Fakta-Fakta Seputar Winamp

Posted on
  • Friday, November 22, 2013
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:

  • Di era music digital ini siapa yang tak mengenal pemutar musik Winamp? Barangkali hampir semua komputer dilengkapi dengan aplikasi ini meskipun secara default pemutar musik lainnya sudah tersedia. Namun sebuah kabar mengejutkan datang, karena sebentar lagi Winamp akan segera dimatikan. Untuk mengenang pemutar musik legendaris itu, berikut adalah fakta-fakta tentang Winamp.

    Rilis tahun 1997. Winamp pertama kali dirilis pada tahun 1997 oleh duo mahasiswa University of Utah yaitu Justin Frankel dan Dmitry Boldyrev. Versi pertama adalah 0.20 dengan tampilan yang sangat sederhana.
    Dan ketika rilis Winamp 2 diluncurkan, pemutar musik itu mulai mencuri perhatian para pengguna.

    Mulai menuai popularitas. Seiring dengan makin populernya Winamp, para pendiri kemudian membentuk Nullsoft untuk mewadahinya. Saat itu juga mulai diluncurkan versi berbayar pada tahun 1998 dan mencapai download sebanyak 3 juta. Seiring dengan ketenarannya itu pada tahun 1999 Nullsoft kemudian dibeli oleh perusahaan raksasa AOL dengan harga USD 80 juta. 

    Skin. Hal yang menarik dari Winamp adalah pengguna bisa sesuka hati mengganti tampilan atau skin sesuai selera. Pengguna yang cukup kreatif bisa mendesain sendiri skin atau thema untuk kemudian diunggah ke winamp.com, dan pada tahun 2000 tercatat ada sebanyak 3.000 skin dengan berbagai macam tema, mulai musik, olahraga, alam hingga super hero.

    Popularitas menurun. Setelah muncul berbagai pemutar musik lain sebagai saingan, lambat laun Winamp mengalami penurunan. Mungkin salah satu penyebabnya adalah minimnya inovasi baru sehingga para pengguna mulai bosan. Sempat juga diluncurkan Winamp untuk Android namun ternyata tidak mendapatkan sambutan yang menggembirakan. 

    Detik-detik terakhir Winamp. Setelah mengudara selama 15 tahun, sebuah kabar mengejutkan menyeruak, AOL berencana mematikan pemutar musik ini. Terhitung mulai tanggal 20 Desember tahun ini dipastikan Winamp tidak akan dapat di-download lagi di situs resminya.

    5 comments:

    wawan said...

    sayang sekali kalau winamp mau dibunuh, winamp adalah teman setiaku

    Anonymous said...

    yang penting masih bisa muter 3gp

    anton said...

    apa khabar sobat, lama gak online ya????

    joe said...

    kabar baik, sekarang dah mulai ngeblog lagi

    tomo said...

    winamp sudah bubar saya baca beritanya beberapa hari yg lalu

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger