Tips Membuat Rumah Ramah Lingkungan

Posted on
  • Monday, December 2, 2013
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Pembangunan yang masif tak ayal lagi membawa dampak yang buruk bagi lingkungan, salah satunya adalah global warming yang bukan sekedar isapan jempol semata. Salah satu cara untuk mengurangi dampak buruk tersebut adalah dengan membuat rumah yang ramah lingkungan. Berikut adalah tips untuk membuat rumah yang ramah lingkungan:

    Memaksimalkan pencahayaan alami. Cahaya matahari dalam hal ini dimanfaatkan secara
    optimal sebagai sumber pencahayaan alami. Caranya adalah dengan membuat bangunan yang menghadap utara selatan untuk menghindari panas dan sinar matahari secara langsung. Selain itu dapat diakali dengan cara membuat ukuran lebar ruangan 2 kali ukuran tinggi bukaan, agar cahaya matahari dapat masuk dan menerangi ruangan secara maksimal.

    Menggunakan material lapisan tembus air. Banjir dan tanah longsor dapat dihindari dengan menyediakan daerah resapan air. Hal ini dapat dicapai dengan mengoptimalkan penggunaan lapisan/permukaan tembus air seperti rumput dan grass block pada halaman, carport serta jalan, agar air dapat mengalir dan meresap secara alami ke dalam tanah.

    Menyediakan ventilasi alami. Prinsip penggunaan ventilasi alami adalah menciptakan sirkulasi udara dengan cara memasukkan udara dingin ke dalam ruangan dan mengalirkan udara panas keluar melalui bukaan yang telah diposisikan secara strategis. 

    Menghemat energi. Dalam hal ini bisa dengan mudah dilakukan, misalnya mematikan lampu yang tak terpakai atau dengan menghindari menggosok gigi dengan membiarkan kran air yang terus terbuka.
    Menggunakan warna cerah. Warna cat dinding yang cerah dapat memantulkan cahaya matahari lebih baik sehingga pemakaian lampu pada siang hari bisa dikurangi.

    Membuat penampungan air hujan. Air hujan dapat ditampung untuk selanjutnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari seperti menyiram taman, berkebun atau mencuci mobil. Dengan demikian selain menghemat tagihan air PDAM kita juga menyelamatkan cadangan air tanah.

    Manajemen limbah. Sistem manajemen limbah yang baik sangat penting untuk menghindari pencemaran persediaan air bersih di rumah. Manajemen limbah yang baik dapat dicapai dengan mengikuti pola peletakan septic tank yang tepat. (Ref: Tabloid Rumah/ill: mewarnai.web.id)

    9 comments:

    agus said...

    nice share gan

    mbah koeng said...

    piye kabare sajake wis arep gawe omah jo

    BlogS Of Hariyanto said...

    dengan memaksimalkan pencahayaan matahari, berarti bisa lebih hemat listrik..luarbiasa :-)

    Hariyanti Sukma said...

    rumah dgn spt ini yang saya suka... lapang ... terang .... sejuk ...dan hemat energi... berarti hemat biaya listrik dan air.

    zan said...

    menarik..info yg sangat berguna sob

    Dhana said...

    Salam sahabat
    Wah perlu disave kayaknya,makasih dan maaf telat

    joe said...

    silahkan sis :-)

    Obat Kulit Kurap said...

    Artikel yang bagus sekali min, bagus banget jadikan motivasi.

    Salam saya

    TUKANG CoLoNG said...

    kebetulan banget sy sekarang kerja di badan lingkungan hidup hehe

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger