    wah,,,dah berapa tahun yach,,aku gak makan kwaci,,,,,
    jadi kepengen

    oea ini kunjungan perdana ku ,,,,salam pertemanan dan aku dah follow nih,,,follow balik yach

    anonim aja said...

    wah, mak nyuss tenan...!

    firdaus said...

    udah lama gak makan kuaci... ntar malem aja nyari buat temen nonton bola :)

    tomo said...

    Baru tahu gan jika kwaci memiliki vitamin E

    windflowers said...

    waah..tar beli ah kwaci hihihi..*lebay* hehe..thanks for share..

    DewiFatma said...

    Uh, saya suka banget tuh yang namanya kwaci, meski bikin bibir jontor dan lidah perih karena asin. Tapi sedaapp...!

    sawali tuhusetya said...

    wow... terima kasih banget infonya, bos, padahal selama ini saya ndak suka makan kwaci, hehe ... terlalu ribet, hiks.

    TuSuda said...

    Dulu sih Mas, waktu sekolah SD, SMP sering makan kwaci, setelah itu sudah tidak pernah lagi. Kadang rasanya asin juga ya...

    Puskel said...

    Kayaknya makanan ringan sekarang jarang sekali ada yang mempromosikan kwaci di iklan-iklan ya Mas..padahal khasiatnya bagus sekali...

    TUKANG CoLoNG said...

    pas musim kuaci, lingkungan jd kotor karena kulitnya,hehe

    richoyul said...

    cemilan enak tuh, cuma capek klo ngupas sendiri. klo ada yang ngupasin siappp hajar ampe habis

    catatan kecilku said...

    Dulu waktu aku kecil, aku suka banget makan kwaci..
    Sekarang udah hampir gak pernah.. :D

    bintang air said...

    uwwaaaaa kalo kwaci mah emang cemilan kesukaan saya dan keluarga...
    ngemil murah gak bikin ndut plus dapet vit E nya.

    kitasukawordpress said...

    wah, ternya kwaci baik buat kulit ya. ada satu ide gimana kalo dibikin produk lulur dari bahan campuran kwaci?, kayaknya bagus dech :)

    achen said...

    tapi keknya kalo kebanyakan bikin jerawatan ya.. :-)

    buwel said...

    dulu waktu kecil suka kwaci neh, asin asin gituh.. he

    ndop said...

    wow, sudah lama nggak makan kuwaci, kayaknya musti ngemasukin daftar cemilan baru nih... heheh...

    mundo said...

    aku kalau makan kwaci langsung sekulit2nya asin2 enak gitu he he

    Keping Hidup said...

    Kwaci makanan kecil yang asyik makannya. karena kecilnya makannya bisa jadi lamaa.. :D

    Deka said...

    Saya sich suka, cuma jarang belinya suka ikut aja ama anak sebelah yang doyan beli kwaci. Ikut menghabiskan.

    ariefborneo said...

    Masih SD ane suka sma yg nama na kuaci..trnyata kuaci ada manfaat na jg y sob..met makan siang sob

    imtikhan said...

    wah cocok itu sob sambil nonton bola.
    terima kasih

    attayaya said...

    wwaaaaaaaayh aku suka kwaci bunga matahri, biji labu, kwaci putih, hitam

    REMAJA said...

    Weh, weh weh...
    begitu besarkah manfaat dari si kwaci ini??? Ga nyangka

    dulu waktu kecil doyan banget tuh makan kwaci, sampe di kelas juga sambl makan kwaci, akibatnya sering di strap sama guru...

    Laksamana Embun said...

    Ternyata banyak juga ya Manfaatnya...

    Salam kenal..

    masndol said...

    ada award untuk anda ambil ya? disini

    http://masndol.co.cc/wordpress/2010/06/19/my-first-award/

    orang kampung belajar ngeblog said...

    kapok dah makan kwaci.. moso' saya beli yang biasa diwarung 500 perak sebungkus, eh pas distadion saat nonton bola dibanderol sama tukang jualannya 5000 dapet 2 ?
    terlalu..

    bocahbancar said...

    Say suka kwaci,,, tapi capek ngupasnya,,, :D

    Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

    aku suka makan kuaci
    gak mau berhenti kalo makan kwaci
    tp ga kenyang2 hehehe

    TUKANG CoLoNG said...

    berkunjung lagi nih

    EYANG RESI 313 said...

    Dalam kwaci terdapat banyak arti dan manfaatnya ya.

    Cerahkan hati dengan pancaran sinar Illahi
    Tebarkan kedamaian dengan cinta kasih dan kelembutan.
    Tetaplah berkarya mengisi kreatifistas dengan pancaran cahaya Illahi
    Karyamu tetap dinanti.......

    Quinie said...

    ihhh sayah paling males makan kuaci. udah kecil2,isinya dikit, kelamaan bukanya :D

    ieyaz said...

    kayana semua orang sama deh.. suka kwaci tapi maless berurusan sama kulit kwacinya...
    heheee...

    mocca_chi said...

    hah syukur kuaci banyak manfaatny, jd ga ragu ngupasin ponakanku kuaci sering2 hahahha

    hudaesce said...

    Wah......,ternyata makanan kesukaan ku ini kaya kan manfaat ya,tak kusangka dan kuduga. Thanks untuk Infonya mas brow.

    PartaWinata Blog said...

    Lagi makan kwaci nih gan.......... iseng-iseng berhadiah nyari tulisan kwaci. Dimari deh.

    follow balik ya. Salam.

    obat herbal kanker payudara said...

    terima kasih atas infonya

    Ahmad Kali Akbar said...

    jadi inget masa lalu, ngambil bunga matahari terus bijinya dijemur, gak jadi2 kwacinya...hahaa

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger