Bikin Toko Online Yuk!

Posted on
  • Wednesday, June 30, 2010
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Bermula dari kelahiran anak pertamanya, akhirnya Fida (27) harus patuh kepada suaminya. Meninggalkan kerjanya sebagai teller di sebuah bank swasta, agar bisa full time mengurusi si buah hati yang telah mereka tunggu selama 5 tahun.

    Untuk mengisi waktu di sela-sela mengasuh anak itulah kemudian Fida membuat took online yang menjual tas import. Bermula dari iseng, dia mempromosikan took online-nya di jejaring sosial pada teman-teman kuliahnya, juga lewat BBM dan signature di SMS. Dari satu dua orang temannya yang memesan, kini telah ratusan transaksi terjadi di toko mayanya tersebut.

    Menurut Fida, toko online memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan toko komersial. Antara lain adalah untuk membuat toko online tidak memerlukan biaya banyak. Karena toko online tidak memerlukan tempat, bandingkan dengan toko ‘beneran’ di mana kita harus menyewa bahkan membeli lahan, dan semakin strategis maka akan semakin selangit harganya. Belum lagi biaya untuk membuat toko yang megah dan menarik sehingga pengunjung mau dating, untuk sekedar melihat-lihat sebelum kemudian memutuskan untuk membeli barang kita.

    Toko online dapat dioperasikan dari mana saja. Mulai dari ruang tamu hingga kamar tidur, bahkan dari bilik warnet sekalipun. Selain itu, toko online juga tidak memerlukan karyawan untuk menjaganya. Kita bisa menangani sendiri, mulai dari transaksi hingga pengiriman barang.

    Selain itu, toko online memiliki jangkauan yang tidak terbatas. Karena memang toko online ‘terletak’ di dunia maya, sehingga bisa diakses oleh pengunjung dari seluruh penjuru dunia. Berbeda dengan toko konvensional yang terbatas jangkuannya.

    Sementara itu, toko online juga tidak memerlukan banyak stok barang, karena cukup dengan gambar sample barang yang kita upload ke dunia maya. Hal ini tentu mengurangi resiko barang rusak karena terlalu lama tersimpan di gudang.

    Dan yang paling penting adalah, toko online bisa dikunjungi kapan saja, 24 jam setiap hari. Sangat berbeda dengan toko biasa yang terkadang tutup menjelang malam, atau terpaksa tidak buka ketika ditinggal kondangan (gambar: ictfiles.com)

    46 comments:

    Fajar said...

    belajarin dunk caranya...pengin juga nih buka toko online...

    joe said...

    aku juga masih belajar gan, he he...

    Masdin said...

    Sebenarnya udah lama saya berencana mau buka tokok online juga, tetapi konsepnya belum ada, belum tahu apa yang mau dijual :D

    Andy MSE said...

    share caranya dong om!
    saya sedang ngedraft cara bikin toko online menggunakan wordpress, bila ada cara untuk bikin menggunakan blogspot, bisa saya tautkan ke sini...
    tks

    joe said...

    wah, saya juga masih newbie gan, gak pede kalau ngajari....

    firdaus said...

    sebenarnya pali enak ngeblog sambil jualan.... bisnis jalan hobi juga jalan ^^

    Ferdinand said...

    Wah Toko Online ya Sob.....disatu sisi lebih praktis karena ga perlu punya lahan dan nyewa tempat.....tapi disisi lain Ribet juga Sob..soalnya kapanpun kita mesti siap....mau kita lagi liburan di Kalimantan pun klo Customornya minta dianter ke daerah jakarta mesti disanggupin........

    Dulu aku sempet pengen bangun Bisnis Online tapi ga jadi dan mendingan kerja yg normal2 aja hhe.....

    Thnx 4 share Sob....

    achen said...

    Yang Masih bingung tentang Transaksinya yang nggak ada barangnya, karena cuma maya,,.. duh...

    buwel said...

    Yups neh perlu burtuh kreativitas yang dahsyat tuk mengembangkan bisnis ini.. :-)

    mbah koeng said...

    gawe nasi kucing online ah...

    ariefborneo said...

    met siang bang.....wah blm ngarti ni tuk buka toko online....jd pengen blajar ni bang....

    julianusginting said...

    masih bingung gimana mengawalinya sob

    masndol said...

    ngga tau apa yg mo di jual.

    ok said...

    saya juga mau membuat toko online cuma sulit sekali untuk memulainya ada saja hambatan yg terjadi mulai dari akses internet yg tiba2 down, jadwal padat yg bikin susah edit foto2nya, dsb

    kutukupret said...

    toko online emang banyak manfaatnya sob, cuma di awal kita harus konsisten dan fokus menggarapnya :D

    gaelby said...

    Waah, Sharingnya mantab neh, ide toko onlienya briliant and inspiratif.
    Kunjungan balik bro. blognya dah aq follow. Salam sobat :)

    Vulkanis said...

    Menarik sepertinya bisa buka toko online tuh,.

    richo said...

    aku pernah dulu bikin di web mana lupa,cuma bukan jualan barang sendiri. udah di sediain barangnya.
    klo toko sendiri masih bingung cara kirim dsbnya :)

    Irawan said...

    dah lama ga bikin toko online, dulu pernah bikin proyek toko online buat temen pake joomla + virtuemart, kalau wordpress / blogspot saya belum coba

    mundo said...

    aku sudah buat TOKO ONline ,Alhamdulillah sekarang punya 2 merchant activ, tapi jual barang2 Game Ragnarok , semacam headgear dan lain2,do'ain dunk biar success thx you xD

    tomo said...

    aku dulu pernah punya toko online gan tahu 2004.
    tapi ya gitu banyak orang iseng gan

    uswah said...

    berkunjung malam

    Sugeng said...

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan
    Toko Online ya ??? dari dulu aku sudah kepinggin mempunyai toko online tapi yang jadi kendala adalah barang yang akan dijual. Karena kalau barang yang dijual bisa diperoleh disekitar rumah kita, ya percuma karena pasti hasilnya nihil. Kecuali kalau barang yang akan dijual bisa spesifik dan lain dari pada yang lain itu baru mak yosssss......

    secangkir teh dan sekerat roti said...

    saya gak tau apa yang mau dijual :)

    mixedfresh said...

    aku pengen juga bikin toko online, tapi bingung apa yang mesti di jual ya.. share juga donk sob kalo udah sukses biar tambah menginspirasi

    TuSuda said...

    Apakah ada syarat khusus dalam biaya atau sarananya ya MAs..Makasi...

    Puskel said...

    Menarik juga idenya Mas, perlu persiapan yang maksimal agar sukses.

    sawali tuhusetya said...

    pada era virtual seperti sekarang, teknologi bisa memudahkan kita dalam melakukan aktivitas, mas, demikian juga toko online. ndak perlu harus membaung banyak waktu dan tenaga.

    Itik Bali said...

    Hmmm...mau donk caranya..
    keren banget bang

    bang bisa minta tolong komen di postinganku yang ini ya?
    thanks sebelumnya

    http://www.itikholic.com/2010/06/speedy-dengan-konten-barunya.html

    attayaya said...

    dengan perubahan perilaku berbelanja masyarakat, maka toko online bisa menjadi hal yang sangat bagus perkembangannya

    TUKANG CoLoNG said...

    saya pelajari ilmunya dulu deh. kalo sudah PD untuk praktek, saya akan jalankan..:)

    catatan kecilku said...

    Jika sudah niat berbisnis online harus total.. agar tak mengecewakan para pelanggan.

    the others said...

    Ayo pelajari ilmunya.. dan bagikan pada kami semua.. ^_^

    itempoeti said...

    mantabssss...

    tfd said...

    ngiler juga ama fida...emang solusi bagi ibu yang tadinya kerja adalah mindahin kerjanya dari nyata ke dunia ip adress...

    ToPu said...

    Butuh waktu untuk merealisasikan hasil yang tertera seperti di atas...., Perjuangan tak semudah seperti kita menuliskan kisah orang lain sob....

    Hehehehehehe...........

    ieyaz said...

    jadi pingin bikin toko online ney..
    tp g tau buatnya gimana, g tau apa yg mau dijual juga.. hehehee..

    Ferdinand said...

    datang dengan semangat baru Sob...maaf baru bisa berkunjung.....Semangat N sukses slalu...Happy blogging!!!

    Sang Cerpenis bercerita said...

    wah, tks tipsnya. btw, maaf baru mampir

    Saung Web said...

    Wah ajakan yang bagus sobat.. sukses ya

    Bunglon Blog Indonesia said...

    toko online memang memberikan banyak kemudahan dan terobosan menarik, namun begitu dalam prosesny perlu sebuah keuletan untuk mewujudkannya
    Sukses Slalu!

    Call me Batz said...

    wah menarik juga.. ide yang bagus..
    salam kenal.. blogwalking nih..

    Catatan SederhaNa said...

    kunjungan balik..
    wah harus belajar banyak nih...

    salam persahabatan ,-

    hasi aulia said...

    wah,,,saya rasa di indonesia masih kurang membangun toko online,,..:(

    Narmadi said...

    Emang kalau sekarang toko online yang jualan produk sendiri atau yang jualan produknya orang makin uhuiii di Indonesia...semangat..semangat

    Nahla fashion said...

    Ass, mohon maaf numpang promo yaa
    Koleksi baju muslim dengan diskon menarik
    http://nahlafashionshop.blogspot.com/
    Terimakasih

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger