Mengapa Biji yang Tertelan Tidak Dapat Tumbuh di Perut?

Posted on
  • Saturday, November 4, 2017
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Mungkin pernah sekali waktu di masa kecil, saat sedang memakan buah, tak sengaja bijinya tertelan. Kemudian seorang teman menakut-nakuti bahwa biji itu nanti akan tumbuh dan membesar di dalam perut.

    Tapi nyatanya biji itu tidak pernah tumbuh di dalam perut kita. Berbeda ketika biji itu jatuh di atas tanah. Ini terjadi karena memang tanah merupakan tempat tanaman tumbuh dan menyediakan segala nutrisi dan unsur hara yang dibutuhkan biji untuk tumbuh dan berkembang.

    Keadaan tesebut sunggu berbeda saat biji tersebut tidak sengaja tertelan dan masuk ke dalam lambung. Sebab di dalam lambung, terdapat asam klorida atau asam lambung. Senyawa itu berfungsi untuk melindungi tubuh dari bahan-bahan yang berbahaya. Asam lambung tersebut langsung dapat merusak dan menghancurkan bahan-bahan berbahaya yang masuk ke dalam perut termasuk biji yang malang itu.

    Asam lambung juga dapat berfungsi sebagai antiseptik dan membunuh bakteri. Jika tubuh kita kemasukan bakteri yang tidak tahan terhadap asam, maka bakteri tersebut akan mati. Zat asam dapat menghancurkan biji-biji buah yang tidak sengaja tertelan bersama makanan. Selain itu, suasana asam yang tinggi di dalam perut membuat biji-biji buah tidak dapat tumbuh. Dan nantinya biji-biji itu akan hancur dan terbuang bersama sisa makanan kita.

    4 comments:

    Muhammad Affip said...

    saya adalah orang yang tidak takut makan biji buah. makan duku, makan manggis sudah pasti sekalian bijinya. lagipula akan berapa lama biji itu bertahan di perut toh? hehe

    Adi Stia Utama S said...

    ahahaha dulu sering dibilangin jangan telan bijinya, nanti tumbuh.. dan percaya aja
    bukan cuma biji semangka
    Semua biji buah yang bisa di telan
    pasti bilangnya jangan di telan nanti tumbuh

    Anonymous said...

    Yup, benar. Dulu pun waktu kecil sering juga ditakut-takutin seperti itu. Tampaknya cara itu untuk membuat anak-anak lebih berhati-hati saat makan. Dan kenyataannya memang bahwa asam lambung itu membuat biji tidak dapat tumbuh. Thanks!

    Lirik Lagu said...

    hahahaha kaya di kartun ya kalo bisa tumbuh

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger