Penyakit yang Disebabkan oleh Gagdet

Posted on
  • Wednesday, December 11, 2013
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Pasti setiap hari kita tidak bisa lepas dari gagdet, baik itu ponsel, laptop atau yang lainnya. Berhati-hatilah karena gagdet kesayangan kita itu bisa menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Berikut di antaranya.

    Computer Vision Syndrome. Itu adalah gangguan pada mata yang diakibatkan karena kita terlalu lama berada di depan layar komputer atau ponsel. Sebab mata  manusia mempunyai batas untuk menatap satu titik untuk kurun waktu berjam-jam. Dan gejalanya adalah kelelahan mata, iritasi, mata merah, penglihatan kabur serta nyeri punggung dan leher.

    Insomnia. Biasanya selepas sehari kita bekerja, kita tidak langsung tidur. Kita biasa refreshing dengan memainkan game yang ada di gadget kita. Tetapi sebuah penelitian menyebutkan, game-game seperti game menembak cenderung bisa menekan melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur dan bangun, sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya, sehingga menyebabkan insomnia.

    Obesitas. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa semakin banyak kita menonton TV, maka akan semakin berat badan kita. Dan ternyata tak hanya terbatas oleh televisi, tapi juga seluruh perangkat yang berkaitan dengan komputer. Maka sebaiknya saat liburan, kita tidak pergi keluar rumah, daripada duduk manis di depan layar komputer sembari menghabiskan banyak sekali makanan.

    Merusak pendengaran. Kita sering memasang alat pendengar yang terhubung dengan gadget, kemudian untuk mendengarkan musik keras. Padahal, mendengarkan musik melalui headphone dapat meningkatkan resiko gangguan pada pendengaran.

    Resiko kematian. Kita sering mendengar mengenai himbauan atau larangan mengemudi sembari menelepon. Seorang ahli dari Utah University, mengatakan pada saat kita menelepon, pikiran tidak tertuju ke jalan raya. Apalagi jika ternyata obrolan itu terasa begitu mengasikkan sehingga terkadang kita lupa tangan kita sudah terlepas dari kemudi dan bisa membahayakan keselamatan kita atau orang lain.

    Asma. Ada beberapa model printer laser di kantor atau di rumah yang bisa menjadi penyebab penyakit asma. Sebab partikel halus yang dilepaskannya diam-diam bisa mmenyusup ke paru-paru. Tidak semuanya memang, karena dari 62 printer yang diuji, hanya 17 yang berpotensi, namun tetap saja kita harus waspada dengan segala kemungkinan tersebut. (ref: webmd.com/ill: jualgadgetonline.com)

    10 comments:

    mbah koeng said...

    wah, templatenya baru joe

    joe said...

    biar variasi, gmn kabarnya semampir?

    r10 said...

    jaman makin modern, manusia makin ga bisa lepas dari gadget

    puteriamirillis said...

    catet penyakit2 itu...

    Dwi Alfina said...

    waah bahaya juga yaa gadget -_-

    agus said...

    sing koment nduwurku ayu

    Yulita Widya.N said...

    waduh.. benar juga ya.. bikin ketagihan juga ya mas,hehehe

    achmad sholeh said...

    harus hati2 nih pakai gadget

    Prisma Try Laksana said...

    Jadi takut :3

    oyo sukarya said...

    jadi sekali-kali istirahat dikit, laanjutkan lagi duduk manis di depan komputer, thx infonya bermanfaat

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger