Enaknya Belalang Goreng!

Posted on
  • Saturday, June 26, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Bulan Juni ini jika Anda kebetulan lewat di daerah Wonosari, Gunungkidul Anda akan menjumpai banyak orang menjajakan belalang di pinggir-pinggir jalan. Bukan untuk makanan burung, tapi untuk dimakan oleh manusia. Tinggal pilih rasanya, yang gurih, pedas atau manis. Atau jika ingin memasaknya sendiri di rumah, bisa membeli yang masih mentah. Harganya murah, Rp. 200 setiap ekornya.

    Pada musim-musim menjelang panen padi, belalang kayu banyak ditemukan, seringkali dalam jumlah besar. Tidak heran banyak penduduk Wonosari menjadikan berjualan belalang sebagai mata pencaharian musiman. Dalam sehari mereka dapat mengumpulkan hingga ratusan belalang dari kebun-kebun atau lading, sehingga uang puluhan ribu dapat mereka kantongi. Dan bukan hanya masyarakat sekitar Wonosari yang menjadikan belalang goreng sebagai lauk, beberapa pengendara mobil dari luar kota yang melintas juga banyak yang tertarik sebagai oleh-oleh.

    Belalang sebenarnya adalah hama yang sangat merugikan. Binatang ini sangat rakus makan mulai dari daun jati, pisang, padi, jagung hingga tebu. Belalang betina dewasa berukuran 58-71 mm sedangkan belalang jantan 49-63 mm. Satu belalang dewasa dalam sehari dapat menghabiskan daun hingga 30 mg. Sementara dalam jumlah besar, sekumpulan 50 ekor belalang dapat menghabiskan makanan setara dengan seekor sapi dewasa. Karena seekor belalang bisa bertelur hingga ratusan butir, tak heran sering terjadi gagal panen akibat serangan hama dalam skala besar. Belalang juga dapat terbang hingga 80 kilometer dan dapat meloncat hingga 3 meter.

    Karena jago meloncat dan terbang itulah, sehingga cukup sulit untuk menangkap seekor belalang dewasa dengan tangan kosong. Penduduk biasa menggunakan galah yang ujungnya diberi jarring kecil untuk menangkapnya. Sebelum memasaknya, belalang direndam dalam air panas sehingga mati. Kemudian jangan lupa untuk membuang kotoran, sayap dan kaki belakang. Pada kaki belakang ini terdapat duri-duri tajam, yang bisa tersangkut di tenggorokan kita.

    Selain rasanya yang renyah dan enak, ternyata belalang juga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Dalam setiap 100 gram ‘daging’ belalang, terkandung setidaknya 20,6 gram protein, 6,1 gram lemak, 35,2 gram kalsium dan 5 gram besi. Bahkan dalam porsi yang sama, belalang merupakan sumber protein yang lebih baik daripada daging ayam dan kambing. Lebih dari itu, belalang goreng juga rendah kolesterol dan lemak.

    Selain di Wonosari, daerah-daerah lain yang biasa mengkonsumsi belalang adalah Pacitan, Wonogiri, Klaten juga di Nusa Tenggara. Sementara di luar negeri juga dimakan sebagai snack, seperti di Thailand, Mexico, Uganda dan beberapa negara Afrika dan Timur Tengah. Sementara di Australia disajikan dalam bentuk pizza belalang. Jadi tunggu apa lagi, makan belalang yuk! (sumber: everything2.com; Wikipedia.com; gambar: commons.wikimedia.org).

    50 comments:

    Bunglon Blog Indonesia said...

    mampir mas, apa kabar?
    wah saya sring denger ne belalang goreng tapi belum pernah nyoba jadi penasaran
    Sukses Slalu!

    ariefborneo said...

    Pertamax...wah apa y rasanya tu belalang sob?

    ariefborneo said...

    Wah g jdi pertamax ni..hehehe

    TuSuda said...

    Saya belum pernah merasakannya. Apakah Rasanya kayak camilan kripik ya mas.

    elok langita said...

    kayaknya enak.. hehehe... :D

    mkashy buat kunjungan dan komentarnyaa :D

    Puskel said...

    Kreatif juga ya mas,mereka bisa mengolah "hama" menjadi makanan yang bernilai gizi tinggi. Makasi infonya..

    tomo said...

    wah belalang goreng tidak selera gan

    uswah said...

    berkunjung cari berita baru

    joe said...

    rasanya enak kok, gurih dan crispy...

    ndol pierro said...

    apa betul enak ya? saya lom pernah makan tuh

    masndol said...

    kunjungan siang

    joe said...

    ndol piero:
    pokoknya mak nyuss... he he...

    attayaya said...

    awal juni lalu aku ke gunung kidul
    ga tau ada hal beginian
    pengen nyoba

    Andy MSE said...

    uenak tenan... (mmm)

    aura keyboard said...

    Ditempat saya juga ada di Grajakan - Banyuwangi jualnya rentengan! Tapi sampai sekarang belum pernah coba!

    catatan kecilku said...

    Belalang goreng ? Gak brani nyobain ah...

    Irawan said...

    waduh.... saya belum pernah nyoba... jadi penasaran

    alice in wonderland said...

    belalang itu makanan waktu ospek klub pecinta alam...untung saya lolos. sekrispi apapun kalo inget waktu idupnya jadi hilang deh selera makan^^

    mixedfresh said...

    temenku yang dari gunung kidul memang hobi banget makan belalang, tapi aku takut makannya
    mending beli patolo aja kalo ke wonosari, hehehe

    Anggi Zahriyan said...

    Belum pernah nyoba nih.. Jadi pengen.

    TUKANG CoLoNG said...

    Belum pernah nyobain sih. tapi kelihatannya enak dan kaya nutrisi. apalagi kalo lagi musim ada hama belalang. bisa bantu pak tani nih membasminya. daripada dibunuh sia2 kan..? :)

    DikMa said...

    wah pasti enak dan Halal
    mau coba

    bluethunderheart said...

    kata kawanku memang enak naun blue belum coba tuh..ehhehe
    salam hangat dari blue

    achen said...

    Wah makasih neh infonya...
    Belum pernah nyoba neh...

    buwel said...

    Keknya gurih neh belalangnya...
    moga bisa merasakannya nanti...

    richoyul said...

    wah belom kebayang rasane heheh.... kriuk2 mesti

    Saung Web said...

    Wah jadi bener juga kalau belalang itu bisa di makan ya

    julianusginting said...

    belalang goreng...mmhh...mau nyoba...enak ga yak? :)

    Corat - Coret [Ria Nugroho] said...

    belalang goreng
    belum pernah coba tp kayaknya jg takut mau nyobe hehe :p

    windflowers said...

    gurih dan renyah gitu rasanya...? heheh...

    firdaus said...

    heehheheh... jadi ngiler melihatnya :D .... tapi keren coy, awalnya hama tapi akhirnya bisa jadi sumber pengahsilan tambahan yg cukup lumayan :)

    ARUS RASYID said...

    Enak ya? Belum nyoba tuh. Tapi di daerah saya, Cianjur, dulu juga ada kebiasaan makan belalang sawah yang warnanya hijau itu, kalau udah dimasak jadi merah, kaya udang. Katanya sih enak. Kali-kali pengen juga nyoba.

    Ferdinand said...

    Wah aku nggeh sering makan Belalang Goreng klo pulang ke Kampung ibuku Sob......herannya di jakarta koQ jarang yg jual ya Sob hhe.....

    Gudang Ilmu said...

    walah gan liatnya ajach udah ngeri apalagi makannya kagak nahan dahhh

    7 taman langit said...

    belalang ternyata bisa dimakan
    saya belum pernah mencicipinya

    MATA HATI said...

    geliiii..tp liat sajiannya kayaknya enak jg ya

    ndop said...

    walaupun halal tapi aku kok males mau memakannya, hahaha...

    sawali tuhusetya said...

    wah, jadi pingin balik ke kampung nih, mas. dulu saya suka banget makan pakai lauk belalang. -rasanya gurih dan mantab.

    imtikhan said...

    mantap sob....
    saya juga pernah nyoba
    terima kasih

    Anonymous said...

    wah, kemarin aq lihat liputan tentang belalang goreng di trans tv bro,... Jadi penasaran...

    Anonymous said...

    wah, kemarin aq lihat liputan tentang belalang goreng di trans tv bro,... Jadi penasaran...

    Anonymous said...

    wah, kemarin aq lihat liputan tentang belalang goreng di trans tv bro,... Jadi penasaran...

    agoenk70 said...

    wuah jadi beneran ada yah belalang goreng?? rasanya gimana yah? hihi.. penasaran.

    Fajar said...

    biasane nang pinggir ndalan ya boss..antara pathuk wonosari okeh sing adol....

    -Indah- said...

    *membayangkan gimana rasanya and menanyakan pada diri sendiri apa niat mencobanya apa ngga*

    Btw, salam kenal juga :D

    Bisnis UKM said...

    Gurih kali ya? tapi kalau lihat bentuk sepertinya kok geli

    gigi said...

    mantap gan rasanya,, makanan kecil saya..

    yb subranto said...

    kalo ada yang minat belalang goreng konfirmasi ane gan sms 081905634700

    Camera.co.id Toko Kamera Murah di Indonesia said...

    Daerah saya di mranggen demak juga banyak belalang gan.. apalagi kalau musim tembakau

    george pisan said...

    jadi teringat masa kecil saya neh, saya suka sekali makan belalang yang namanya belalang kelapa, belalang tersebut bentuknya kecil-kecil wah enak deh pokoknya gan

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger