Klenik-Klenik Dalam Sepakbola

Posted on
  • Monday, June 14, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Jangan dikira bahwa urusan klenik hanya berlaku di masyarakat kita. Dalam sepakbola, bahkan di level dunia sekalipun, ternyata urusan klenik, mistis hingga ritual-ritual tertentu juga berlaku di sana.

    Tengok saja apa yang dilakukan oleh kiper eksentrik Paraguay Jose Luis Chilavert. Dia selalu membawa-bawa jimat di setiap pertandingan dan meletakkan di sudut gawang yang dia jaga. Hasilnya memang tidak terlalu signifikan karena selama dia membela timnas, dia belum pernah meraih prestasi level dunia. Meski begitu dia sempat terpilih sebagai Penjaga Gawang Terbaik Dunia pada tahun 1995, 1997, dan 1998.

    Masih di Amerika Latin, penjaga gawang Argentina, Sergio Goycochea melakukan ritual yang nyleneh, yaitu kencing di lapangan saat pertandingan. Ini dilakukan di perempat final dan semifinal Piala Dunia 1990 ketika pertandingan harus ditentukan dengan adu pinalti. Hasilnya, entah kebetulan atau tidak, Goycochea menggagalkan dua tendangan pinalti pemain Italia di semifinal.

    Pada Piala Dunia 1982, timnas Peru menyertakan dua dukun sakti, Augusto dan Ramon Canales untuk mendukung timnya. Namun, rupanya kedua dukun bersaudara tersebut tidak cukup sakti. Timnas Peru harus menanggung malu dengan menjadi juru kunci grup dengan tanpa satupun kemenangan, masih ditambah dilibas Polandia 1-5!

    Sementara pemain-pemain top Eropa juga tidak luput dari klenik. Pemain timnas Inggris dan kapten Chelses, John Terry punya kebiasaan untuk duduk di bis pada posisi yang sama menjelang dan seusai pertandingan dan selalu melilit kaus kakinya dengan bebat sebanyak tiga putaran. Sementara mantan pemain Inggris Garry Lineker selalu mengganti kausnya saat istirahat jika gagal mencetak gol di babak pertama. Sebaliknya, dia tidak akan mengganti kausnya jika dia berhasil mencetak gol di babak pertama.

    Sedangkan pelatih Perancis lain lagi. Raymond Domenech selalu menggunakan astrologi sebagai dasar dalam menyusun daftar pemain yang akan bertanding. Akibatnya dia jarang memasang pemain dengan rasi Leo, karena menurutnya pemain dengan bintang Leo akan memiliki sifat temperamental den cenderung merugikan tim.

    Masih dari tim Perancis, bek Laurent Blanc dan kiper Fabian Barthez punya ritual khusus. Blanc biasanya memulai pertandingan dengan mencium kepala botal Barthez sebelum kick off. Hasilnya mungkin memang manjur, Perancis menjadi juara di Piala Dunia 1998 dan Piala Eropa 2000. Namun tuah tersebut tidak berlanjut ketika mereka berdua membela klub Inggris, Manchester United. Meski ritual tersebut tetap dijalankan, namun Barthez malah didepak dari Setan Merah karena sering membuat blunder.

    Sementara striker Argentina dan Manchester City, Charlos Tevez punya cerita lain. Dia punya kebiasaan mondar mandir tanpa busana di kamarnya. Tapi entah, apakah ini berhubungan dengan klenik di lapangan hijau, atau karena dia mau membuat 'gol' di gawang yang lain... (sumber: Kompas, wikipedia.com; gambar: babble.com).

    66 comments:

    alice in wonderland said...

    Saya amat curiga kalo si Charloz bukan penganut klinik macam gini tapi penganut paham Ariel, bikin gol dimana^^

    nh18 said...

    Ah ...
    ini lucu juga nih ...
    serba-serbi klenik yang seperti ini memang menambah serunya Piala Dunia ...

    salam saya

    fanny said...

    goll...wah, aku udah gak ngikutin lagi soal sepakbola nih.

    Fajar said...

    wah ternyata...klenik tak kira di Indonesia aja ternyata diluar negeri juga banyak tho....

    tomo said...

    Penggemar bola harus baca info ini gan

    uswah said...

    Berkunjung siang cari info baru

    Omiyan said...

    dimana mana pasti punya kebiasaan aneh dalam memulai sebuah pertandingan ....

    nietha said...

    kadang heran juga kenapa kok bisa percaya klenik

    nuances pen dofollow said...

    Lha Indonesia gudangnya dukun dan peramal sakti, kok gak ada didaftar peserta Piala Dunia!

    Tip Kang Romly said...

    ya ..mang kalo mo menang di mana2 n apapaun dipakai...Indonesia aja mo jadi dewan juga banyak yang pake klenik kyk gt...hahha

    W i e d e s i g n a r c h said...

    wah
    ada yah
    jimat2an di sepakbole
    walah2 .....
    baru tahu aku
    ^-^

    mampir2 yah ^-^, salam

    munir ardi said...

    makanya carlos teves ogah kalau tinggal dikamar yang banyak orangnya ia maunya tinggal sendiri, mengenai yang lain saya juga masih ingat semua mas joe betul sekali , tapi saya paling suka ama ribery karena ia Angkat kedua tangan berdoa dulu sebelum bertanding

    orang kampung belajar ngeblog said...

    jangan-jangan kemaren kiper inggris kebobolan karena jimat juga ya.. bisa2nya bola kayak gitu menggelinding dengan sendirinya..

    richoyul said...

    di kelas tarkam pun banyak, yang tanding bukan timnya tapi malah dukun beserta setan2nya heheh

    inge / cyber dreamer said...

    kadang mikir juga...
    jaman udah maju tapi masih ada klenik juga ^^

    kitasukawordpress said...

    wah, ada2 aja ya. mending berdo'a aja sebanyak2nya sebelum tanding. tp kalo masalah kencing di lap. mah kebangetan. itu sengaja ato mungkin dia nerfes gra2 hrus adu penalti akhirnya beser.hahay... :D maaf, sekedar koment :)

    masndol said...

    kunjungan balik bos

    Rubiyanto said...

    wah ada juga orang barat yang bawa jimat .....

    TuSuda said...

    Karena saya bintangnya Leo, berarti ndak cocok masuk skuad sepakbola ya Mas.
    Kayaknya lebih enak nonton saja deh, atau mainkan PS bola, lebih asyiik.

    Puskel said...

    Kalau urusan yang berbau mistis, memang tergantung keyakinan saja.
    Kadang bila dihubung-hubungkan ada yang cocok, ada juga yang meleset.

    catatan kecilku said...

    Mencium kepala botak ternyata manjur to..? kalau gitu kapan2 aku ikutan cium kepala botak ah... hehehe

    the others.. said...

    Semua bicara tentang Piala Dunia rupanya.. ?

    TUKANG CoLoNG said...

    jangan lupa diangkut award buat kamu di PENGHARGAAN DI SELA-SELA PERSIAPAN UAS

    bintangair said...

    demam bola sudah bermula
    banyak yang melek mata ampe pagi.
    nungguin bola masuk gawang
    hehehh

    achen said...

    ngeri juga tuh tevez.. hhihih

    buwel said...

    Mungkin kalo bonek ada di PD, tentu ngencingi gawangnya lawan ya... ;-)

    sawali tuhusetya said...

    hehehe ... klenik agaknya sudah menjadi naluri orang sejagad, mas. kalau melihat tampilan para pemain bola di level dunia, perilaku nyentrik mereka agaknya juga menjadi bagian dari ritual mereka utk memotivasi diri.

    Deka said...

    wah sampai segitunya, heheheh btw saya gak terlalu ngerti dengan kosakata klenik, ini bahasa Indonesia Baku..??? artinya apaan sich sebenarnya.

    agoenk70 said...

    mungkin ini sebuah warna-warni dari sebuah sepakbola yang bikin tambam seru dan meriah yah

    Keping Hidup said...

    :D baru tahu saya kalau ada ritual sebelum bertanding di lapangan hijau :D

    Agung Prasetyo said...

    Beberapa yang dituliskan diatas, sepertinya bukan klenik mas. Seperti para pemain melakukan kegiatan bolak balik, melihat kaos kaki dan lain-lain. Hanya untuk menenangkan diri saja mas.

    Terima kasih mas sudah berkunjung diblog saya.

    NanLimo Bertuah said...

    Woooow.... ada dukun pawang bole... hehehehh....
    ---------
    Salam Kenal sobt.. :)

    imadewira said...

    menurut saya, semua itu mereka lakukan untuk menambah rasa percaya diri

    Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

    Demam bola dimana-mana hehe :P

    joe said...

    Deka:

    klenik itu berasal dari bahasa jawa, artinya kurang lebih adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan takhyul/mistik...

    julie said...

    yahhh aku ketiduran sih semalem mas jadi gak liat pas kipernya ngeletakin jimat
    pas bangun udah 1-1 aja tuh italy ma paraguay

    yangputri said...

    pastinya semua lelaki pada demen sama sepakbola..... tapi diriku... gak demen tuh... jadi mo komen apa ya.. tentang bola...

    salam kenal aja deh...

    attayaya said...

    jiahahahahahaha....
    ada2 aja ya
    bawa dukun segala

    mocca_chi said...

    kepercayaan ya intinya hahaha

    Deka said...

    @ ohhhhhhh, ngerti-ngerti.
    ada juga orang luar yang percaya. hehehe

    ToPu said...

    Wah jaman kayak gini masih juga ada yang kayak gituw....

    HASTu W said...

    hahaha... ada2 aja neh

    Abdul Hakim said...

    yang terakhir konyol....
    kalo di indonesia beda lagi, sebelum bertanding pergi ke dukun dulu,minta jampi-jampi

    Mamah Aline said...

    dimana-mana urusan klenik bisa menambah percaya diri ternyata di dunia bola juga berlaku, seperti jimat, jampi-jampi,kembang setaman, entah efeknya ada ato tidak ya

    DewiFatma said...

    Wah, nggak nyangka ternyata orang2 dari negara maju begitu masih percaya klenik. Dunia makin maju, manusianya makin aneh..

    bluethunderheart said...

    wkwkkw bisaan aza y
    salam hangat dari blue

    menarik

    firdaus said...

    jadi inget pas nonton bola di stadion, sering pas arema susah nge goal in ke gawang padahal sudah banyak peluang lalu anak2 berinisiatif ngguyur belakang gawang dengan air kencing yg ditaruh di botol, kesannya jorok dan gak masuk akal ya... tapi anehnya setalah itu arema jadi bisa nge goal in :D

    imtikhan said...

    halo sobat blogger..
    suka bola ya
    sukses selalu
    terima kasih

    penghuni60 said...

    halah lg musim bola nih, disana sini bahasnya bola... syg bgt y tipi aku lg rusak...
    jd bete nih... gak bs ngikutin bola, apalagi PC aku jg lg gak bs konek.
    lengkap deh penderitaanku

    Pejantan Tanggung said...

    wah ternyata bule juga pakai jimat juga..

    lam kenal..

    Quinie said...

    huaaa ternyata ada juga ritual2 'keberuntungan' di dunia internasional.. hihihi.. kirain di indo ajah.
    btw, blog 80an ntu udah ga ada ya?

    indrakuzuma said...

    wow ternyata sama saja. Tapi yg kurang ajar yg kencing di lapangan

    Pandu said...

    Ternyata perdukunan berfungsi juga mas yach..di Luar Negeri.. dimana-mana ada

    ariefborneo said...

    Wah kalo di olah raga bola emang paling sering ane liat penjaga gawang yg melakukan ritual2 yg aneh..apa lg goeycecea bener bgt tu sob..dia selalu pi2sin gawang na..

    demoffy said...

    bola bola nd bola... ha ha ha...

    kakve_santi said...

    boa itu bundar...

    *siapa bilang kotak..
    mungkin memang benar kalo ada klenik2... :)

    imtikhan said...

    pagi sobat berkunjung nich
    sukses selalu ya
    terima kasih

    hudaesce said...

    ternyata orang luar bisa kayak gitu ya, kirain cuman orang indonesia za yang mempunyai kegemaran kayak gitu. btw, orang luar tu juga pake menyan gak ya???? :lol:

    joe said...

    mungkin menyannya beda bro...

    niQue said...

    "Pemain timnas Inggris dan kapten Chelses, John Terry punya kebiasaan untuk duduk di bis pada posisi yang sama menjelang dan seusai pertandingan dan selalu melilit kaus kakinya dengan bebat sebanyak tiga putaran. "

    typo : CHELSEA
    sorry, sy fans berat CFC jadi ya sedikit typo langsung keliatan xixixi ...
    thanks for sharing, saya jadi malu ngaku fans berat karena baru tau klo ada kebiasaan JT yang selalu dia lakukan, dan dikaitkan sebagai KLENIK :D

    joe said...

    wah, kalau saya man utd :-)

    Jiwaku said...

    wah.. itu bisa dibilang kurang sportif juga ya kalo pake ghaib2 gitu..

    Tips Blogging dan Bisnis Online said...

    Mistis di mana mana pasti ada. karena manusia kadang tidak mampu untuk hal tertentu misalnya kemenangan. siapa yang bisa memastikan bahwa timnya akan menang atau akan kalah. makanya manusia mencari jalan yang di luar nalar. kalau pemain sepak bola luar negeri yang notabene pemikirannya modern, maka berarti mereka percaya akan adanya Tuhan sang penentu

    oki said...

    ternyat di negara modern juga mengenal klenik ya

    agus said...

    kalau di kampungku biasanya bolanya dibawa ke dukun biar menang

    Indra Kusuma Sejati said...

    Ternyata ini bukan hanya berlaku di suatu kawasan saja, dan hal ini bisa jadi merupakan suatu kebiasaan yang tersugesti ya Sob.

    Salam

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger