Inilah Barang Pribadi yang Tidak Boleh Digunakan Orang Lain

Posted on
  • Tuesday, July 1, 2014
  • by
  • Beranda Kata
  • in
  • Labels:

  • Terkadang pada anak kost atau room mate berlaku suatu kebiasaan yang sudah lazim, yaitu sering menggunakan barang pribadi bersama-sama. Padahal sesungguhnya kebiasaan itu bukanlah sesuatu yang baik, terutama adalah karena kita tidak mengetahui riwayat kesehatan teman tersebut. Padahal barang-barang pribadi tersebut berpotensi untuk menjadi media transfer bagi berbagai macam penyakit. Berikut adalah beberapa barang pribadi yang tidak boleh digunakan bersama-sama:

    Sabun. Sabun mandi, khususnya yang berbentuk batangan tidak boleh digunakan bergantian dengan orang lain. Sebuah penelitian di tahun 2008 menuliskan bahwa sebuah kesebelasan tim sepak bola pernah mengalami infeksi akibat penggunaan sabun batangan bersama-sama. Juga sebuah penelitian yang dilakukan University of Florida menemukan adanya infeksi yang  berulang dari satu tipe bakteri Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA) yang ditemukan pada kulit dan hidung sehingga kebal terhadap antibiotik.

    Deodoran. Yang paling umum adalah kebiasaan meminjam deodoran orang lain. Kandungan antiperspirant pada deodoran memang dapat mengurangi keringat berlebih, dan mencegah bau badan. Namun karena digunakan di area kulit sensitif yaitu ketiak, jika digunakan bersamaan dengan orang lain dapat menularkan berbagai infeksi.

    Pisau Cukur. Terkadang sewaktu seseorang bercukur akan menyebabkan sejumlah luka mikro yang menyebabkan terjadinya pengeluaran darah. Darah itulah yang berpotensi untuk menularkan berbagai macam penyakit bila digunakan orang lain mulai penularan hepatitis B, C, dan bahkan HIV-AIDS! Selain itu pisau cukur juga menyebabkan transmisi jamur korporis atau lebih umum dikenal sebagai infeksi kurap dan bakteri.

    Handuk. Selanjutnya adalah handuk,  yang jika digunakan bergantian dapat menyebarkan berbagai macam penyakit kulit, mulai panu, kurap dan yang lainnya, terutama handuk basah. 

    Sikat Gigi. Hampir sama dengan pada penggunaan pisau cukur, sikat gigi dapat menularkan penyakit karena sewaktu menyikat gigi terkadang menimbulkan luka pada gusi yang bisa mengeluarkan darah. Sehingga menggunakan sikat gigi bergantian dapat meningkatkan bakteri dalam aliran darah. (ref: Womenhealth/ill: eofdreams)

    28 comments:

    Heri Assidiqi said...

    Yang paling rentan itu Pisau Cukur dan Sisir, apa lagi pas di tempat potong rambut, kedua alat itu sering dipake berjamaah tanpa dobersihkan terlebih dahulu :)

    Nunu said...

    Hihi kadang aku gantian sikat giii sama suami. He

    paridah said...

    salam ramadan joe ismail selamat berpuasa...artikel yg bermenafaat.

    bandit wer said...

    oh gitu baru tau saya

    Dian A K said...

    Wah.. untung saya nggak pernah pakai sisir yg di masjid. hehehe,, bekas rambut banyak orang. xixixi

    Arie Gond3s said...

    Benarni yang dikatakan Mas Heri, alat alat tersebut memang sering kita pakai secara jamak dan tanpa pikir panjang lagi, lalu apakah kita harus membawa peralatan sendiri jika ingin bercukur ?

    Indra Kusuma Sejati said...

    Kalau masalah yang untuk pribadi, lebih baik jangan di gunakan ramai-ramai deh. Kalau pun terpaksa di pinjam lebih baik kasih saja, dan kita ganti dengan yang baru, dari pada ada yang tidak beres ya mas ? ha,, ha,, ha,,

    Salam

    Yandhi Ramadhana said...

    dulu ada temen yang minjem pisau cukur, karena ga tega jadi ane pinjemin pisau cukur punya ane tapi pas di balikin langsung ane buang :D

    Richoku said...

    Untung semua di atas saya pergunakan sendiri. sabun pakai yang bodywash. tapi namanya anak kos, pernah digunakan anak-anak, kayak handuk, hhehe. dan pernah sikat gigi, tapi untung saya sadar, jadi saya beli baru (tanpa sepengetahuan dia, takut kesinggung). dan pernah diingatkan juga sama dosen saya, mengenai pisau cukur. jadi ngeri.

    ali imron said...

    sayangng nya aku masih pakai peralatan di atas sama sama dengan keluarga

    yanto cungkup said...

    kalau saya sih sekeluarga pakai 1 sabun dan deodoran mas

    Mas Nady said...

    wah bener ttuh mas. saya sebagai cowok yang kebetulan sedikit berkumis ya selalu siap benda tersebut mas hehehehehe

    Arif K Wijayanto said...

    Sisir yang nggak disadari. Kan biasa cukur rambut di tukang cukur kaki lima. Itu bebas aja tukang cukurnya nyisirin rambut kita

    Muhammad Affip said...

    wah, aku sering pakai bersama istri tuh

    DP BBM said...

    saya yg sering sabun dan pisau cukur hihihi

    LiatAja said...

    wkwkwkw.. sabun ane buat sekeluarga, kagak ada ang pisah.. yang lainnya Alhamdulillah aman

    Beby Rischka said...

    Yeiiik.. Kek mana itu berbagi ketek? Buseeeet dah.. -_-

    Dede Thea said...

    wah bahaya dong,gimana tuh biasanya ditempat pangkas rambut satu alat cukur dipakai rame-rame hehe

    dina said...

    dari Item yang disebutkan diatas, yang saya perhatikan rentannya di pisau cukur dan sabun, masih sering lihat dipake bareng. nice info

    sopyan nurcahyana said...

    sepertinya betul semua dengan saya :d saya paling nggak mau meminjam kan semua barang pribadi saya karena hubungan nya dengan kesehatan tentunya :d

    Keke Naima said...

    gak bisa ngebayangin, sikat gigi dipake bersama. Hiii :D

    Ikut GA saya, yuk! :)

    http://www.kekenaima.com/2014/06/4th-giveaway-honestly-tunjukkan-lumia-mu.html

    queenara putri said...

    kalo di kost ada temennya biasanya sabunnya dipake rame2 mas..hihi

    fb said...

    celana dalem juga sob..

    Abdur rahman said...

    Yang paling sering di gunakan rama-ramai sih sabun.

    yamaha semarang said...

    handuk tuh yang paling bahaya .. hehehe

    JIM said...

    wah, Alhamdulillah deh, kayaknya belum pernah menggunakan peralatan2 tersebut untuk bersama

    Ainnul Yaqin said...

    adawww ternyata sikat gigi juga bisa jadi tempat berpindahnya penyakit yahh hmmm .. harus beli sikat sendiri ini mah biar aman :v

    Rizky Rera Guna Alam said...

    Kadang suka heran sama orang yang tukar pakai barang pribadi dengan orang lain. Gak takut ketularan penyakit kulit apa ya?

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger