Hadiah Itu Bernama Patung Liberty

Posted on
  • Thursday, March 24, 2011
  • by
  • joe
  • in
  • Labels:
  • Patung Liberty yang merupakan monumen kebanggaan masyarakat kota New York dan Amerika Serikat berdiri dengan megahnya sejak tahun 1886. Tapi uniknya, patung yang bernama resmi “Liberty Enlightening the World,” itu merupakan hadiah bagi masyarakat negeri Paman Sam tersebut dari Perancis dalam rangka memperingati persahabatan kedua negara tersebut selama Revolusi Amerika.

    Patung Liberty di desain di Perancis oleh Frederic Auguste Bartholdi dan didanai oleh sumbangan masyarakat Perancis. Sementara itu Gustave Eiffel yang mengerjakan kerangka besinya, dan Eiffel adalah yang membuat menara Eiffel di Perancis.

    Pada 4 Juli 1884 patung setinggi 151 kaki dan berbobot 225-ton itu dikirimkan ke Kedutaan Amerika di Paris. Untuk memudahkan pengiriman, patung dipisah-pisah ke dalam 300 potongan dan ditumpangkan menggunakan kapal.

    Patung Liberty menggambarkan seorang wanita yaitu Libertas, yang merupakan nama seorang dewi dalam mitologi Romawi. Liberty mengenakan gaun panjang dan tujuh titik di mahkota di kepalanya melambangkan tujuh samudra dan benua.

    Patung ini menyimbolkan kemerdekaan yang digambarkan dengan rantai putus di bagian kaki Liberty. Patung juga memegang obor lambang kebebasan di atas kepalanya. Tangan kanannya memegang catatan berukir tanggal kemerdekaan AS, 4 Juli 1776 dalam angka Romawi.

    Sayangnya karena kekurangan dana hingga membuat pemerintah Amerika Serikat harus menunda untuk membuat pondasi patung tersebut. Untungnya adalah saat itu ada Joseph Pulitzer yang menggunakan surat kabar The World untuk menggalang donasi bagi pembangunan Patung Liberty.

    Akhirnya pada 28 Oktober 1886, Patung Liberty diresmikan oleh Presiden AS saat itu Grover Cleveland. Patung Liberty diresmikan dengan sebuah seremoni yang meriah dihadiri oleh ribuan masyarakat Amerika, dan terlambat 10 tahun dari rencana semula, yang direncanakan diresmikan pada 100 tahun kemerdekaan Amerika.

    Tahun 1984 PBB menyatakan bahwa Patung Liberty sebagai situs warisan dunia dan melakukan usaha restorasi. Setelah itu, pada tahun 1986 patung yang telah diperbaiki tersebut kembali dibuka untuk umum. Patung Liberty kebmali ditutup untuk umum setelah trageri bom 11 September 2001, dan dibuka kembali pada 3 Agustus 2004. (berbagai sumber/ill: onlineusanews.com)

    26 comments:

    Djangan Pakies said...

    abad 18 ternnyata Amerika sudah punya pemikiran membuat monumen yang beratnya 225 ton. Hebat
    tapi kenapa di masanya kok malah didanai masyarakat perancis ya Kang?

    joe said...

    karena memang dihadiahkan oleh masyarakat perancis untuk amerika, makanya masyarakat perancis juga ikut menyumbang

    Quantum Artikel said...

    baru tau kalau liberty yang gagah itu adaah hadiah dari perancis.


    salam.

    Anonymous said...

    "Liberty is the air America breathes . . . In the future days, which we seek to make secure, we look forward to a world founded upon four essential freedoms . . . freedom of speech and expression . . . freedom of worship . . . freedom from want . . . freedom from fear."
    (Franklin D. Roosevelt)

    Nurul Imam said...

    Oh.. jadi itu menandakan kemerdekaan Amerika yah
    saya baru tau nih ...

    TUKANG CoLoNG said...

    saya berharap GWK bisa dilanjutin, biar ngalahin liberty. :)

    Rawins said...

    prancis dah tau amerika bakal jadi negara besar, makanya mulai menjilat. heheh

    i-one said...

    wah,informatif banget,selalu ada yang baru,klu ada waktu kunjungi blog ane ya

    Gaphe said...

    kalau nggak salah, warnanya yang hijau itukaren proses oksidasi alami dari perunggu/logam yang dipake yak. sama kayak kalo kita nyimpen uang lamaa, bisa jadi ijo kayak gitu.

    terlepas dari kontroversi yang menyertai, patung Liberty ini emang jadi icon wajib buat dikunjungi sebagai tanda pernah sampai ke negara bagian tersebut.
    #tetep banci foto

    NIT NOT said...

    apakah ini yg menyebabkan prancis selalu berkoalisi dengan amrik...
    berkat posting ini jadi tahu kalo patung liberty adalah hadiah prancis....:)) thnx mas...

    ReBorn said...

    wah, setelah tragedi bom, liberty ditutup selama tiga tahun? ck ck ck , lama aja...

    Susindra said...

    Tetap tidak bisa membayangkan bagaimana pada masa itu para architeck bisa membuat bangunan super megah.

    zee said...

    Biarpun katanya negara adikuasa, ternyata yang memberikan ketenaran atas patung Liberty itu si Prancis.

    riez said...

    ow ternyata cuma hadiah toh...perancangnya pun dari prancis...kirain yg rancang org Amrik

    sedjatee said...

    inilah makna sebuah tradisi
    saling berbagi hadiah
    hehehe... thanks pencerahannya

    sedj

    salindri ws said...

    mantaf artikelnya, desainnya juga oke

    Masbro said...

    Monumen yang hebat,,

    Tapi saya baru tahu tentang rantai yg putus di bagian kaki liberty,,

    ysalma said...

    baru tau juga kalo patung liberty itu pemberian Prancis,, selalu ada sejarah dibalik sejarah yaa,,
    setiap kesini selalu nambah ilmu ..

    Sang Cerpenis bercerita said...

    Emang hebat tuh amrik..kapan2 mau foto sama patung itu akh. halaah..ngayal.

    Popi said...

    ngomong2 tuh' patung tangan yg lg pegang obor pas sikunya pake koyo ya? hm..mungkin pegal2 megang obor terus?? hehe...

    Muhammad A Vip said...

    sampai sekarang saya gak bisa membayangkan bagaimana pada jaman dulu membuat patung sebesar itu dengan desain yang cantik. jangan2 kalo adanya di indonesia ada cerita takhayulnya.

    Blog Tutorial Blogger said...

    jadi itu hadiah dar seketunya ya, baru tahu mas
    makasih infonya

    Noor's blog (inside of me ) said...

    Wah, ternyata sejak dulu Amerika dan Perancis sahabat dekat ya?

    Aina said...

    wah... baru tau kalo patungnya diambil dari nama seorang Dewi...
    :)

    Sugeng said...

    Berarti amerika masih di bawah ketiak prancis :D
    Maklum prancis kan negara penjajah dari zaman dulu, dan amerika juga bekas koloni prancis (menurut film2 yang saya tontong)

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Lozz Akbar said...

    tapi saya lebih bangga ama Borobudur nih brade Joe...

    Post a Comment

    Pembaca dapat memberikan komentar yang terkait dengan artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan penulis blog dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Komentar yang berisi promosi atau tautan yang mengarah ke situs pornografi, perjudian atau pelanggaran lain akan dihapus.

     
    Copyright (c) 2010 Blogger templates by Bloggermint
    Powered by : Blogger